Masjid Termegah di Dunia
Masjid Termegah di Dunia

Masjid Termegah dan Terindah di Dunia

Posted on

Masjid Termegah di Dunia – Masjid merupakan tempat yang megah atau agung bagi umat muslim diseluruh dunia. Masjid adalah tempat untuk beribadah bagi umat muslim, dan yang tentunya astinay diagungkan oleh banyak orang. sebagai tempat yang suci dan juga diagungkan oleh banyak orang, masjid juga memiliki beberapa sejarah dan juga nilai keindahan masing-masin

Masjid dalam islam juga memiliki peran penting seperti, ada acara perayaan hari besar, ceramah, kajian, diskusi, dan belajar tentang alqur-an. Bahkan dalam sejarah agama islam, masjid juga turut berperan dalam aktifitas sosial samapi kemiliteran. Masjid memiliki arti tempat untuk beribadah, adapun akar dari dari masjid adalah sajadah yang mana sajadah ini berfungsi untuk sujud .

Nah, pada kesempatan kali ini kami dari tim jempoltangan.com akan memberitahukan anda tentang masjid termegah yang ada didunia. Yang mana masjid termegah didunia ini memiliki sejarah atau cerita tersendiri mengapa masjid tersebut didirikan. Dan kami akan memberitahukan beberapa masjid termegah di dunia. Dan berikut ini beberapa masjid termegah di dunia:

Masjid Al-Haram, Mekkah Arab Saudi

Masjid Al-Haram
Masjid Al-Haram

Masjid Termegah di dunia yang pertama adalah Masjid Al- Haram yang berada tepat di kota Makkah, Arab Saudi. Dan masjid dicatat memiliki luas hingga 4.008.020 meter sekitar 990,40 hektar dan masjid adalah masjid terbesar di dunia. Masjid bisa menampung hingga empat juta lebih jamaah selama musim haji yang masuk dalam rukun islam kelima.

Yang yang sangat luas ini bisa menampung hingga jutaan orang yang sedang ibadah haji ini memang sangat bersejarah. Karena didalam masjid ini ada ka`bah, ka`bah ini adalah kiblat sholat bagi seluruh orang islam atau umat muslim yang ada di dunia.dalam masjid selama 24 jam tidak pernah sepi, yang didalamnya ada orang yang sedang beribadah, baik tawaf ataupun sholat. Dan masjid ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan masjid masjid yang lain yaitu untuk orang islam laki laki dan perempuan tidak dipisahkan saat beribadah di Masjid Al-Haram.

Masjid Al-Nabawi, Madinah Arab Saudi

Masjid Al-Nabawi
Masjid Al-Nabawi

Masjid termegah di dunia yang kedua adalah Masjid Al-Nabawi, Madinah Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh nabi Muhammad SAW kedua setelah Masjidil Haram yang dimiliki umat islam dan masjid ini memiliki sejarah yang sangat penting bagi seluruh umat islam. Dan didalam ada komplek masjid yang mana didalamnya ada makan nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi penutupakhir zaman.

Setelah itu pada zaman pemerintahannya al-Walid I dan sekarang menggabungkan tempat peristirahan terakhirnya dari nabi Muhammad dan para pemimpin Muslim awal seperti Abu Bakar dan Umar bin Khatab. Masjid ini dijadikan sebagai pusat masyarakat, sekolah agama dan pengadilan. Ada sat plafon yang digunakan untuk membangkitkan orang orang yang diajarkan al-qur`an.

Masjid Al-Aqsa, Palestina

Masjid Al-Aqsa
Masjid Al-Aqsa

Masjid termegah di dunia yang ketiga adalah Masjid Al-Aqsa yang berada di Palestina. Setelah di Arab Saudi kita pindah ke Palestina dan lebih tepatya wilayah kota lama Yerusalem. Di kota ini ada masjid yang sangat megah setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi. Karena masjid ini bisa menampung hingga 5.000 orang lebih, dan masjid ini di yakini sebagai tempat terjadinya peristiwa Isra`Mi`Raj nabi Muhammad. Dan kejadian Isra`Mi`Raj ini perjalanan abi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsa dan dari Masjid Aqsa lalu ke Asratul Muntaha.

Tempat ini lebih dikenal dengan nama Temple Mount, tempat yang paling suci yang ada di Yerusalem, tempat yang pertama dan kedua yang berlaku pada umum yang memiliki berdiri. Di kisah lain nabi Muhammad ada juga yang enceritakan bahwa nabi Muhammad juga pernah memimpin doa di masjid ini selama tujuh belas bulan setelah emigrasi, ketika allah memrintahkanya untuk mengubah arah ka`bah.

Masjid Imam Reza, Iran

Masjid Imam Reza
Masjid Imam Reza

Masjid Temegah di dunia yang keempat adalah Masjid Imam Reza. Letak masjid ini berada di Iran dan masjid ini adalah masjid termegah di Iran, terletak di Mashhad. Mengapa dinamakan masjid Imam Reza? Karena di dalam masjid ini terdapat komplek yang didalamnya ada makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiah yang kedelapan. Dan masjid ini memiliki luas hingga 598.657 meter persegi dan rincian areanya 267,3079meter persegi dan juga memiliki tujuh halaman masing masing halam memiliki luas 331.578 meter persegi.

Dalam komplek masjid ini memiliki beberapa ruang yaitu Masjid Goharshad, empat seminari, perpustakaan, ruang doa yang luas,makam, sebuah ruang makan untuk peziarah, Universitas Ilmu Islam Razavi, museum,dan bangunan lainnya. Dengan megahnya masjid ini maka tidak heran jika kompleks masjid ini sering dijadikan pusat pariwisata di Iran.

Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisal
Masjid Faisal

Masjid termegah di dunia adalah Masjid Faisal yang berada di Pakistan. Masjid ini adalah masjid termegah di Pakistan jadi masjid ini sangat di pandang dan menjadi pusat perhatian bagi seluruh umat islam yang berada di Pakistan. Masjid ini teletak di Ibukota nasional islamabad dan masjid ini menjadi masjid terbesar di Asia Selatan. Pada tahun 1986 masjid ini sudah selesai dibangun, lalu masjid ini dinamai dengan nama almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz yang berasal dari Arab Saudi karena yang membiayai dan mendukung pembangunan masjid ini.

Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Masjid Badshahi
Masjid Badshahi

Masih di pakistan, Masjid termegah di dunia yang keenam adalah Masjid Badshahi dan masjid ini juga asjid termegah di Pakistan kedua. Masjid ini bisa menampung hingga 10.000 orang di dalam ruangan utama dan 10.000 orang dihalaman. Masjid Badshahi memiliki keindahan yang sangat cantik dan keagungan era Mughal dan maka dari itu Masjid Badshahi ini memiliki daya tarik wisatawan.

Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II
Masjid Hassan II

Masjid termegah di dunia yang ketujuh adalah Masjid Hassan II, masjid termegah da terinda di kawasan Timur Tengah dan Asia tidak hanya dikawasan itu saja namun hingga ke Afrika. Masjid ini terletak di Casablanca, dan masjid ini menjadi masjid termegah di Maroko. Pada tahun 1993 selesai dibangun oleh Bouygues dan perancangnya bernama Michel Pinseau. Masjid ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang pemandanganya mengarah ke Samudra Atlantik. Masjid ini memiliki menara setinggi 210 meter atau sekitar 689 kaki menjadikan menara ini menara tertinggi di dunia.

Demikian artikel dan juga informasi dari kai tentang Masjid Termegah dan Terindah di Dunia yang bisa kita pelajari di sehari-hari. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya untuk menambah wawasan anda. Semoga artikel dan informasi dari kami bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih!

Baca juga artikel tentang : Masjid Megah di Jawa Timur