menyajikan makanan
menyajikan makanan

Menyajikan Makanan yang Bisa Kalian Tirukan Dirumah Anda

Posted on

Menyajikan Makanan yang Bisa Kalian Tirukan Dirumah Anda

Menyajikan makanan – dalam menyajikan makanan ini bukan berarti menyiapkan hidangan yang akan dikonsumsi. Namun, menyediakan makanan yang mana disesuaikan dengan situasi dan kondisi dan juga disesuaikan dengan waktunya (timingnya). Adapun dalam menyajikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

  • Bahan mankanan yang memenuhi unsur gizi
  • Variasi dari mutu
  • Kecepatan ketika menyajikan
  • Kebersihan dari makanan yang akan disajikan
  • Estetika dari makanan dan daya tarik yakni dari garnish
  • Waktu penyajian pagi, siang, malam, atau untuk makanan selingan
  • Menyajikan makanan sesuai dengan simbol dan juga suatu acara
  • Mutu dari organoleptik dari makanan yang akan disajikan
  • Suhu makanan yang akan disajikan

Nah, itu tadi adalah hal yang perlu kalian perhatikan ketika meyajiakn makanan. Ketika anda meyajikan makanan dalam piring, tujuannya merupakan untuk menciptakan pengalaman untuk menggoda indra,bukan hanya dari indra lidah saja namun indra lainnya agar tergoda dengan makanan yang kalian sajikan.

Ketika makanan yang kalian sajikan ini menarik, maka sebenarnya tubuh ini bisa menghasilkan cairan yang banyak dan juga membantu penyerapan nutrisi. Namun, jika makanan yang aklain sajiakn ini tidak menarik pastinya mendapatkan yang sebaliknya. Untuk anda yang memiliki cafe atau restorang anda perlu menyajikan makanan yang berkulaitas.

Untuk menyajiakn makana yang berkualitas adalah dengan cara dimulai dari menyajikan makanan yang matang sampai penyajian warna yang cerah dan menarik. Dan buatlah makan yang memiliki bentuk atau kemenarikan yang tinggi. Buatlah makan atau kreasikan makanan dengan cara bertumpuk-tumpuk dengan warna dan juga tekstur yang kontras yang menimbulkan tampilan yang visual dan menarik.

Dan untuk finishing anda hiasi pinggir piring dengan rempah atau daun-daun yang memiliki kaya rasa agar terlihat lebih indah dan juga menarik. Dalam menyajikan makanan ini ada juga bebrapa hal yang diperhatikan, ayitu syarat-syarat menyajikan makanan.

Syarat-syarat penyajian makanan

syaraat makanan
syaraat makanan

Dalam menyajikan makanan ini juga sesuai dengan standar penyajian yang yang ditetapkan sesuai makanan yang akan disajikan. Adapun syarat-syarat menyajikan makanan adalah, sebagai berikut:

  • Untuk semua makanan yang masih panas supaya diasjikan dengan piring yang panas, begitupun sebaliknya untuk makanan yang dingin supaya disajikan pada piring yang dingin juga.
  • Untuk semua jenis makanana yang sudah diolah supaya segera disajikan, terutama untuk makanan yang panas
  • Untuk semua makanan yang akan disajikan supaya diletakkan dipemanas, agar suhu makanan ketika disajikan dapat bertahan
  • Untuk makanan yang panas ketika menyajikan supaya ditutup, namun untuk makan yang dingin ketika disajiakn jangan ditutup. Kecuali, ketika mau menyajikan tempatnya jauh dari dapur atau pengolahan supaya ditutup
  • Untuk semua makanan yang dingin supaya sebelum disajiakn dismpan dipendingin sebelum kalain sajikan

Dalam menyajikan makanan juga perlu adanya teknik, agar makanan yang akan disajiakn menjadi lebih menarik dan membuat banyak orang tertarik. Dalam menyajikan makanan ini teknik tidak usah terlalu dipikirkan namun, hanya perlu dipraktekkan. Adapun teknik penyajian adalah,sebagai berikut:

  • Seperti makanan pengiring supaya disajikan dibagian sebelah kiri dari makan utama, seperti sayur-sayuran
  • Menyajikan makanan untuk dipiring lodor supaya tetap menarik dan juga tetap dihias dan juga dipisahkan dari makanan pengiring dan juga saosnya, seperti di meja prasmanan
  • Makanan utaman supaya diletakkan dipiring bagian bawah dan apbila dipiring ada simbol atau logo supaya diletakkan tepat pada simbol dan juga logonya.
  • Saos supaya diletakkan pada temapt berbeda atau dipisahkan dari botolnya.
  • Sebelum menyajikan makanan, supaya tetap diperiksa kembali dari kebersihan makanan sampai kebersihan peralatannya.

Nah, itu tadi adalah pengertian dan juga penjelasan lainnya tentang menyajikan makanan yang bisa klain praktekkan dirumah. Pada kesempatan kali kami akan membahas tentang cara menyajiakn makanan yang bisa kalian contoh dirumah anda masing-masing. Adapun langkah-langkah dai menyajikan makanan ini ada 4 bagian. Untuk itu simaklah cara agar hidangna anda keliahatan menarik.

Membuat hidangan yang cantik

makanan cantik
makanan cantik

Hindari skema warna monokromatik.

