menyakiti hati istri
menyakiti hati istri

5 Penyebab Terhambatnya Rezeki, karena Menyakiti Hati Istri

Posted on

Menyakiti Hati Istri – Kehidupan yang damai, rukun, harmonis, dan bahagia adalah idaman sepasang suami dan istri. Namun ketika kita menjalani rumah tangga, ada saja hal yang membuat suami dan istri tidak akur dan damai. Kecil atau besarnya persoalan suami dan istri di dalam rumah tangga itu tergantung kita sendiri. Dan carilah jalan keluar yang baik untuk masalah yang ada dalam keluarga. Maksud dari menyelesaikan persoalan yaitu jika kita sedang berselisih hendaknya jangan sampai dibawa keluar, agar perselisihan atau permasalahan tidak semakin besar karena campur tangan orang lain.

Tahukah kalian, bahwa membuat istri menangis atau menyakiti hati istri itu sama halnya mendzolimi istri. Dan Allah membenci perbuatan tersebut. Masalah apapun yang ada di dalam rumah tangga jangan sampai menyakiti hati istri apalagi sampai menangis. Didalam permasalahan rumah tangga pastinya mempunyai permasalahan sendiri-sendiri.  Dari permasalahan yang kecil atau permasalahan yang besar.

Suami yang keras kepala akan enteng memukul istrinya hingga dia menangis karena suatu permasalahan. Ada juga suami yang memarahi istrinya dan menuduh yang tidak-tidak, lalu memukul istrinya karena permasalahan yang sepele. Nyatanya suami yang selingkuh, namun suami mengelak dan tidak mangakui perbuatannya, justru malah memukul istrinya. Dan bahkan lebih parahnya suami malah berkata dengan ucapan yang tidak pantas untuk istrinya.

Suami itu sebagai imam untuk keluarga. Suami juga mempunyai kewajiban untuk mencari nafkah dan memberi nafkah keluarganya. Jadi tidak jarang suami menyepelekan istri. Allah swt berfirman dan pergaulilah istrimu dengan baik, dan jika kamu tidak suka dengan istrimu, maka kamu bersabarlah. Atau bisa jadi kamu tidak menyukai sesuatu dari istrimu, padahal Allah itu menjadikan kepadanya kebaikan yang banyak. (Qs. An-Nisa:19)

tangisan seorang istri
tangisan seorang istri

Firman tersebut menjelaskan bahwa Allah itu memerintahkan untuk suami agar senantiasa bersabar terhadap tingkah laku istri yang tidak di sukainnya. Dan di hadist nabi juga bersabda yang isinya “ barang siapa yang membuat senang hati istrinya, maka seakan-akan dia menangis karena takut kepada Allah. Dan barang siapa yang menangis karena takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk kedalam neraka Allah. Dan sesungguhnya ketika suami saling mempertahankan. Maka Allah juga akan memperhatikan mereka berdua dengan rahmatNya. Ketika suami memgang telapak tangan istrinya, maka gugurlah dosa-dosa suami lewat sela-sela jari istri. (HR.Abu said al-khudzri)

Hukum seorang suami menyakiti hati istri dan membuat menangis istri adalah Haram. Allah SWT berfirman, yang isinya “orang-orang yang telah menyakiti hati orang iman laki-laki, dan menyakiti hati orang iman perempuan tanpa adanya perbuatan yang mereka lakukan, sesungguhnya mereka itu akan bertanggung jawab atas kebohongan mereka dan dosa yang sangat jelas.  (QS.al-Ahzab:84)

Seorang suami yang baik hedaknya menghargai posisi istrinya, apalagi jika istri hanya menjadi seorang ibu rumah tangga dan mengurus anak saja. Padahal ketika suami menyakiti hati istri itu bisa menutup rezeki suami, dan membuat seret rezeki suami. Dan membahagiakan istri adalah jalan untuk membuka pintu rezeki. Lalu perbuatan apakah yang bisa menyakiti hati istri dan membuat seret rezeki  ?

