mempertahankan keluarga yang harmonis
mempertahankan keluarga yang harmonis

Mempertahankan Keluarga yang Harmonis dan Bahagia

Posted on

Dengan memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia merupakan dambaan bagi setiap orang yang sudah berumahtangga. Keharmonisan dan kebahagiaan keluarga dapat menjadi system pendukung untuk mencapai kesuksesan dalam karir dan kemakmuran.

sang buah hati
sang buah hati

Sang buah hati juga akan berkembang dengan baik dan mencapai potensi terbaik mereka. mungkin di benak kalian ada pertanyaan ”bagaimana cara mempertahankan keharmonisan rumah tangga agar senantiasa bahagia?”.

10 tips yang dapat membantu menjaga keharmonisan rumah tangga :

  1. Membuat komitmen dalam berumah tangga

Ikrar untuk membangun rumah tangga adalah sebuah pernikahan. Ikrar harus dibarengi dengan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Tanpa dengan komitmen maka mustahil untuk mempertahankan rumah tangga yang harmonis. Jika sudah memiliki komitmen yang kuat maka bisa di tambah dengan membuat aturan yang sudah disepakati dalam menjalankan kehidupan berkeluarga.

  1. Merencanakan masa depan

Merencanakan dalam kehidupan tentu akan sangat membantu kehidupan berumah tangga. Selain dengan cara finansial kita juga perlu merencanakan hal lain seperti kelahiran anak, jadwal kegiatan kelahiran, dan lain sebagainya. Perencaan yang tepat dan jelas akan mempermudah perjalanan rumah tangga kedepannya.

  1. Menjadwalkan kegiatan bersama

Sesuatu yang telah direncanakan, jadwal kegiatan bersama sangat perlu untuk dibuat. Teruatama bagi pasangan yang sama-sama memiliki pekerjaan. Pertemuan yang kurang akan dicukupi oleh kegiatan yang dilakukan bersama. Contohnya dengan berolahraga bersama, belanja bersama, liburan, berkunjung ke rumah orangtua, dan lain sebagainya.

  1. Mendengarkan keluhan dari pasangan

Dalam kehidupan berumah tangga pasti memiliki masalah dan persoalan masing-masing. Sangat jarang ditemukan bahwa pasangan akan mengeluh atas masalah yang sedang menimpa. Mendengarkan keluhan dari pasangan, merupakan salah satu cara untuk menjaga keharmonisan keluarga. Buatlah mereka nyaman untuk bercerita denganmu, karena mengeluh kepada pasangan lebih baik daripada ke orang lain.

  1. Saling jujur dan terbuka

Jujur adalah kunci dari kesuksesan dalam segala hal termasuk dalam menjaga keharmonisan keluarga. Saling jujur dan terbuka harus diterapkan dalam berbagai hal. Mulai dari pengeluaran yang dilakukan, pendapatan yang diterima, bahkan setiap kegiatan sehari-hari. Menyimpan rahasia kepada pasangan itu tidak perlu untuk dilakukan, ceritakanlah dengan jujur dan saling terbuka. Dengan demikian akan meningkatkan kedekatan kepada pasangan.

  1. Menjaga kepercayaan pasangan

Kepercayaan sangatlah mahal harganya. Sekali dirusak maka tidak akan kembali seperti semula. Maka dari itu sangatlah penting untuk menjaga kepercayaan dari pasangan. Jangan sampai kamu pernah melakukan hal yang dapat merusak kepercayaan yang tekah diberikan. Merusak kepercayaan sama halnya melanggar komitmen yang telah dibuat.

  1. Menghindari perbuatan yang tidak di sukai oleh pasangan

Bagi pasangan yang masih awal menikah mungkin belum terlalu mengetahui satu sama lain sehingga bertengkar karena hal yang sepele. Tapi setelah bertahun-tahun berumahtangga tentu akan faham mengenai sikap atau tindakan yang tidak disukai oleh pasangan. Hindarilah pada sikap atau tindakan yang menjadikan pertengkaran atau perdebatan. Dengan seperti demikian itu kehidupan berumahtangga akan semakin harmonis dan bahagia.

  1. Memberikan kejutan atau hadiah

Semua orang yang ada di dunia ini pasti sangat menyukai hadiah. Memberi hadiah merupakan perbuatan yang perlu dilakukan demi menjaga keharmonisan keluarga. Memberikan dengan bentuk kejutan yang menyenangkan dan tepat di momen tertentu itu sangat senang sekali. Tidak jarang atau sudah menjadi kebiasaan pemberian hadiah dilakukan demi menyelesaikan suatu masalah yang timbul untuk menenangkan hati pasangan yang sedang sedih.

  1. Konsisten dalam menjalankan peran masing-masing

Tips yang terakhir ini dan tidak kalah penting dalam menjaga rumah tangga agar selalu harmonis dan bahagia adalah konsisten. Kehidupan berumah tangga akan dijalani seumur hidup bukan hanya satu atau dua tahun. Oleh karena itu harus konsisten untuk melakukan segala kewajiban masing-masing. Konsisten bukan hanya dilakukan untuk sesekali saja, namun dilakukan sampai maut memisahkan kita.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mempertahankan keluarga agar tetap harmonis dan bahagia. Semoga kita bisa menerapkannya sehingga tercipta keluarga yang harmonis dan bahagia sampai akhir hayat.

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com

Sekian dari artikel saya, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..