Dalam menyajikan makanan yang menarik salah satunya yang perlu diperhatikan adalah ketika anda menyajikan makanan kekontrasan warna yang tinggi. Meskipun makanan yang kalain sajikan ini sudah ada bumbu rempah-rempah, namun terkadang masih kurang menarik. Agar makanan menarik kalian supaya menyajikan makanan yang penuh dengna warna seperti oatmeal yang kalain sajikan denga beri merah dan juga siraman sirup

Tonjolkan warna sayur yang cerah

Ketiak anda memasak makanan yanga kan kalian sajikan, kalain supaya menghubungkan semua nya dengan keseluruhan efek visual hidangan. Jika sayuran yang kalian hidangkan ini terlalu matang maka, warna yang dihasilkannya pun menurun dan cenderung sangat kurang. Untuk menghindari sayuran tidak terlalu lembek dan tidak pucat. Maka, masaklah sayuran agar tetap cerah dan renyah, adapun caranya, berikut ini:

  • Kukus sayuran agar warna dari sayuran tidak pudar dan akan menimbulkan warna yang menarik. Jika, kalian merebus sayuran maka akan menimbulkan efek sebaliknya, yang mana akan membuat sayuran menjadi lembek dan juga warna yang pucat
  • Panggang sayur atau tumis sampai berwarna kecoklatan karena dari minyaknya, agar sayuran terlihat lebih renyah dan juga lezat agar menimbulakn efek bintik-bintik kecoklatan pada sayur.

Gorenglah makanan dengan hati-hati

Makanan yang kurang matang atau kematangan ini kurang enak dan juga ketiak disajikan pun hasilnay jelek dan tidak menarik. Makanan ketika disajikan dalam piring supaya ketika menggoreng dengan baik dan juga untuk mengatasi minyak dan untuk tidak mengotori piring. Jika menggorang makanan supaya sampai berwarna kecoklatan keemasan, kemudian tiriskan dalam piring.

Jika kalian menyajikan makanan dalam piring supaya dialasi agar tidak terjadi berseraknya minyak dan untuk mengurangi minyak yang berlebihan.

Perhatikan teksturnya

Tekstur dan juga warna makanan ini juga menjadi prioritas agar tampilan ketiak diletakkan dipiring menimbulkan kesan yang baik dan juga menarik. Jika makanan terlalu banyak minyak, lembek, keras, kekeringan, atau bisa juga sulit dikunyah ataupun ditelan. Untuk makanan yang sudah digoreng tidak boleh disimpan dalam tempat yang kedap terhadap udara.

Karena, makanan yang panas ketika dimasukkan dalam tempat yang kedap suara maka uapnya akan menepel dilangit-langit tempat, maka akan membuat makanan menjadi lembek. Ketika hidangan yang akan anda sajikan tampak kering, maka berilah sedikit perciak minyak diaatas hidangan yang akan kalian hidangkan.

Menyajikan makanan dengan hati-hati

menyajikan dengan hati-hati
menyajikan dengan hati-hati

Sajikan makanan menggunakan piring putih

Piring putih merupakan piring yang bisa membuat makanan menjadi terlihat lebih menarik, karena piring putih ini tidak bersaing visual dengan makanan. Piring putih ini akan memberiakn efek kontras terhadap makanan yang akan disajikan. Maka dari itu, para chef sering menggunakan piring berwarna putih untuk menyajikan makanan.

Visualisasikan penyajian akhir

Dalam menyajikan hidangan utama dan hidangan pendampingnya, kalian juga supaya memikirkan letak diaman akan meletakkan makanan pendanping agar telihat menarik, cantik, dan juga elegan. Hidangan pendamping ini seperti kue, dessert, atau kue pie. Penampilan dan juga keseimbangan juga perlu kalian pikirkan, karena akan mempengaruhi makanan yang akan dihidangkan.

Bermainlah denga tekstur yang berbeda

Untuk menciptakan tekstur yang berbeda gunakan kombinasi, namun jangan terlalu banyak makanan yang lembut atau makanan yang renyah. Jika kalian ingin makanan menjadi renyah silahkan tambahkan walnut almond, atau biji labu panggang, atau bisa juga tambahkan beberapa keju panggang.

Menambahkan sentuhan yang menarik

sentuhan menarik
sentuhan menarik

Gunakan garnish yang menarik

Garnish merupakan sayur atau rempah-rempah yang biasa digunakan untuk menghias makanan. Apapun yang anda sajikan akan tetap menarik jika kalian berikan garnish.

Gunakan teknik siraman

Cara lain selain menggunakan garnish anda bisa gunakan siraman pada makanan yang akan kalian sajikan. Untuk hidangna yang manis anda bisa gunakan saus coklat, creme anglais, selai buah.

Menyajikan hidangan yang rumit

hidangan rumit
hidangan rumit

Sajikan makanan dengan warna menarik

Agar sesuatu yang berwarna menjadi menonjol anda bisa gunakan hiasan, karena hiasan merupaka kunci dari semuanya.

Tingkatkan rasa untuk pencuci mulut

Untuk pencuci mulut kalo bisa makanan yang dipanggang dan juga kue-kue yang biasa dihidangkan sehari-hari. Dan tingkatkan rasa dan juga kemenarikan kue.

Demikian artikel,tips, dan juga informasi dari kami tentang cara menyajikan makanan yang bisa kalian praktekkan dirumah. Apabial ada kesalahan baik dari penulisan dan peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangna lupa baca artikel lainnya tentang penyajian di jempoltangan.com untuk menambah wawasan anda.

Semoga artikel dan juga inforamsi dari kami bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih!