menu diet golongan darah o
menu diet golongan darah o

Menu Diet Golongan Darah O Paling Ampuh

Posted on

Menu Diet Golongan Darah O Paling Ampuh – Diet golongan darah O yang pertama dikenalkan pada 10 tahun yang lalu. Sekarang ini sudah semakin populer loh. Sebab, diet golongan darah 0 fokus pada kebutuhan asupan tubuh sesuai dengan jenis golongan darahnya.

Seseorang yang memiliki golongan darah O ini disebut dengan dermawan, karena golongan darah O adalah pendonor universal. Golongan darah O biasanya rentan dengan masalah pencernaan dan hormone tiroid. Oleh karena itu, asupan yang dibutuhkan untuk kebutuhan diet golongan darah 0 juga disesuaikan dengan kondisi tubuhnya.

Jenis diet golongan darah O mulai dipopulerkan oleh dokter Peter J D’Adamo melalui bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type”. Diet Golongan Darah O ini memfokuskan pada kebutuhan asupan tubuh dari jenis golongan darahnya.

Contohnya pada pemilik golongan darah O yang terkenal dengan energik, periang, mudah bergaul, dan senang dengan aktivitas outdoor. Secara kesehatan, tipe pemilik golongan darah O adalah dermawan, dan dikenal rentan dengan permasalahan pencernaan dan hormon tiroid.

Namun, bagi Anda yang memiliki golongan darah O tak perlu khawatir lagi ya. sebab menu diet golongan darah O sangat lezat. Sesuai aturan dan anjuran diet golongan darah O, inilah beberapa menu makanan lezat yang tetap bisa dikonsumsi tanpa harus khawatir timbangan akan naik.

menu diet
menu diet
  1. Menu Diet Golongan Darah O Mengkonsumsi Susu Kedelai

Diet golongan darah O mungkin juga akan membatasi untuk mengkonsumsi protein yang bersumber dari olahan susu. Namun, bagi Anda yang golongan darah O tetap diperbolehkan untuk minum susu kedelai sebagai sumber protein yang lezat.

  1. Buah Segar

Sebagai menu sarapan diet golongan darah O, Anda bisa memanfaatkan pada berbagai buah segar. Jika buah yang Anda konsumsi memiliki serat tinggi, dapat membantu Anda untuk merasa kenyang hingga siang hari. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki serat tinggi, misalnya apel, plum, pisang, dan kiwi atau Anda dapat mengolahnya menjadi jus serta smoothies.

  1. Kangkung

Kelezatan yang dimiliki sayur kangkung ini memang tidak bisa terbantahkan! Apalagi jika Anda memasak sayur kangkung ini dengan bumbu plecing, pasti bakal tambah lezat banget. Nah, bagi Anda termasuk diet golongan darah O justru memanjurkanmu untuk mengkonsumsi sayur kangkung, lho.

  1. Bayam

Nah, selain sayur kangkung, Anda yang diet golongan darah O juga dianjurkan untuk menambahkan menu sayur bayam pada hidangan sehari-harinya. Anda dapat memasaknya dengan kuah bening, lalu ditambah dengan jagung manis rebus. Hm, sangat lezat bukan?

  1. Brokoli

Untuk variasi menu sayur mayur, Anda juga dapat mengkonsumsi brokoli sebagai sumber energi. Untuk memasaknya, Anda dapat merebusnya sejenak, lalu menumisnya dengan bawang putih sebagai penambah rasa. Namun perlu di ingat! Hindari untuk menggunakan penyedap rasa buatan ya.

  1. Ati dan Ampela

Menu diet golongan darah O juga termasuk dari olahan ati dan ampela yang dapat dijadikan sebagai asupan utama. Padahal, olahan ati dan ampela ini memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi yang kebanyakan menu ini justru dihindari pada kebanyakan jenis diet. Namun, bagi diet golongan darah O, justru Anda lah yang dapat bebas mengkonsumsinya.

  1. Makanan Laut

Makanan laut berasal dari hewan laut, seperti udang, lobster, kepiting, dan ikan yang dapat Anda konsumsi sebagai menu diet golongan darah O. Jika Anda memasaknya, tambahkan bumbu-bumbu yang sederhana seperti garam, lada, dan bawang putih untuk menambah kelezatannya. Pastikan kesegaran makanan laut yang akan Anda konsumsi. Supaya menghindari pada masalah pencernaan ya.

