senam hamil
senam hamil

Ingin Melahirkan Secara Normal? Mari Simak Makalah Manfaat Senam Hamil

Posted on

Makalah Manfaat Senam Hamil – Kali ini saya akan membahas yang mungkin sedang dicari-cari oleh seorang perempuan yang sedang mengandung ataupun dalam keadaan hamil, yah betul sekali saya akan membahas tentang Manfaat Senam Hamil bagi sahabat jempoltangan.com semua, disini Senam Hamil merupakan latihan dari fisik yang merupakan beberapa bahkan banyak gerakan yang tertentu, yang juga dilakukan nya khusus guna meningkatkannya daya tahan tubuh atau kekebalan pada tubuh ibu yang sedang hamil.

Senam Hamil merupakan adanya terapi latihan dengan gerakan yang diberikan khusus untuk ibu hamil guna mempersiapkan dirinya menghadapi masa persalinan, bukan hanya persiapan fisik, mental, dan juga materi yang sangatlah penting. Senam Hamil juga merupakan sebuah progam yang berupa latihan pada fisik yang dianggap sangatlah penting bagi calon ibu guna mempersiapkan saat persalinan nanti.

Dan juga dapat disimpulkan bahwasannya Senam Hamil bisa dibilang latihan fisik yang ringan dan juga sesuai dengan indikasi pada kehamilan yang tujuannya untuk persuapan saat persalinan dan relaksinya.

Tujuan Melakukan Senam Hamil

  • Tujuan yang umum dari melakukan gerakan Senam Hamil ialah dengan melaluinya latihan senam hamil secara teratur agar bisa menjaga kondisi otot-otot dan juga persendian yang berperan penting dalam persalinan, yang dapat memperkuat pada persendian dan juga kesehatan fisik , psikis, serta kepercayaan yang ada didalam diri sendiri juga dapat menjadi penolong saat proses berjalannya persalinan.
  • Tujuan secara khusus dari Senam Hamil merupakan guna memperkuat dan juga mempertahankan elastisitas pada otot-otot yang berada di dinding perut, otot-otot pada dasar pinggul, dapat melenturkan persendian-persendian yang berhasil terhubung dengan adanya proses persalinan, membentuk sikap tubuh yang bersifat prima lalu dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan yang di keluhkan. Megurangi sesak napas, dan bisa mengatur diri pada ketenangan.
  • Dapat menguatkan pada otot -otot tungkai, mengingat tungkai akan berperan menopang berat tubuh Ibu Hamil yang semakin lama makin berat seiring dengan berjalan waktu dan juga bertambahnya usia kehamilan.
  • Bisa mencegahnya penyakit varises, yakni pelebaran pada pembuluh darah balik atau sering disebut dengan vena dengan secara segmental yang tidak jarang terjadi pada semua ibu yang sedang hamil.
  • Dapat memperpanjang pernafasan, karena seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambah besarnya pada janin maka dari itu dia akan mendesak pada isi perut menuju ke arah dada. Adapun hal ini akan dapat membuat anggota rongga pada dada menjadi lebih sempit dan jikalau nafas ibu hamil tidak bisa optimal dalam mengatur pernafasan dan lain-lainnya. Dengan adanya senam hamil maka dari itu ibu hamil akan bisa lebih sehat degan adanya melakukan latihan nafas atau senam hamil, berlatihnya agar supaya nafas pada ibu hamil bisa lebih panjang dan juga bisa tetap relaks.
  • Dan dengan latihan pada pernafasan khususnya yang biasanya disebut dengan panting quick breathing dan juga terutama dilakukannya setiap kali disaat perut terasa kencang atau kaku.
  • Dan bisa juga dengan melakukan latihan mengejan, talihat mengejan ini khususnya guna menghadapinya proses persalinan nanti, supaya mengejannya dapat dilakukan dengan cara yang benar, dan sehingga calon bayi bisa lancer ketika dia keluar dan tidak tertahan atau macet di jalan keluarnya bayi.

Manfaat Melakukan Senam Hamil

Dan ada juga tahap yang dapat dilakukan oleh ibu yang hamil, dan ada 4 tahap, yang mana setiap tahapnya maasing-masing mempunyai manfaat sendiri-sendiri untuk ibu hamil, dan berikut adalah manfaat dan juga tahap Senam Hamil yakni :

  1. Senam Aerobic, Dengan melakukan senam aerobic merupakan aktifitas dari senam yang mempunyai irama, dengan melakukannya secara berulang dan juga cukup melelahkan, lalu gerakan yang juga disarankan bagi ibu yang sedang hamil ialah gerakan yang cukup simple yakni gerakan jalan-jalan. Adapun manfaat yang ada dari senam aerobic ini ialah dengan meningkatkan kebutuhan oksigen yang ada pada otot, dan juga dapat merangsang pada paru-paru dan juga pada area jantung, juga kegiatan pada otot serta sendi, secara umumnya dapat menghasilkan perubahan pada keseluruhan pada tubuh.

terutama pada kemampuan guna memproses dan serta menggunakan oksigen,bisa juga meningkatkan peredaran pada darah, meningkatkan kebugaran tubuh dan kekuatan pada otot, bisa juga meredakan sakit pada area punggung dan juga sembelit,bisa memperlancar persalinan, bisa juga membakar kalori atau bisa juga membuat ibu hamil bisa lebih banyak makan makanan yang termasuk makanan yang sehat dan yang terakhir, dapat mengurangi keletihan dan juga menjadikan bentuk pada tubuh yang bisa dibilang bentuk tubuh yang baik setelah menjalani persalinan.

2. Relaksasi, dengan melakukan gerakan Relaksasi merupakan gerakan latihan pernapasan. Latihan Relaksasi ini dapat dikombinasikan dengan adanya latihan kalistenik. Adapun manfaat dari Relaksasi ialah bisa menenangkan pikiran dan juga tubuh, dapat membantu ibu hamil mempersiapkan energi untuk menjadi ibu agar siap juga ketika hendak menghadapi persalinan nantinya.

3. Kalestenik, gerakan Kalestenik merupakan gerakan-gerakan dalam senam ringan yang berirama yang juga dapat membugarkan serta mengembangkan pada otot-otot dan bisa juga memperbaiki bentuk pada postur tubuh ibu hamil. Adapun Manfaat dari Kalestenik ialah dapat meredahkan sakit pada area sekitar punggung dan juga bisa juga meningkatkan kesiapan pada fisik dan juga pada mental, dan terutama mempersiapkan tubuh dalam rangka akan menghadapi proses persalinan nanti.

4. Kegel atau bisa juga disebut dengan Kebugaran Panggul, adapun manfaat dari gerakan Kagel ataupun Kebugaran pinggul ini ialah menguatkan pada otot-otot yang ada di sekkitar Mis V, dan juga pada area sekitarnya, sebagai persiapan ketika hendak melahirkan, juga jangan lupa menyiapkan mental dan juga fisik.

Sekiranya cukup sekian dulu ya artikel tentang manfaat, teori Senam Hamil, saya harap semoga bermanfaat bagi anda semua khusunya bagi anda yang sedang mengandung buah hati, mohon maaf jika terdapat salah pada penulisan dan juga pada kata-katanya, cukup sekian dan terimakasih.