surat al-waqiah

Manfaat Surat Al-Waqiah yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Manfaat Surat Al-Waqiah yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat Surat Al-Waqiah – Alqur-an merupakan kitab suci yang mana dalam alqur-an ini terdapat kalam Allah. kesucian alqur-an ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi dan akan menjadi kitab yang otentik dan tidak akan pernah diubah dari berbagai pihak. Sejak pertama kali diturunkan pada Nabi Muhammad SAW sampai sekarang, bahkan sampai akhir kehidupan dunia ini.

Karena, alqur-an ini merupakan kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT pada Nabi Muhammad SAW. Dan ketika Allah menurunkan alqur-an ini tidak secara langsung seperti alqur-an sekarang, namun secara bertahap melalui malaikat Jibril. Membaca alqur-an atau dalam arti lainnya adalah mengaji.

Mengaji merupakan kewajiban bagi umat muslim seperti dijelaskan dalam HR. Ibnu Abdi Barri. Karena, yang ada dalam alqur- an ini adalah petunjuk untuk mereka supaya berjalan dan juga memilih kehidupan yang lurus dan sesuai dengan larangan atau perintah Allah SWT yang ada dalam alqur-an.

Hal ini dilakukan karena untuk memepertebal atau menguatkan keimanan mereka. Mengapa harus dengan cara mengaji? Apakah manfaatnya?

Manfaat Membaca Alqur-an

manfaat alqur-an
manfaat alqur-an

Membaca alqur-an ini memiliki manfaat yang sangat tidak kita duga ketika kita membaca alqur-an. Walaupun, alqur-an ini ditulis dengan bahasa arab yang mana bahasa arab ini tidak semua mengerti akan bahasa arab. Karena, dengan membacanya saja tanpa mengetahui artinya, anda tetap akan mendapatkan pahala apalagi bagi anda yang sudah tau artinya.

Alqur-an ini merupakan salah satu bacaan yang bisa mengubah atau membuat perubahan terhadap kehidupan umat manusia tanpa harus mengerti apa artinya. Sangat wow kan, manfaat ketika membaca alqur-an. Adapun manfaat membaca alqur-an adalah, sebagai berikut:

Mendapatkan Ketenangan

Ada sebuah penelitain ang mengatakan bahwa manfaat membaca alqur-an akan memeberikan ketenangan bagi orang yang membaca alqur-an. Dan juga menurut konferensi menjelaskan bagi para pendengar 97 % ini juga bisa mendapatkan kehidupan yang tenang sampai 97 % juga. Jadi, untuk anda yang sering merasa galau, gegana, dan juga gundah anda tidak usah sungakn anda langsung buka alqur-an dan bacalah.

Karena, dengan anda membaca akan memberikan efek kepada anda yang lagi galau dan juga akan membuat masalah yang anda alami bisa hilang dengan cara perlahan-lahan.

Mengobati Penyakit

Pendapat para ahli ketika penelitain menunjukkan bahwa setiap atom yang ada dalam tubuh manusia ini ikut bergetar dan juga ikut mendengar atau melantunkan kalam allah yang ada dalam alqur-an. Dan juga getaran atom yang ada dalam tubuh ini akan berbeda  dana kan bergetar sesuai dengan frekuensi getaran yang masuk dalam atom tersebut.

Jadi, sekecil apapun perubahan getaran dalam atom ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan anda. Dengan membaca alqur-an ini juga bisa menstabilkan frekuensi getaran atom yang asalnya tidak beraturan menjadi beraturan dan normal seperti semula. Hal ini yang pastinya akan berpengaruh pada kesehatan anda yang mana membuat tubuh anda menjadi sehat kembali. Dan hal ini juga pernah dijelaskan oleh Nabi pada hadistnya, “hendaknya kamu supaya menggunakan obat-obatan, madu dan juga alqur-an.”(HR. Ibnu Mas’ud dan Ibnu Majjah)

Mencerdaskan Otak

Sebuah penelitain mengatakan bahwa dengan membaca alqur-an secara rutin ini setiap magrib dan juga sehabis sholat subuh bisa meningkatkan tingkat kecerdasan anda sampai 80 %. Hal ini juga terkait dengan pergantian waktu antara siang dan malam dari gelap dan terang. Pada waktu tersebut sangat tepat untuk anda yang membaca alquran, karena waktu tersebut sangat kursial untuk kecerdasan otak anda.

