membaca surat yasin
membaca surat yasin

Manfaat Dan Keutaamaan Mengamalkan Membaca Surat Yasin

Posted on

Membaca Surat Yasin – Surat yasin, bagi kalian yang beragama islam pastinya sudah tau tentang surat yasin, surat yasin mempunyai banyak manfaat dan keuatamaan di dalamnya. Surat yasin adalah surat ke 36 dan terdiri dari 83 ayat. Dan tergolong surat makiyah karena diturunkan di kota mekah. Surat yasin memiliki banyak kandungan yang sudah jelas seperti tentang pokok keimanan, bukti kekuasaan Allah SWT, tentang hari akhir, peringatan kematian, dan masih banyak lagi.

Umumnya surat yasin ini sering dibaca ketika malam jumat, dan ketika sedang acara tahlilan apabila ketika ada orang yang meninggal. Keutamaan dan manfaat yang ada pada surat yasin ini sangatlah banyak sekali, dan banyak yang beranggapan bahwa surat yasin ini sebagai jantung dari kitab Al-Quran. Apakah kalian sudah tau manfaat surat yasin? Alangkah baiknya kita membaca dan tau tentang keutamaan dan manfaat dari surat yasin ini. Yuk kita simak manfaat surat yasin.

Manfaat dan Keutamaan Mengamalkan Surat Yasin

manfaat surat yasin
manfaat surat yasin

Memperpanjang umur

Seiringlah untuk membaca surat yasin, karena surat yasin bisa memanjangkan umur anda, dan menghindarkan dari umur pendek. Maka kalian akan mendapatkan rahmat dan petunjuk dari Allah SWT. Dan juga dapat memanjangkan umur anda.

Menjadi semakin dekat dengan Allah SWT

Yasin adalah jantung dari al-quran, oleh karena itu sering lah untuk membaca dan mengamalkan surat yasin. Karena membuat anda semakin menjadi lebih dekat dengan Allah Swt. Dan ketika anda dekat dengan Allah Swt anda akan mengalami seperti memiliki rasa syukur yang melimpah baik dalam semua keadaan, tidak gampang menyerah, dan menyesal, selalu ikhlas, dan tanpa pamrih melakukan sesuatu, mampu meninggalkan hal yang bersifat duniawi, ingin berbuat kebaikan, Dan masih banyak lagi.

Menambah pengetahuan tentang agama

Dengan membaca dan mengamalkan surat yasin, anda akan memiliki kefahaman tentang ilmu agama. Dan ini sangat cocok bagi anda yang ingin belajar tentang ilmu agama. Di dalam surat yasin pastinya terdapat suatu kejadian-kejadian yang berhubungan dengan sabda nabi muhammad saw, dan hal-hal yang bersangkutan dengan ilmu agama.

Berada pada jalan yang benar

Manfaat dari surat yasin ini salah satunya dapat memberikan jalan atau petunjuk yang benar. Oleh sebab itu, rutinlah untuk mengamalkan membaca surat yasin. Dan dengan membaca ini anda tidak melenceng dari kehidupan yang anda jalani sekarang. Dan dengan membaca surat yasin dapat mencerdaskan spritual dan kondisi anda sekarang.

Menambah pahala

Ketika kita sedang membaca Al-Quran setiap 1 hurufnya kita mendapat pahala 10 pahala. Dan jika kita membaca 83 ayat dan pastinya banyak huruf yang sudah kita baca, tidak terbayangkan berapa banyak pahala yang kita peroleh dari membaca surat yasin ini. Dan anda juga akan mendapat berkah yang baik untuk kehidupan anda. Mari kita amalkan membaca surat yasin ini. Sempatkanlah dan longgarkanlah untuk membaca surat yasin, dan gunakan mengamalkan surat yasin ini sebagai amal andalan ibadah untuk mendapatkan lipatan pahala.

Dianggap mati syahid

Mati syahid adalah mati yang ada pada jalan Allah Swt. Mati syahid ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Mati syahid ini terbagi 3 macam yaitu mati ketika berperang, mati ketika melahirkan, dan membela agama Allah. Dan ketika anda membaca surat yasin ini sebanyak 10 kali dan mengamalkan surat ini setiap malam setelah sholat lail maka dia dikatakan mati syahid.

Mempermudah sakaratul maut

Ketika surat yasin dibacakan untuk orang yang akan meninggal, maka nyawanya tetap ada hingga datangnya malaikat ridwan untuk membawa ketenangan sampai sakaratul maut. Jadi surat yasin ini untuk mempermudah seseorang meninggal atau wafat dengan cepat, ikhlas, dan tidak mengalami masalah.

Diberikan kemudahan

Surat yasin memiliki banyak manfaat salah satunya adalah diberikan kemudahan dan kelancaran didalam segala urusanya. Jadi segala urusan dan cobaan anda bisa di lewati dengan mudah. Mari kita amalkan membaca surat yasin.

Mendoakan dan menghormati yang sudah meninggal

Surat yasin ini adalah surat yang biasanya dibacakan ketika acara tahlilan atau acara peringatan penghormatan kepada saudara-saudara yang sudah meninggal. Ketika dibacakan surat yasin, semoga pahala dan berkah bagi mereka yang di doakan. Dan untuk kita semoga terbebas dari siksa api neraka.

Menjadi pribadi yang baik

Terkadang diri ini terdapat sifat jelek atau kekurangan, oleh sebab itu seringlah untuk membaca surat yasin agar kita bisa menjadi diri yang lebih baik baik di mata Allah Swt, kerabat dan teman anda.

Kesejahteraan bagi yang mengamalkan membaca surat yasin

Setiap orang pastinya membutuhkan kesejahteraan di dalam hidupnya, apalagi dibidang spiritual. Kesejahteraan yang hakiki adalah kesejahteraan dalam hal lebih dekat dengan Allah Swt. Banyak ulama tokoh terdahulu yang menyebutkan bahwa dengan membaca surat yasin sebelum waktu maghrib maka Allah akan memberikan kesejahteraan, rahmat dan petunjuk bagi hambanya yang mengamalkan membaca surat yasin.

Segala hajat dikabulkan

Jika kita ingin hajatnya di kabulkan, maka seringlah untuk mengamalkan membaca surat yasin. Jangan ketika ada hajat saja membacanya. Dengan ketika anda sering mengamalkan, maka hajat anda bisa dikabulkan.

Menenangkan hati dari rasa cemas

Manfaat dari membaca surat yasin ini adalah salah satunya agar hati merasa tenang dan menghilangkan rasa was was serta mengusir rasa cemas dan takut terhadap sesuatu yang sekiranya mengganggu. Dan dapat menghilangkan rasa takut pada kekejaman penguasa yang dholim.

Berikut diatas adalah manfaat dan keutamaan surat yasin, mari kita sebagi umat islam sering mengamalkan membaca surat yasin. Terima kasih.