mendidik anak
mendidik anak

Yuk Cari Tau Cara Mendidik Anak Usia 7 Tahun yang Baik

Posted on

Mendidik Anak Usia 7 Tahun – Mempunyai seorang anak adalah rezeki dan anugerah dari tuhan, anak adalah sebuah amanah yang Allah berikan kepada orang tua. Setiap anak mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Anak adalah sebuah tempat investasi bagi orangtua, tidak hanya di dunia saja. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat dibutuhkan dan diandalkan dalam merawat, menjaga, dan mendidik anak. Menjadikan anak yang berguna dan sholeh adalah salah satu tugas dan kewajiban orang tua.

Kehadiran anak bukanlah masalah buat kita, malah dengan adanya anak bisa mendamaikan hubungan dalam keluarga, dan menjadi pelengkap dalam rumah tangga, maka sayangilah anak kita. Untuk mendidik anak dan membimbing anak membutuhkan proses dan cara tersendiri, anak juga memiliki haknya, seperti dipenuhi kebutuhannya.

Sebagai orang tua jangan selalu suka memaksa kehendaknya sendiri, seperti disuruh belajar terus-terusan tanpa henti, namun tidak pernah memberikan hak dan kewajiban anaknya, seperti diajak bermain atau berlibur, itu akan mebuat anak semakin mempunyai jiwa yang malas dan tertekan.  Sehingga anak akan merasa memberontak dan akan melawan orang tua.

Untuk anak yang berusia 7 tahun ini adalah dimana anak mulai mengerti dan berfikir, oleh karena itu, ajarilah anak untuk melakukan hal yang baik-baik saja. Pada masa itu anak akan memulai memproses perkataan dan memahami perkataan kita. Mendidik anak usia 7 tahun ini sangatlah berbeda dengan mendidik anak usai 0-6 tahun dan juga 15-21 tahun.  Oleh karena itu, disini saya akan memberitahukan cara untuk mendidik anak usia 7 tahun, simak info dibawah ini :

Cara Mendidik Anak Usia 7 Tahun

  1. Menanamkan sikap disiplin dan bertanggung jawab

mendidik anak dengan baik
mendidik anak dengan baik

Sikap disiplin dan bertanggung jawab adalah sikap yang harus dimiliki oleh anak, dan kita sebagai orang tua hendaknya menanamkannya juga. Untuk memiliki sifat itu, orang tua harus ekstra, karena tidak mudah untuk membiasakan anak dengan sikap itu.  Cara tepat untuk mengajarinya yaitu dengan dimulai dengan orang tua.

Seperti dilingkungan sekitar rumah, berikan teguran kepada anak jika berbuat salah dan nasehati anak agar tidak mengulangi dan bertanggung jawab atas kesalahannya.  Dan berilah hukuman yang wajar , supaya anak bisa lebih menyesal dengan perbuatannya. Ajari anak untuk bisa mengatur waktu dengan baik, dan bisa membedakan antara bermain dengan belajar. Dengan cara itu, anak bisa memiliki sifat dan karakter yang disiplin dan bertanggung jawab.

  1. Ajarkan sikap sopan santun kepada anak

mengajarkan-sopan-santun
mengajarkan-sopan-santun

Sopan dan santun adalah sikap yang harus dimiliki oleh anak, dan juga sangat penting untuk bisa membiasakan anak bersikap sopan dan santun. Ajari anak bersikap sopan dan santun sejak dini, karena ini adalah hal yang penting dalam membentuk karakter anak dan pendidikan anak. Ajarilah anak untuk bersikap sopan santun terhadap orang yang lebih tua, dengan bersalaman dengan orang tua dan berbahasa yang sopan, ajari anak untuk menjaga perasaan orang lain, menjaga sopan santun dan etika ketika dalam pergaulan. Dengan hal itu, anak sudah terbentuk sendriir karakter yang ada pada dirinya.

  1. Ajarkan untuk bersifat jujur

sifat jujur
sifat jujur

Mengajari anak hal yang baik adalah tugas dan kewajiban orang tua, oleh karena itu tanamkanlah sifat jujur kepada anak, dan jangan membiasakan anak untuk berbohong. Semua itu dimulai dari orangtua, apa orang tua bisa menerapkan sifat ini. Dan anak adalah sebuah gambaran atau cerminan orang tua.