Sedangkan, ketika anda membaca alqur-an diwaktu itu, ada memiliki 3 aktifitas yang anda lakukan, yaitu membaca, mendengar, dan juga menghayati alqur-an. Jadi, anda menjadi pintar ini bukan karena, belajar saja, namun bisa juga karena anda sering membaca alqur-an pada waktu tersebut. Dan denga membaca alqur-an ini bisa mengimbangi dan juga memaksimalkan tingkat kepandaiannya.

Menghidari Perbuatan Buruk

Bagi anda yang umat islam, supaya senantiasa membaca alqur-an dan supaya selalu ingat denga Allah SWT. Karena, dengan membaca alqur-an ini membuat kita menjadi takut kepada Allah SWT sehingga secara tidak langsung manusia atau umat muslim akan menjauhi pada perbuatan yang buruk.

Karena, umat muslim ketika akan melakukan perbuatan dosa pasti dia akan merasa bersalah dan disaat itulah hidupnya tidak akan tenang. Oleh karena itu, hidup anda akan merasa menjadi lebih baik.

Menambah Ilmu dan Wawasan

Alqur-an ini sebagai sesuatu yang bisa menenangkan jiwa dan juga akal anda. Namun, dalam alqur-an ini terdapat ilmu yang sangat luas dan ilmu dalam alqur-an ini sudah terbukti menyeluruh dan bukan hanya teori saja tapi juga sudah terbukti kebenarannya. Di dalam alquran juga banyak menhjelaskan tentang fenomena alam, kesehatan, sosial, dan juga masalah keluarga.

Maka dari itu, jika kalain terus membaca alqur-an dan juga artinya, maka kalian akan mendapatkan ilmu dan juga akan menambah wawasan kalian.

Alqur-an Memberikan Petunjuk

Secara tidak sengaja atau tidak langsung alqur-an memberikan kita petunjuk dari Allah SWT, terutama untuk anda yang sedang kesusahan atau sedang putus asa. Hal tersebut disebabkan karean alqur-an ini terkandung ayat yang mana ayat ini membuat kita bisa terhindar dari perbuatan maksiat dan juga kita bisa selalu ingat pada Allah SWT.

Mendapatkan Pertolongan Dihari Kiamat

Untuk anda yang senag membaca alqur-an bersyukurlah, karena sesuai dengan perintah rasul bahwa orang yang selalu membaca alqur-an mereka akan mendapatkan pertolongan didunia dan juga besok dihari kiamat merek akan diberi syafaat. Untuk anda yang belum rajin membaca alqur-an jangan sungkan-sungkan untuk membaca alqur-an.

Nah, itu semua adalah manfaat dari membaca alqur-an yang mungkin belum kalian ketahui dengan jelas. Pada kesempatan kali ini kami dari tim jempol akan membahas tentang manfaat surat al-waqiah. Yang mana, surat al-waqiah ini adalah merupakan surat yang biasa dikenal untuk membuat kaya atau memberi riski yang banyak.

Manfaat Membaca Surat Al-Waqiah

manfaat surat al-waqiah
manfaat surat al-waqiah

Kalo kita membahas tentang manfaat surat alqur-an, semua surat yang ada dialqur-an ini memiliki manfaat sendiri-sendiri. Surat al-waqiah ini termasuk salah atu surat alqur-an, yang do’anya ini mustajab. Dan kemustajaban surat al-waqiah ini sudah dibuktikan oleh banyak orang. Namun apak benar?

Surat al-waqiah ini berada di juz 27 dan urutan surat nomer 59. Surat ini terdapat 96 ayat, ayat ini dinamakan al-waqiah karena sesuai dengan ayatnya, yang mana arti dari ayatnya adalah hari kiamat. Adapun isi dalam surat ini menjelaskan tentang bagaimana terjadinya hari kiamat dan juga balasan untuk orang iman dan juga orang kafir.

Selain itu juga, dalam surat al-waqiah ini juga dijelaskan atau diceritakan tentang bagaimana penciptaan manusia, tumbuh-tumbuhan, dan juga api untuk menerangkan adanya kekuasaan Allah dan juga kebangkitan. Karena, hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

  1. Barang siapa yang membaca surat ini disetiap malam harinya, maka dia akan jauh dari kekafirannya dan juga kemiskinan selamanya. (hal ini diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas’ud Ra)
  2. Barang siapia yang membaca surat ini pada setaip harinya, maka dia tidak akan ditimpakan kekafiran.
  3. Ajarkanlah pada orang-orang surat al-waqiah ini, karena surat al-waqiah ini adalah surat kekayaan.

