Kue Ulang Tahun
Kue Ulang Tahun

Menghias Kue Ulang Tahun Menarik dan Simple

Posted on

Menghias kue ulang tahun – pada pertemuan kali ini kami akan membahas seputar informasi tentang bagaimana menghias kue ulang tahun yang menarik dan simple. Pastinya jika anak anda ulang tahun anda akan memberikan kado spesial dengan menghias kue ulang tahunnya. Kue ulang tahun merupakan kue yang sangat disenangi oleh semua orang apalagi anak-anak yang menyenanginya.

Kue ulang tahun yang sering dijual di toko-toko mungkin kebanyakan adalah jenis kue bolu. Meski kuenya sederhana, namun ntah kenapa kue ulang tahun yang dijual begitu menarik dan menawan. Hal tersebut karena penjual kue ulang tahun tersebut menjual kuenya dengan cara menghiasnya seindah dan semenarik mungkin sehingga pembeli tertarik untuk membelinya.

Ada banyak cara untuk menghias kue ulang tahun anda agar lebih menarik dan tentu saja lebih mudah untuk anda para pemula. Simak cara menghias kue ulang tahun dibawah ini

  1. Cara Menghias Kue Tart
Kue Tart
Kue Tart

Cara menghias kue ulang tahun yang pertama yaitu resep menghias makanan kue ulang tahun yang berbentuk kue tart. Menghias kue ulang tahun ini dapat anda coba di rumah untuk menghias kue ulang tahun buah hati anda.

Bahan-bahan

  • Coklat masak secukupnya
  • 1 bungkus hersey chocolate
  • Coklat aneka bentuk secukupnya
  • Kitkat/ chocoball, toblerone, marshmellow, ataupun pocky
  • Base bake ( bisa spiku, spongecake, ataupun lainnya )

Langkah

  1. Panaskan chocolate, siapkan mankuk stainless stell. Masukan chocolate kedalamnya, letakan mangkuk yang berisi chocolate diatas panci yang berisi air, gunakan api yang berukuran sedang, aduk terus hingga chocolate mencair.
  2. Pastikan coklat yang telah dimasak tidak terkena atau tercampur air ( hanya dipanaskan dengan uap air yang dibawahnya )
  3. Tuangkan coklat yang sudah meleleh tadi diatas base cake, tunggu sampai dingin.
  4. Masukan coklat yang sudah dituangkan kedalam base cake kedalam kulkas selama 10 menit, kemudian keluarkan dari kulkas.
  5. Beri tooping dan garnish diatasnya, menggunakan berbagai bentuk coklat, marshmellow, hersey, atau yang lainnya yang penting tertata rapi dalam menghiasnya.
  6. Kue ulang tahun pun siap untuk ditiriskan dan di santap.

2. Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream

Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream
Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream

Menghias kue ulang tahun dengan menggunakan butter cream merupakan cara menghias kue yang pertama dengan mudah. Butter cream merupakan cream yang terbuat dari campuran gula pasir dan mentega, butter cream biasa dipakai untuk menutupi seluruh permukaan kue yang akan dihias. Butter cream berguna sebagai lem yang biasa digunakan untuk permukaan kue agar hiasan kue benar-benar lekat.

Untuk membuat butter cream sangatlah mudah seperti yang sudah dijelaskan anda hanya membutuhkan mentega dan gula pasir. Juga pewarna makanan jika anda menginginkan selain warna putih.

Cara membuat butter cream

Bahan-bahan

  • Mentega putih 225 gram
  • Gula pasir 75 gram

Langkah-langkah

  1. Kocok mentega menggunakan mixer dengan menggunakan kecepatan tinggi sampai warnanya berubah menjadi pucat
  2. Tambahkan gula pasir dan mixer kembali sampai warna berubah pucat
  3. Jika anda menginginkan warna lain selain putih, campurkan dengan beberapa tetes pewarna makanan atau sesuaikan dengan warna kesukaan anda. Mixer kembali menggunakan kecepatan rendah ataupun sedang.

Untuk melapisi kue dengan menggunakan butter cream yang Anda butuhkan adalah spatula. Cara melapisi kue dengan butter cream:

  1. Letakan butter cream yang sudah dibuat di bagian atas kue lalu ratakan butter cream menggunakan spatula
  2. Selanjutnya tinggal melapisi bagiang samping kue dengan butter cream, agar hasilnya lebih rata putar kue secara perlahan. Agar lebih mudah meratakan butter cream ke seluruh permukaan kue anda bisa menggunakan meja putar kue.
  3. Masukan kue kedalam kulkas selama 15 menit. Sajikan sesuai selera anda.

Jika nada membuat kue sendiri, sebelum anda menggunakan butter cream untuk menutupi seluruh permukaan kue, dinginkan kue terlebih dahulu. Jangan meratakan butter cream keadaan kue panas ataupun hangat agar butter cream tidak meleleh.

  1. Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream dan Spuit
Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream dan Spuit
Menghias Kue Ulang Tahun Menggunakan Butter Cream dan Spuit

Sebelum memasukan butter cream kedalam pipin bag terlebih dahulu masukanlah alat berbentuk kerucut atau yang biasa disebut dengan spuit. Dalam spuit mempunai berbagai bentuk tidak hanya berbentuk kerucut saja, ada yang berbentuk polos, berbentuk spuit bintang, berbentuk spuit berlubang kecil, berbentuk spuit mawar dan spuit daun.

  • Spuit bintang. Spuit bintang tidak hanya berbentuk bintang, spuit bintang ini dapat dikreasikan menjadi banyak bentuk yang Anda inginkan. Spuit ini merupakan jenis spuit yang paling sering digunakan untuk menghias kue.
  • Spuit berlubang kecil. Bentuknya jika dilihat sama seperti Fungsi dari spuit berlubang kecil adalah untuk membentuk rumput.
  • Spuit polos. Spuit polos hanya memiliki lubang kecil pada ujungnya. Spuit polos biasanya digunakan untuk membuat garis atau menulis pada kue.
  • Spuit daun. Spuit daun ini memiliki bentuk segitiga yang mengerucut. Kegunaanya yaitu untuk membuat daun pada hiasan kue.
  • Spuit mawar. Spuit mawar ini berbentuk pipih yang biasa digunakan untuk membentuk kelopak bunga pada kue.

Setelah anda mengetahui cara membentuk hiasan untuk kue ulang tahun dengan menggunakan butter cream dan spuit, serta macam-macam spuit, yang anda butuhkan sekarang adalah kreativitas untuk menghias kue ulang tahun anda seindah mungkin. Memang awalnya akan terasa susah dan hasilnya belepotan. Yang anda butuhkan hanyalah banyak berlatih agar hasil penggunaan spuit anda semakin indah.

Itulah tadi beberapa informasi yang telah kami sampaikan, semoga artikel yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk anda dan anda bisa mencobanya di rumah. Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel kami hingga akhir.