menara saidah

Sejarah dan Misteri Menara Saidah yang Misterius

Posted on

Menara saidah – Menara yang terletak tepat di Jl. Letjen. M. T. Haryono, Jakarta Timur. Pasti bagi orang yang tinggal di Jakarta tidak akan asing lagi dengan bangunan yang bernama menara saidah. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1995 sampai 1998 oleh PT. Hutama Karya, dan saat itu gedung ini diberi nama Gedung Grancindo. Gedung ini merupakan gedung tertinggi yang pertama di ibukota.

Tidak lama kemudian gedung ini direnovasi besar-besaran, dengan desain interiornya memakai sentuhan Las Vegas dan bernuansa Romawi, ditambah dengan patung-patung yang diimpor langsung dari Italia, membuat gedung ini menjadi terlihat megah dan juga sangat bernuansa Romawi. Dan juga yang asalnya dari 15 lantai menjadi 28 lantai.

Setelah gedung ini direnovasi besar-besaran, gedung ini dinamakan menjadi menara saidah. Nama ini diambil dari nama pemiliknya, yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim. Dan diresmikan pada tahun 2001.

Dulunya menara saidah menjadi pusat perkantoran yang paling populer di ibu kota. Ada beberapa perusahaan yang sempat menjadi tenant bangunan yang mana dulu terlihat sangat megah. Karena lokasinya yang strategis sehingga banyak penawaran yang masuk, seperti dari Universitas Satyagama di tahun 2011.

Namun, semua telah berubah semenjak tahun 2007, menara saidah ini sudah dikosongkan dikarenakan pondasi gedung yang sudah miring beberapa derajat dan tidak tegak lagi. Sehingga dianggap akan membahayakan keselamatan orang yag berada di dalam gedung.

Kemudian di tahun 2012, gedung ini sudah mulai tidak terawat, karena akses masuk dan keluarnya yang rusak, kaca banyak yang pecah dan juga gedung dalam keadaan gelap. Petugas juga hanya membersihkan taman bagian depan yang dekat dengan jalan raya.

Namun, dengan status yang semakin tidak jelas ini seperti pindah-pindah pemilik tapi tidak ada yang bertanggung jawab karena pemilik awal tidak bersedia menunjukkan gambar struktur gedung. Dan akhirnya mengakibatkan masyarakat yang tinggal di daerah dekat situ menjadi khawatir dan juga takut jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Lurah setempat juga sudah mengatakan permintaan untuk bertemu dengan pemilik terkait dengan kelangsungan bangunan yang tidak berhasil. Dan juga pihak yang yang tertarik dengan membeli gedung yang mana selalu terhenti di tengah jalan dan juga tidak ada kabar. Pemerintah daerah juga belum menerima laporan yang tepat mengenai rencana tentang menara saidah.

Pengamat perkotaan juga menyatakan bahwa kemiringan menara saidah dapat dikategorikan sebagai gagal bangunan. Dan juga terjadi kemiringan atau sedikit masalah karena ada keteledoran saat pembangunan berlangsung.

Mengapa menara saidah banyak di takutkan masyarakat?

Karena gedung ini sudah lama tidak ada penghuninya. Akhirnya cerita aneh dan misterius menghantui gedung ini. Dari pengalaman-pengalaman orang yang pernah berurusan dengan menara ini seakan-akan muncuk aura negatif sehingga banak sekali kejadian aneh dan misterius.

Konon katanya lampu di gedung tersebut menyala sendiri secara bergantian di beberapa ruangan tertentu. Padahal tidak ada penjaga ataupun satpam yang berjaga di gedung tersebut.

Masyarakat sekitar juga sudah berpikiran bahwa seluruh lantai menara saidah ini sudah dihuni oleh makhluk halus. Walaupun tidak ada penghuninya, gedung ini tetap ada penjaga yang ditugaskan untuk menjaga gedung ini dan membersihkan beberapa halaman.

Katanya warga setempat gedung ini berhantu di bagian liftnya, konon liftnya berjalan dengan lambat karena liftnya dihuni oleh banyak makhluk halus yang tak kasat mata. Dan juga penghuni yang paling jelas yaitu hantu yang memakai baju merah di lantai tiga bangunan yang megah ini. Konon katanya di saat malam hari kamu akan melihat antu berbaju merah ini, dan jika sudah melihat hantu berbaju merah ini kamu dapat melihat keramaian di dalam gedung yang mana sudah ditutup sejak beberapa tahun lalu.

Apa saja hal yang sangat mistis dari menara saidah?

Misteri menara saidah sudah banyak beredar di masyarakat, khususnya ibukota Jakarta, karena menara ini berada di Jakarta. Lalu apa saja misteri dari menara ini?

  1. Lift Gedung

Banyak informasi yang beredar mengapa banyak penyewa kantor yang pindah dari menara tersebut, alasannya karena lift gedung yang berjalan dengan lambat. Akibat lambatnya lift, akhirnya kegiatan dan mobilitas karyawan terganggu. Tapi kalau dilihat dari sudut paranormal, lift ini jalannya lambat karena banyak makhluk halus di dalamnya sehingga lift menjadi berat.

  1. Wanita Baju Merah

Menurut warga sekitar, mereka sering melihat penampakan wanita berbaju merah. Ada yang melihat kalau wanita ini sedang berdiri di tembok parkiran, ada juga yang melhat wanita ini di lantai  gedung dengan lampu yang menyala sendiri dan ada beberapa orang yang lalu lalang di belakangnya.

  1. Lantai 14

Cerita seram juga sudah beredar di beberapa masyarakat, yaitu lantai 14 yang berhantu. Konon katanya ada seorang satpam yang sedang berjaga didatangi seorang wanita yang mana ia ingin minta di antarkan ke lantai 14 untuk menemui saudaranya.

Kemudian satpam tersebut mengantarnya dengan menggunkan lift, sesudah sampai di lantai 14 wanita tersebut tiba-tiba hilang, dan juga terdengar suara orang sedang mengetik di tempat kerja, namun setelah dilihat tidak ada apa-apa. Saking takutnya, satpam itu lari menggunakan tangga darurat dan di kabarkan pingsan karena melihat makhluk halus di tangga tersebut.

  1. Bekas Kuburan

Nah, cerita dari warga sekitar juga mengatakan bahwa menara saidah dulunya bekas kuburan, maka dari itu hal mistis banyak terjadi di menara ini. Menurut paranormal, bahwa di setiap lantai ada penghuninya masing-masing dengan bentuk yang berbeda dan ukuran yang besar.

Nah, itulah beberapa penjelasan dan cerita mistis mengenai menara saidah. Tapi rencananya dari beberapa tahun lalu, menara ini sempat ingi dirobohkan, tapi sampai sekarang menara saidah belum dirobohkan.