Masakan Minang
Masakan Minang

Masakan Minang yang Perlu Kita Ketahui

Posted on

Masakan Minang yang Perlu Kita Ketahui Dan Bisa Kita Praktekkan

Masakan Minang- sumatra barat terkenal dengan suku minangnya dan cita rasa masakannya yang kaya dengan rempah-rempah dan bumbu. Masakan khas minang ini adalah masakan yang menjadi incaran oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti masakan rendang yang pernah menjadi masakan paling enak di dunia menurut CNN.

Produk kuliner sumatra barat ini merupakan salah satu yang dikenal luas di indonesia. Masakan minang ini diperkenalkan lewat perantau minangkabau. Selain masakan rendang , di masyarakat sumatera barat juga punya ragam makanan lain yang tidak kalah enaknya.

Masakan mimang memang paling disukai oleh banyak kalangan karena mempunyai rasa yang kuat dan pekat akan kaya bumbunya. Baik dari santan ,atau minyak goreng sawit. Sumatera barat dan padang sebagai ibukota provinsi yang menjadikan ikon tempat untuk masakan ini meskipun masakannya tidak berasal dari padang.

Jenis masakan mingang ada banyak sekali, pada umumnya rasanya pedas dan berminyak. Masakan yang paling populer di minang adalah rendang,gulai,dan sate padang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang artikel Masakan Minang. Masakan minang memang terkenal di dunia seperti yang di jelaskan di atas. Masakan mingan ini memang unik rasa dan khasnya hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Berikut ini beberapa masakan mingang yang enak perlu dicoba di rumah, yaitu sebagai berikut:

sala Lauak

sala Lauak
sala Lauak

Makanan yang satu ini berasal dari kabupaten pariaman ini sangat enak dimakan ketika masih hangat. Arti dari sala launak ini adalah launak adalah ikan dalam bahasa minang. Sala launak ini gorengan yang terbuat dari adoanan tepung beras, ikan asin, dan ditambah dengan bumbu-bumbu tertentu.

Bentuk dari ukuran sala lauak ini seperti bola pingpong, makanan sala launak ini menjadi santapan ringan yang sangat digemari di minang.  Keharuman ketika masakan ini digoreng dan ketika adonan ini diangkat dari penggorengan. Keharuman dari irisan daun kunyit yang ada di dalamnya makanan ini, mampu membuat tidak sabar untuk dimakan.

Orang padang kerap menjadikan makanan ini sebagai makanan pendamping seperti menyantap lontong atau ketupat sayur. Tidak sulit untuk menemukan jajanan yang berbentuk bulat ini, sala lauak biasa dijual di pasar, pinggir pantai, tempat wisata maupun pusat kuliner yang sudah tersedia di kota padang.

Lamang Tapai

Lamang Tapai
Lamang Tapai

Lamang tapaia ini sering disuguhkan dihari-hari istimewa seperti buka puasa, hari raya, acara lamaran, pesta pernikahan, makanan ini selalu dinanti-nanti banyak orang sebagai makanan penutup. Lamang tapai ini yang berbahan baku utama beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa muda dan dimasukkan kedalan bambu. Dan sedangkan tapai adalah tape beras ketan itam yang dibuat dengan cara di fermentasi dengan ragi.

Kalau menitipi lamang tapai tidak lengkap kalau jika tidak dilengkapi dengan tapai, kedua bahan tersebut saling melengkapi satu sama lain, antara asan dan manis. Makanan ini bisa di beli dipasr-pasar lokal yang ada di kota padang.

Ada dua ca untuk mengonsumsi lamang tapai ini . pertama , keduannya diaduk menjadi satu seperti makan kolak. Yang kedua, mencocolkan lemang yang sudah diiris dengan tipis-tipis pada ketan hitam. Perpaduan dari air ketan dan gurih dari lamang ini memiliki sensasi tersendiri.

Lamang ini lebih menonjolkan rasa gurih dan sedangkan tapai ketan lebih menonjolkan rasa asam. Harga per porsi lamang tapai ini  sekitar Rp. 20.00 sampai Rp. 30.000.

Pensi

Pensi
Pensi

Masakan minang yang satu ini cukup unik. Masakan dari sejenis kerang yang hidup di danau maninjau. Dan diolah oleh masyarakat minang sedemikian rupa untuk dijadikan masakan ringan yang enak di lidah. Rasa dari masakan ini antara manis dan asin, karena kerang yang diolah inji cangkangnya pipih, ditumis dan dicampur dengan daun bawang, lengkuans, jahe,gula,garan dan seledri. Olahan pensi ini dijual dalam bentuk bungkusan plastik dan harganya pun terjangkau. Masakan ini dijual di pasar-pasar tradisional.

Dadiah

Dadiah
Dadiah

Biasanya yoghurt terbuat dari susu sapi yang sudah difermentasi, lain lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan ini berasal dari susu kerbau yang difermentasikan yang diletakkan dalam sebuah bambu. Bagi masyarakat minang sendiri, makanan khas ini dihidangkan dengan cara mencampur dadiah ini dengan emping beras ketan yang disiram dengan dantan dan gula merah.

Sejak zaman dahulu , makanan dadiah ini menjadi hidangan favorit sebagai pengganti lauk pauk, dan jika anda sedang berlibur ke bukit tinggi anda bisa mencari makanan ini dipasar terdekat. Rasa dari makanan dadiah ini yang manis yang sangat cocok untuk hidangan penutup setelah makan siang.

Makanan yang mirip dengan bubur sumsum, tapi kalau rasa mungkin berbeda dan cara membuatnya berbeda. Dalam pembuatan dadiah ini, masukkan susu kerbau kedalam bambun yang berukuran 15-30 cm. Selama masa fermentasi susu kerbau ini di diamkan selama dua hari dua malam di dalam tabung bambu.

Konon dadiah ini dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol, membantu kerja jantung agar lebih sehat, bisa menambah stamina dan daya tahan tubuh agar lebih sehat.

Dendeng Balado

Dendeng Balado
Dendeng Balado

Dendeng adalah irisan daging sapi yang kering yang sering digunakan sebagai bahan utama dalan masakan minang.  Awalnya dendeng balado ini ditemukan oleh orang minangkabau dan membuat masakan kering sehingga dapat dimakan selama berhari-hari dan bisa dibawa kemana mana, masakan ini bisa awet dan tidak mudah basi.

Diatas tadi merupakan beberapa jenis masakan mingang yang sering dijumpai di kota-kota. Demikian artikel tentang masakan mingang, semoga artikel kami bisa bermanfaat dan bisa juga menambah ilmu per masakan anda, dan terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel dari kami sampai akhir dan sampai jumpa dengan artikel yang lainnya….