manfaat sholaat dhuha
manfaat sholaat dhuha

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan

Manfaat sholat dhuha – Manfaat sholat dhuha itu memiliki beberapa kemanfaatan dan juga kebaikan bagi diri kita sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan termasuk salah satu sholat sunnah yang dilakukan ketika matahari baru terbit (sekitar jam 08.00) sampai mau menjelang dhuhur.

Sholat dhuha sendiri memang mempunyai banyak rakaat adapun rakaatnya adalah 12 rakat namun, tidak dikerjakan secara langsung tapi, dikerjakan dengan cara 2 rakaat secara berangsur. Anda pun bisa menyingkatnya menjadi 2, 4, 6, dan selanjutnya asalkan dengan hitungan genap. Sholat dhuha sendiri juga bermanfaat bagi anda sendiri baik bagi kesehatan dan juga rohani.

Namun, tidak hanya itu saja manfaat dari sholat dhuha juga bisa membukakan pintu rezeki. Adapun manfaat lainnya dari sholat dhuha adalah, sebagai berikut:

Manfaat untuk kesehatan

Kenapa sholat dhuha menjadi manfaat untuk kesehatan? Adapun manfaat lain dari kesehatan adalah, sebagai berikut:

  • Sebagai Olahraga Tanpa Anda Sadari

Penjelasannya dari sholat dhuha sebagai kesehatan adalah ketika anda melakukannya dipagi hari yaitu jam 08.00 sampai menjelang dhuhur karena, dijam tersebut bagus-bagusnya untuk olahraga. Oleh karena itu, sholat dhuha sama saja anda melakukan olahraga dipagi hari karean dengan olahraga pagi akan menjaga kesehatan tulang anda.

  • Melancarkan Peredaran Darah
kesehatan
kesehatan

Selain itu sholat dhuha bisa membantu memperlancar peredaran darah anda lancar,karena dengan sholat semua anggota tubuh bergerak sempurna. Dimulai dari mengangkat kedua tangan sampai menggerakkan kaki, gerakan dari semua itu membuat peredaran darah anda berjalan dengan lancar. Lebih baik lagi jika anda lakukan diwaktu pagi hari.

Gerakan dari sholat dhuha pun dapat mencegah pengeroposan pada tulang anda khusunya untuk umur tujuh puluhan sampi umu yang senja. Untuk anda yang umurnya sudah senja adapun langkahnya adalah sering mengkonsumsi kalsium dan fosfor kemudian dibantu dengan gerakan sholat dhuha.

  • Menormalkan Produksi Hormon

Selain melancarkan peredaran darah sholat dhuha pun bisa menormalkan produksi hormon yang ada dalam tubuh anda. Kesimpulannya dengan anda mengerjakan sholat dhuha anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat penting yaitu anda mendapat manfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan anda, baik bagian tubuh, organ tubuh, dan juga cairan-cairan yang ada ditubuh.

  • Obat Untuk Jantung Dan Ginjal

Selain untuk kesegaran manfaat sholat dhuha ketika mau menjelang dhuhur, karena  di waktu tersebut keadaan bumi secara angsur menjadi panas apalagi diwaktu itu juga ada kekuatan seperti sejenis api yang keluar. Dengan begitu akan mengurangi adanya dampak penyakit dan ginjal dan bisa mempengaruhi keadaan hati dan sistem pencernaan anda.

Manfaat untuk rohani

  • Terhindar Dari Keburukan
jauh dari keburukan
jauh dari keburukan

Dengan kita mengerjakan sholat dhuha dipagi hari, bisa membuat anda dapat terhindar dari keburukan. Karean, adanya interaksi atau hubungan antara manusia dengan tuhanmu dan memberikan kepercayaan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan ini diawasi oleh- nya. Kesimpulannya ketika anda mau mengerjakan kegiatan yang menimbulkan dosa anda berfikir ulang kembali.

  • Menentramkan Jiwa Atau Membuat Jiwa Anda Menjadi Tenang

Selain bermanfaat untuk kesehatan sholat dhuahjuga dapat memberiakn reaksi pada kehidupan kita. Sholat dhuha juga memberikan reaksi pada rohani kita yaitu dengan cara ada ketentraman dalam hari anda. Apalagi rezeki sudah dibukakan untuk anda maka, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan rezeki tersebut.

Dengan anda melaksanakan sholat dhuha juga adalah untuk meraih ketenangan hati bagi anda. Bagi psikologis, untuk orang yang melailaikan pada sholat maka orang itu lebih mengalami ketidakketenangan.