Berusahalah untuk selalu berkata jujur dan jangan memberikan janji jika kita tidak mampu untuk menempatinya. Karena janji adalah sebuah kepercayaan bagi anak kepada orang tua.  Dan berikan baik dan buruknya ketika berbohong dan selalu tekankan untuk berkata jujur. Untuk mendidik anak usia 7 tahun ini sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja orangtua harus lebih bersabar dan ketelatenan, dengan itu anak akan mulai terbentuk karakternya sendiri.

  1. Menjaga dan mengawasi pergaulan anak

mengawasi anak
mengawasi anak

Dengan seiring perkembangan zaman, banayak anak yang jauh dari pengawasan orang tua, mungkin yang terkenal dengan sebutan kids  zaman now, anak mulai berani melawan orang tua, membantah orang tua bahkan tidak segan-segan untuk memukul orang tua, oleh sebab itu, mulai dari dini jaga dan awasi pergaulan anak agar tidak salah dalam pergaulan.

Pada saat 7 tahun, biasanya anak mulai tidak mau di awasi dan dijaga orang tua nya. Nah, kita sebagai orang tua jangan sampai membiarkan anak kita bergaul dengan teman yang salah. Berikan nasehat dan arahan terhadap perkembangan zaman agar anak mampu memilih teman yang baik untuk dirinnya.

Seringlah berkomunikasi dengan anak, bertanya kepada anak hal apa saja yang telah dilakukannya hari itu, dan jangan ajarkan untuk berkata kotor atau kata-kata yang tidak wajar karena anak mudah memproses perkataan kita. Berikan kata-kata dan ucapan yang baik kepada anak. Dan berikan kata-kata motivasi terhadap anak agar lebih percaya diri dalam melakukan setiap hal.

  1. Mengembangkan kreatifitas anak

anak bermain gitar
anak bermain gitar

Setiap anak memiliki hobi dan kegemaran yang perlu orang tua ketahui, oleh sebab itu, berikanlah hak dan kewajiban anak. Dengan cara memberikan fasilitas kepada anak. Orang tua juga bisa menyalurkan bakat kepada anak agar kreatifitas anak semakin berarah, seperti mengajarkan anak menggambar, melukis, atau les musik. Dengan itu anak bisa timbul dengan sendirinya apa minat dan bakat yang dimilikinnya.

  1. Memberikan contoh yang baik

memberikan contoh yang baik
memberikan contoh yang baik

Anak lebih mudah untuk menirukan sesuatu yang diberikan orangtuanya, ajarkanlah anak untuk terbiasa meminta maaf, berbahasa yang sopan, tegur sapa, pamitan dengan orang tua, menuruti orang tua, dan masih banyak lagi. dengan begitu anak akan terbiasa untuk mengucapkan kata-kata yang baik. Dan akan terbentuk karakternya dengan sendirinnya.

  1. Pondasi agama yang kuat

mendidikanakdalamislam
mendidik anak dalam islam

Kenalkan anak dengan pendidikan agama, kewajiban dan larangan dari agama. Seperti ajaklah anak untuk sholat berjamaah, berdo’a dan berdikir kepada Allah. Dan biasakan anak untuk mengucapkan kata-kata toyyibah.

Karena pada hakikatnya adalah anak yang bisa menyelamatkan orang tua kelak di akhirat. Dan doa anak yang sholeh termasuk amalan yang tidak akan terputus. Untuk mendidik anak, orang tua bisa mengajarkan tentang satu persatu huruf hijaiyah atau orang tua bisa membiasakan anak untuk ikut mengaji di TPQ.

  1. Batasi untuk penggunaan gadget
bermain gadget
bermain gadget

Dengan perkembangan zaman sekarang, banyak orang tua yang sudah memberikan hak yang seharusnya belum diberikan. Memberikan gadget kepada anak usia dini adalah sebuah kesalahan jika anak tidak bisa menggunakannya dengan baik.  Zaman sekarang sangatlah jauh berbeda dengan zaman 90an.

Anak lebih mudah untuk mendapatkan informasi dengan cepat, namun untuk usia dini hendaknya orang tua jangan memberikan terebih dahulu. Karena akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak. Biasannya jika anak sudah kecanduan gadget anak sudah tidak mau di ganggu, seperti anak dipanggil orang tua, anak lebih mementingkan bermain gadget daripada harus memenuhi panggilan oang tuannya.

Nah, diatas adalah cara mendidik anak usia 7 tahun, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terimakasih.