10 Masakan Khas Makassar Yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

10 Masakan Khas Makassar Yang Wajib Kalian Ketahui

Pada kali ini kami membahas tentang masakan khas makassar, masakan ini sangat terkenal di daerah makassar. Pada umumnya masakan makasar ini sangat enak-enak dan ingin selalu dimakan. Ada berbagai macam masakan tentang masakan khas makassar.

  1. Coto Makassar

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Makanan khas makassar yang kaya dengan rempah-rempah ini benar-benar sangat populer di semua nusantara dan bahkan di mancanegara. Bagi orang yang datang ke makasar tentu pernah merasakan masakan coto makasar ini. Dalam proses untuk membuat coto makasar ini membutuhkan daging sapi dan jeroan direbus hingga matang menyeluruh.

Agar lebih nikmat, coto makasar ini di makan dengan ketupat. Namun di beberapa tempat menyediakan nasi sebagai tambahan makanan.

  1. Sop Saudara

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Sop saudara adalah masakan khas dari sulawesi selatan (makasar) yang berupa hidangan kuah dengan daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti jeroan sapi, perkedel kentang. Sop saudara ini biasanya di konsumsi dengan nasi putih dan ikan bandeng bakar.

Sop saudara ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan dagingnya yang bisa membuat ingin nambah terus. Sop saudara ini terdengar asing di telinga banyak orang, bagi mereka yang tidak berasal dari sulawesi selatan.

  1. Gogoso

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Gogoso merupakan makanan yang sangat di gemari di sulawesi selatan saat lebaran, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dibakar dalam bungkusan dau pisang klutuk. Pada umumnya makanan ini dihidangkan dengan telur asin, makanan ini khas orang bugis makasar.

Gogoso dapat ditemukan di daerah pantai losari atau di pinggir-pinggir jalanan kota makasar. Makanan gogoso ini bentuknya silinder panjang, dengan isi beras ketan yang dipanggang diatas bara api . makanan gogoso ini mirip dengan makanan yang ada dijawa yaitu lemper.

  1. Bebek Pelekko

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Setiap daerah mungkin memiliki makanan khas sendiri, untuk daerah sulawesi selatan yang mempunyai masakan khas yaitu bebek palekko yang sangat digemari oleh orang-orang di daerah tersebut. Belum lagi sensasi dari itiknya yang memiliki rasa yang sangat gurih dan berbeda dengan daging ayam.Masakan bebek palekko ini menjadi salah satu menu paling favorit saat lebaran idul fitri.

Masakan ini menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat disekitar kita dan juga proses pembuatan yang sangat praktis. Untuk membuat masakan bebek palekko ini harus menggunakan bebek yang masih muda, kalau bebek yang tua dagingnya cenderung keras. Masakan ini harus menggunakan air asam jawa, karena air asam ini sangat penting agar menghilangkan bau amis pada bebek ini. Setelah bau amisnya hilang langsung saja anda bisa mengolah bebek palekko ini.

  1. Konro

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Konro adalah masakan yang khas dari makasar yang memiliki bahan dasar iga sapi atau daging sapi. Iga sapi ini direbus dengan rempah-rempah seperti kayu manis, air asam jawa dan bahan yang lain-lain. Kuliner di makasr ini memeng memiliki ciri khas dan rasanya enak dan lezat.

Jika kita berwisata di makasar pasti akan mencari wisata kuliner masakan. Wisata kuliner di makasar semakin hari semakin ramai karena lonjakan kunjungan wisata, karena di makasar ini sering menjadi agenda pertemuan , seperti rapat politik dan lain-lain.

Masakan ini warna kuahnya gelapo karena berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Konro aslinya dimasak dengan kuah sup yang kaya dengan rempah-rempah.

  1. Barongko

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Barongko adalah makanan penutup yang khas di daerah makasar dan daerah bugis yang berbentuk seperti kue pisang yang sangat lembut. Dahulu barongko disajikan bagi para raja bugis sebagai hidangan penutup, makanan ini sering disajikan di pernikahan , syukuran dan sunatan.

untuk membuat baroko ini harus dikerjakan oleh tangan-tangan trampil atau orang –orang yang berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang sangat khas dari baroko ini.

  1. Pisang Epe

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Pisang epe ini adalah makanan yang terbuat dari pisang, pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang belum matang atau yang masih mengkal. Setelah dikupas pisangnya itu di bakar dengan bara api, pisang yang sudah dibakar kemudian ditekan dengan menggunakan alat yang khusus dan terbuat dari kayu.Dan pisang ini akan terbentuk pipih atau gepeng, pisang epe ini biasanya disajikan dengan gula merah cair.

Dan sekarang pisang epe ini bisa disajikan dengan kombinasi rasa keju, coklat atau durian. Membuat pisang epe ini sangat hampir mirip dengan pisang bakar atau roti bakar. Citarasa dari pisang epe ini akan lebih nikmat apabila dibakar dengan menggunakan arang, baranya dan dikipasi dengan menggunakan kipas tangan bukab kipas listrik.

  1. Cucuru

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Kue tradisional ini dikenal dengan nama cucuru tekne yang bahannya terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kue ini memiliki rasa yang sangat khas yaitu rasa manis dari gula merah, renyah serta enak. Kue ini memilikim bentuk yang sedikit lonjongdan serta sedikit mengkrucut diujungnya menjadikan kue ini lebih unik.

Kue cucuru ini kalau di jawa menjadi cemilan yang lebih dikenal dengan nama kue cucur. Semua kue tradisional dalam jamuan perkawinan bugis makasar merupakan simbol dan harapan bagi kedua mempelai. Mitosnya kalau anak gadis mencicipi kue tradisional oini di acara perkawinan maka jodohnya sebentar akan tiba.

  1. Buroncong

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Kue baroncong ini mirip dengan kue pukis yang sering kita jumpai di pinggir jalan yang berbentuk setengah lingkaran. Tapi adonan kue baroncong ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, parutan kelapa dan serta penambah rasa. Kue baroncong ini sudah jadi pilihan makanan ringan di makasar sejak dahulu, harga dari kue ini sebiji cuman Rp 1.000.

Sekarang kue baroncong terdapat berbagai rasa alternatif, dengan menambahkan keju, coklat dan susu sebagai pengganti gula pasir.

  1. Jalangkote

Masakan Khas Makassar
Masakan Khas Makassar

Jalangkote adalah makanan yang khas dari makasar yang mirip dengan kue pastel, dari seginya memeng tampak sangat mirip. Tapi kalau sudah masuk kemulut perbedaannya sangat berbeda, perbedaan ini terdapat dari kulitnya kalau kulit jalangkote lebih tipis dan kulit pastel berukurang lebih tebak dari jalangkote.

Makanan jalangkote ini sangat terkenal di makassar, jalangkote ini terbuat dari adonan tepung terigu dan mentega yang berisikan potongan kotak-kotak wortel, kentand, telur, mie,bihun dan tauge (kecambah). Sebagian orang tak jarang menambahkan  daging sapi atau daging ayan kedalam jalangkote tersebut.

Itulah beberapa masakan khas makassar yang bisa anda coba kalau berkunjung di kota makassar. Demikian artikel yang kami buat untuk anda, semoga bermanfaat dan terima kasih.