  1. Teh

Jika seringkali Anda mengkonsumsi kopi yang menjadi akar dari masalah pencernaan yang dirasakan oleh pemilik golongan darah O, maka Anda yang diet golongan darah O dapat menggantinya dengan teh. Untuk memaksimalkan pada usaha diet Anda, Anda dapat mengkonsumsi teh hijau tanpa gula.

  1. Yogurt Tawar dengan Topping Buah

Menu terakhir untuk diet golongan darah O, dapat kamu jadikan sebagai pilihan sarapan yang sehat untuk dikonsumsi karena sedikit kandungan gulanya. Anda juga bisa menambahkan yogurt tanpa rasa dengan potongan buah-buah segar seperti berry.

  1. Nasi

Sebagian besar aturan diet golongan darah O mengharuskan kita untuk menghindari nasi. Maka pemilik golongan darah O, disarankan untuk mengkonsumsi nasi dan menghindari produk gandum seperti roti.

  1. Apel

Untuk mengkonsumsi buah, pemilik diet golongan darah O sebaiknya menghindari makanan  yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Nah, buah yang satu ini adalah pilihan buah yang sangat tepat.

  1. Jeruk Bali

Buah yang selanjutnya untuk dikonsumsi diet golongan darah O yang sangat dianjurkan adalah jeruk Bali. Nah, buah jeruk Bali ini bisa menjadi sumber vitamin C.

  1. Daging Ayam

Daging sapi memang boleh dihindari, namun kenikmatan yang amat lezat dari daging ayam agar tetap bisa menghiasi menu makanan sehari-hari dapat untuk dinikmati. Jadi, diet golongan darah O ngga bakal tersiksa banget kok.

menu diet golongan darah
menu diet golongan darah

Nah, inilah beberapa menu makanan untuk diet golongan darah O. Tetap praktis dan sehat kan? Mempunyai tubuh yang ideal merupakan suatu dambaan oleh semua orang. Namun tidak semua orang dapat menjaga berat badan dan kesehatan dengan baik. Banyak dari wanita yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal.

Golongan darah manusia berbeda-beda, mulai dari A, B, AB, hingga O. Menu diet golongan darah O sangat mudah untuk dibuat, cara diet ini hanya fokus pada menu harian yang bergizi, tanpa harus melakukan kegiatan-kegiatan yang ekstrim terlebih dahulu.

Initinya adalah, bagi Anda yang memiliki golongan darah O dan ingin melakukan diet yang sehat, sebelumnya Anda harus memperhatikan asupan gizi di awal. Yakni dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi terutama dari jenis hewani, rendah lemak, dan rendah susu.

Perlu Anda ketahui bahwa jika mengj=hindari makanan tertentu harus dicari makanan penggantinya agar tidak kekurangan gizi. Misalnya cumi atau udang diganti dengan ikan, daging sapi diganti ayam atau telur dan seharusnya. Kalau hal ini masih ragu, sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya.

Sebenarnya diet golongan darah O sampai saat ini masih menjadi kontroversi di dunia kedokteran. Di era modern yang saat ini pada dunia kedokteran, setiap tindakan dan terapi medis harus berdasarkan dengan penelitian secara ilmiah. Jika tidak ada bukti, maka pendapat dan teori tersebut belum layak digunakan dalam masyarakt.

Penelitian selama bertahun-tahun atas golongan darah yang dilakukan Dr. D’adamo, menunjukkan bahwa ada efek fisiologis yang muncul akibat lektin yang masuk ke dalam tubuh. Lektin adalah protein yang terdapat pada umumnya makanan. Khususnya biji-bijian dari tanaman polong-polongan. Tapi sayang, berbagai penelitian dan teori yang dilakukan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, tidak sesuai ilmu kedokteran dan tidak termasuk penelitian yang memenuhi kelayakan ilmiah.

Maka dari itu, sebelum memilih diet yang akan kamu jalani, pastikan terlebih dahulu bahwa diet yang akan Anda lakukan dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang kamu. Anda juga harus memastikan supaya tetap mendapatkan gizi yang seimbang untuk digunakan sebagai pengganti sarapan dan makan malam.

Semoga artikel yang saya sampaikan, dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi Anda.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..