suami cinta istri
membahagiakan istri

Yuk simak 10 Cara Sederhana Membahagiakan Istri Lahir dan Batin

Posted on

Menjadi seorang suami memberi nafkah adalah sebuah kewajiban bagi suami, namun membahagiakan istri juga merupakan kewajiban seorang suami. Dan seorang istri pastinya juga membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari suami. Banyak cara yang bisa dilakukan suami untuk membahagiakan istri selain dengan cara membelikan barang atau alat kebutuhan istri, dengan cara membuat senang selain dengan memberikan materi.

Walaupun istri tidak berkewajiban menafkahi keluarga, akan tetapi suami tidak bisa menganggap remeh pekerjaan istri dan memandang sebelah mata istri. Kewajiban seorang istri itu menjaga anak, meramut anak, mendidik anak, dan menyiapkan hidangan yang sehat dan bergizi. Sebagai istri yang hanya berstatus ibu rumah tangga ini kebanyakan hanya beraktivitas di dalam rumah saja.

Seorang istri juga sangat membutuhkan sentuhan dan juga ucapan yang baik dan manis. Yang pastinya membuat hati istri menjadi tenang dan nyaman saat berada suami. Dan mempunyai keluarga yang damai dan harmonis adalah sebuah impian setiap pasangan suami dan istri. Disini saya akan memberikan cara membahagaikan istri yang perlu suami ketahui.

Cara Membahagiakan Istri Lahir dan Batin

Membahagiakan istri
Membahagiakan istri
  1. Membantu pekerjaan rumah tangga

suami membantu istri
suami membantu istri

Istri berkewajiban untuk menjaga dan merawat rumah, terutama memberikan hidangan kepada suami dan anaknya. Alangkah baiknya suami ikut serta membantu istri memasak, membersihkan rumah dan mengurus anak. Dengan begitu istri akan merasa bahagia dan pekerjaan rumah akan cepat terselesaikan. Itu adalah salah satu cara untuk membahagiakan istri.

  1. Peluklah istri sesering mungkin

memeluk suami
memeluk suami

Seorang istri juga membutuhkan kasih dan sayang dari suami, alangkah baiknya para suami juga peka dan tanggap dengan itu, berikanlah pelukan kepada istri dan tunjukan bahwa anda sayang kepada istri dan biasanya dengan tanda pelukan itu menunjukan anda bahagia dan nyaman saat berada disisinya. Dan menurut penelitian studi, dengan berpelukan dapat memanjangkan 1 hari umur istri.

  1. Panggilah dengan panggilan yang indah

membahagiakan istri

Memberikan panggilan yang spesial adalah sebuah tanda bahwa istri adalah orang yang spesial dan istimewa bagi suami, Rasullallah SAW juga memiliki panggilan untuk istri-istrinya. Dan jangan sampai memanggil dengan nama yang dibenci istri karena akan membuat sakit hati istri.

  1. Berbincang dengan istri pada malam hari

suami-istri-duduk
suami-istri

Menjalin sebuah rumah tangga pastinya dibutuhkan komunikasi antara suami dan istri, oleh sebab itu para suami sering lah mengajak istri untuk berbincang atau bercerita tentang apa yang sudah terjadi atau bertukar pengalaman. Biasanya para suami yang ketika pulang kerja larut malam ini tidak sempat untuk berbicara dengan istri karena suami lelah dan istri sudah tertidur.

Berkomunikasilah dengan istri  karena ini adalah salah satu cara untuk membahagiakan istri. Rasullullah juga sering mengajak istri-istrinya. Diterangkan dalam suatu hadist yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW sering mengajak berbincang istrinya pada saat malam hari.

  1. Jangan memukul istri

menjaga istri
menjaga istri

Menjadi seorang suami janganlah enteng memukul istri, karena hal yang sepele atau masalah kecil. Dengan sikap itu membuat istri semakin benci dan ingin memberontak suami. Keseringanya suami tidak paham dan peka teradap istri. Mengertilah bahwa istrilah yang melahirkan anaknya dan membesarkan anaknya dengan kasih sayangnya.

Jangan mau dikatakan sebagai lelaki sejati jika masih memukul istrinya walaupun semarah apapun suami kepada istri. Pada hadist riwayat Nasa’i yang isinya bahwa aisyah berkata : suamiku tidak pernah memukul istrinya walaupun itu hanya sekali.

  1. Bimbinglah istri dalam ibadah

sholat bersama istri

Membimbing istri untuk beribadah dan berbuat baik adalah salah satu kewajiban sebagai suami. Istri juga membutuhkan bimbingan dari suami seperti, suami mengajak sholat berjamaah, berdo’a untuk keberkahan keluarganya dan masih banyak lagi. sesibuk apapun pekerjaan anda luangkanlah waktu untuk beribadah bareng dengan istri.

  1. Luangkan waktu untuk istri

Seorang suami yang sibuk dengan pekerjaan pastinya jarang berkumpul dengan anak dan istrinya, oleh sebab itu jika suami sudah ada cuti atau waktu yang longgar hendaklah untuk berkumpul dengan istri atau berlibut dengan istri dan anaknya. Karena istri juga mmebutuhkan perhatian dari suami. Luangkan waktu untuk mendengarkan cerita tentang aktivitas sehari-harinya dirumah.

  1. Beri kesempatan istri untuk bergaul

suami dan istri
suami dan istri

Salah satu cara membahagiakan istri adalah dengan cara memberi kesempatan atau izin kepada istri untuk bergaul atau bertemu dengan teman-temannya. suami janganlah suka mengekang istri untuk tetap dirumah. Dengan begitu istri akan merasa benci dan tidak nyaman terhadap suami. Bagaimanapun istri juga membutuhkan pergaulan sosial.

Jadilah lelaki yang peka dan tanggap dengan kemauan istri, dengan itu istri akan merasa senang dan akan semakin sayang dengan suaminya. Dan perlakukan istri dengan cara yang lembut dan yang baik.

  1. Tidak mengabaikan kebutuhan seksual

suami cinta istri
suami cinta istri

Ini adalah salah satu cara pencegahan perselingkuhan dan perceraian dalam hubungan rumah tangga. Dengan memenuhi kebutuhan seksual yang baik adalah cara untuk mencegah hal tersebut. Kewajiban seorang suami adalah memberikan hak baik lahir dan batin seorang istri. Seorang istri akan berfikir dan beranggapan tidak disayangi oleh suaminya jika suami tidak memberikan kebutuhan seksualnya. Jadikan istri sebagai partner untuk menunjang keharmonisan dalam rumah tangga. Dan jadilah suami yang tanggap dan peka terhadap yang dibutuhkan istri.

  1. Menunjukan rasa cinta kepada istri

harmonis dalam rumah tangga
harmonis dalam rumah tangga

Dalam menjalin hubungan rumah tangga dibutuhkan rasa kasih sayang dan cinta yang luar biasa dari suami. Dan jika itu tidak ada dalam sebuah keluarga maka hubungan dalam keluarga akan terasa hampa dan tidak ada artinya. Karena pada hakikatnya keluarga adalah dua insan yang saling mencintai dan menyayangi satu sama lain. Oleh karena itu sebagai suami tunjukanlah rasa cinta terhadap istri, buatlah istri nyaman dan bahagia saat bersama anda.

Berikut diaatas adalah tips dan cara membahagiakan istri. Jangan jadikan istri sebagai pembantu namun jadikan istri sebagai partner dalam menunjang keharmonisan keluarga. Semoga bermanfaat dan terima kasih.