5 Penyebab Rezeki Terhambat, karena Menyakiti Hati Istri

wanita menangis karena suami
wanita menangis karena suami
  1. Mood istri yang buruk akan menular

Istri lebih pandai dalam menyembunyikan perasaanya, dan tidak bisa mengungkapkan langsung kepada suami tentang perasaan sakit hati yang dialaminnya. Dan kekecewaan dan rasa sakit hati inilah yang akan memperburuk mood. Mempunyai perasaan yang negatif akan membesar dan akan berpengaruh kepada keluarga. Perasaan inilah yang akan menunda rezeki yang akan datang kepada kita.

Oleh karena itu, segera perbaiki mood istrimu, ini sudah banyak terjadi kepada suami yang berselisih dengan istrinya dan selalu terhalangi saat mencari nafkah. Oleh karena itu, didalam suatu hubungan rasa saling terbuka, kejujuran, kepercayaan satu sama lain itu sangat dibutuhkan.

  1. Suami tidak dilayani dengan baik

Kejadian seperti inilah yang sering dilakukan oleh istri, akibat sakit hati inilah yang biasanya tidak ikhlas untuk memberikan pelayanan kepada suaminya. Hal ini lah yang mencerminkan hati yang sedang sakit, namun tidak mampu untuk mengungkapkan.

Tentu saja suami juga tidak tenang dalam bekerja dan mencari nafkah, ketika suami lelah dan capek dengan urusan pekerjaannya, suami juga harus sabar dengan menyikapi istri yang ada di rumah. Dengan kejadian seperti itu, suami dan istripun sama berfikir negatif, disitulah lapangan rezeki kita akan ditutup dan tidak bisa datang kepada kita. Dan suami menjadi tidak semangat dalam mencari nafkah.

  1. Berpengaruh dalam mendidik anak

Dalam mendidik anak dibutuhkan figur seorang ayah dan ibu, dan dibalik kesuksesan anak terdapat usaha ayah dan ibu dibelakangnya. Jika ibu tidak tidak bisa dihandalkan dalam mendidik anak, bagaimana anak menjadi orang sukses dan berguna. Kekecewaan terhadap suami akan berdampak pada sikap dan tingkah laku istri kepada anak. Rezeki itu bisa datang dari mana saja, dan salah satunya yaitu anak.

Rezeki juga tidak harus berupa uang, namun berupa anak sholeh dan sholeha itu juga termasuk rezeki dari Allah SWT. Itulah yang menjadi alasan mengapa istri yang tidak bahagia bisa menjadikan rezeki suami menjadi seret. Oleh karena itu, marilah kita berbenah diri dan meminta maaf. Bukankah dia yang akan selalu menemani hingga tua? Dan pastinya anak-anak anda akan lebih memilih hidup dengan suami atau istrinya kelak ketika sudah bekeluarga. Dan hanya ada istri saja yang akan menemani hingga dimasa tua.

  1. Suami tidak didukung

Perasaan sakit hati ketika di sakiti suami ini tidak bisa dipungkiri. Ini akan berdampak bagi suami, istri tidak mau menjadi penyemangat untuk suaminya. Dan suaminya dibiarkan saja untuk berjuang sendiri. Karena istri tidak peduli dengan suami lagi. dengan seperti ini suami tidak mempunyai semangat untuk melakukan aktivitas dan tidak punya semangat untuk bangkit dalam mengahadapi kesulitan.

  1. Istri menjadi tidak bersyukur

Berhati-hatilah dalam mengucapkan kata-kata kepada istri, karena mungkin saja ini bisa berakibat buruk untuk suami. Dengan ucapan jelek itulah yang akan membuat perasaan sakit hati istri. Dan dengan doa istri yang teraniyaya akan segera dijabah oleh Allah Swt. Dan istri jadi tidak bersyukur atas apa yang sudah suami berikan.

Dan terkadang suami justru di doakan tidak diberi rezeki agar selalu ingat dan menjadi lebih baik kepadanya, karena suami akan berubah sikapnya ketika memiliki uang yang lebih. Jadi berhati-hatilah dan menjaga hati istri agar pintu rezekimu terbuka dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.