Manfaat surat al-waqiah ini merupakan surat kekayaan maka ajarkan surat ini pada anak dan juga istrimu. Dalam surat Al-waqiah ini memiliki beberapa manfaat yang sangat banyak diantara yaitu, manfaat surat Al-waqiah merupakan amalan terbaik bagi wanita dan juga gadis sebagai alat pelindung diri segala perbuatan kemudaratan didunian dan juga terhindar dari kemiskinan.

Hal ini sesuai dengan hadist yang mana saat itu Nabi sedang berbicara pada Abdullah yang mana Abdullah sedang sakit tenat. Lalu, nabi berkata, “ini untuk  anak perempuanmu ketika kamu sudah meninggalkan mereka”. Kemudian Abdullah bertanya kepada Nabi, “Nabi, apakah ketika aku meninggal anak-anakku akan menjadi miskin Nabi?”. Lalu Nabi menjawab: “sesungguhnya kamu membacalah surat al-waqiah ini pada setiap malammu, karena barang siapa yang membaca surat ini pada malam hari maka daikan terhindar dari kemiskinan selamanya”.

  1. Bagi siapa yang membaca surat al-waqiah ini sebagai wirid, maka Allah akan menjaukan dari kesusahan dan akan memberikan kemudahan dan juga kesenangan selama-lamanya.
  2. Barang siapa yang membiasakan dirinya untuk membaca surat Al-waqiah ini maka Allah akan menghindarkan dirinya dari kemiskinan. Surat al-waqiah ini juga memiliki manfaat etikan dibacakan pada disampingnya mayit atau orang yang sedang sakaratul maut, maka Allah akan membantunya untuk mengeluarkan ruh yang ada dalam tubuh tersebut dengan cepat.
  3. Dan jika dibacakan pada orang yang sedang sakit, maka orang yang sakit tersebut akan diberikan kesembuhan, dan juga jika dibacakan pada ibu-ibu yang sedang menjalankan persalina oleh Allah SWT akan diberikan kemudahan. Dan juga barang siapa yang membaca surat al-waqiah ini selama 40 hari 40 malam, maka Allah akan memberikan rezeki yang yang mengalir seperti air yang mengalir.
  4. Barang siapa yang berusaha membaca surat al-waqiah ini setiap malam, maka Allah SWT akan dihindarkan dari kemiskinan. Dan juga bagi orang-orang yang membaca surat al-waqiah ini sebanyak 14 kali setelah mengerjakan sholat isya’ maka akan mereka diberikan kekayaan yang melimpah.
  5. Membacalah surat al-waqiah jika kalian sedang menemani orang yang sedang mengalami sakaratul maut karena akan memudahkan ruh keluar dari tubuh sehingga orang tersebut tidak akan merasakan sakaratul maut lebih lama. Dan jika terdapat masalah pada proses bersalin atau melahirkan jug bacalah surat al-waqiah sehingga proses bersalin akan dipermudah dan memberikan keselamatan bagi anak dan ibunya.
  6. Untuk orang yang membaca surat al-waqiah sebanyak 3 kali ketika selesai sholat subuh dan membaca 3 kali setelah sholat isya maka, allah akan memberikan rezekinya yang melimpah dan menjadikan anda kaya namun tetap dermawan.
  7. Menurut beberapa ulama yang mengatakan bahwa, barang siapa saja yang membaca surat al-waqiah sebanyak 40 kali dalam jangka waktu 40 hari maka allah swt akan memberi rezeki yang terus mengalir tanpa adanya kesukaran dan rezeki yang didapatkannya akan menjadi berkah bagi orang tersebut dan orang disekitarnya juga.

Demikian artikel dan juga informasi dari kami tentang manfaat surat Al-waqiah, bagi kalian yang sudah sering membaca surat al-waqiah, lanjutkan, karena kalian akan merasakan manfaat surat al-waqiah. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan dan peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya tentang manfaat surat al-waqiah atau surat alqur-an lainnya di jempoltangan.com untuk menambah wawasan anda. Sekian dan terima kasih!