  • Menghilangkan Stress

Selain itu, shoalt dhuha bisa menghilangkan stress. Dimulai dari anda mengambil air wudhu itu sudah membuat ketenangan dihati apalagi anda tambah dengan sholat pastinya akan jauh lebih tenang. Menurut pendapat orang yang sudah melakukan sholat dhuha akan menjadikan keadaan anada lebih tenang dan juga dibukakan pintu rezeki.

Manfaat sholat dhuha untuk kecantikan

wajah berseri
wajah berseri

Kecantikan adalah dambaan oleh semua orang khususnya bagi seorang wanita. Maka dari itu, selain anda melakukan kecantikan juga disela-sela dengan anda mengerjakan sholat dhuha dan khususnya sholat 5 waktu dan sholat wajib lainnya.

  • Wajah Menjadi Lebih Terang

Dengan kita sering mengerjakan sholat dhuha sangat memberi efek pada kecantikan karena, dengan kalian wudhu bisa menjadikan wajah menjadi lebih terang dan bersih. Dengan kalian membersihkan muka atau membasuh muka anda bisa membuat wajah anda menjadi lebih kencang. Selain itu juga bisa membuat wajah menjadi terpancar alami.

Dengan kalian sering melakukan wudhu dan sholat sunnah atau wajib lainnya akan terlihat lebih cerah dan berseri. Hal ini pun  juga sudah dibuktikan oleh banyak orang.

  • Bikin Awet Muda

Selain untuk kecantikan diatas dengan anda sering melakukan wudhu itu juga bisa membuat wajah menjadi lebih muda. Karena, wudhu itu mengusap wajah secara tepat yang membuat wajah menjadi kencang dan terjaga kesegaran. Dengan begitu, wajah tidak akan mudah kendor dan terlihat kencang.

Dan manfaat lainnya adalah, sebagai berikut:

  • Ada Keajaiban Di Hari Anda

Dengan anda melakukan sholaat dhuha dengan khusu’ dan ikhlas ini juga akan menimbulkan hal-hal yang menguntungkan tanpa anda sadari. Karena, Allah telah menyebutkan pada firman-Nya, barang saipa yang menunjang pada agama-Nya maka Allah akan menopang hamba tersebut.

Kesimpulan dari ayat tersebut adalah untuk hambanya yang mau mendahulukan atau menolong agama-Nya maka, allah juga akan menolong pada urusan hamba tersebut.

  • Termasuk Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Waktu yang paling disukai adalah ketika subuh sampai menjelang matahari terbit, maka disaat itulah sempatkanlah mengerjakan sholat dhuha. Karean, disaat itulah malaikat turun untuk menyaksikan hamba-Nya Allah. Sebagaimana dijelaskan disurat al isra’:78 sholatlah kalian pada sudah  tergelincirnya matahari sampai gelapnya malam, dan laksanakanlah sholat subuh karena, disaksikan oleh malaikat.

Bahkan disaat itulah kamu memohonlah dan berdoalah, maka malaikat akan mendengarkan dan akan menolong agar di kabulkan oleh Allah.

  • Menambah Semangat

Manfaat sholat dhuha lainnya adalah anda bangun pagi, lau ambil wudhu dan kerjakan sholat subuh tapi, setelah sholat subuh jangan malah dilanjutkan tidur. Tapi, lanjutkan dengan hal-hal yang bermanfaat. Karean akan membuat diri anda menjadi semangat dan diajuhkan dari rasa ngantuk dan malas.

  • Menang Jihad Melawan Musuh

Untuk yang satu ini sangat sulit karena, biasanya orang diwaktu pagi hari sudah terdesak oleh hawa nafsunya. Dan juga sudah lalai akan sesuatu yang telah diberikan tapi, bagi orang yang bisa melaksanakan sholat dhuha ini berarti dia sudah melawan musuh terbesarnya. Adapun musuh terbesar adalah hawa nafsu.

Hawa nafsu ini juga termasuk musuh terbesar manusia karena, hawa nafsu adalah musuh yang tidak terlihat oleh manusia tapi, hanya bisa dirasakan.

Demikian artikel dan informasi dari kami berikan tentang manfaat sholat dhuha. Bersyukurlah bagi anda yang sudah melakukan sholat dhuha ini. Jangan lupa kunjungi website kami di jempoltangan.com dan baca artikel lainnya tentang agama. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih!