manfaat pohon beringin
manfaat pohon beringin

Manfaat Pohon Beringin yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Manfaat Pohon Beringin yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat pohon beringin – ficus benjamina atau bisa disebut dengan pohon beringin ini merupakan pohon yang menjulang keatas, tapi tidak terlalu tinggi, memiliki daun yang lebar, daunnya yang rindang, dan juga memiliki akar yang menggantung disekitarnya. Pohon beringin ini juga sering kali tumbuh didaerah tertentu, pohon ini tidak hanya tumbuh di hutan saja, tapi di tengah perkampungan juga ada.

Pohon ini termasuk jenis pohon yang bisa hidup mencapai puluhan tahun. Bagi anda yang tinggal diperdesaan, pohon ini memiliki hawa yang mistis tersendiri yang terkadang diyakini bahwa pohon beringin ini tidak boleh ditebang, karena kalo ditebang atau dirusak dengan cara sembarangan bisa menimbulkan bahaya yang besar.

pohon beringin
pohon beringin

Selain itu, pohon beringin ini juga memiliki beberapa kemanfaatan dan memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Mungkin diantara kalian hanya tau bahwa pohon beringin ini berfungsi untuk  berteduh saja. Pohon beringin ini juga memiliki fungsi apabila ditaruh atau ditanam di pinggir kolamnya maka air akan sangat jernih, karena pohon ini memiliki fungsi yaitu menjernihkan mata air yang berada didekatnya.

Pohon beringin juga memiliki filosofi yang agung, yang mana pohon ini sebagai lambang pancasila untuk melambangkan silanya. Dan tidak ada yang menyangka kalo pohon beringin ini memiliki manfaat dan banyak mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan. Nah, pada kesempatan akli ini kami akan membahas tentang manfaat pohon beringin.

Pohon beringin ini juga memiliki beberapa nama yang berbeda-beda, adapun dalam bahasa indonesia di sunda caringan dan dijawa disebut sebagai pohon ringin. Pohon ini juga memiliki kandungan yang aman kandungannya ada pada bagian daun, akar, kulit, dan juga dari batangnya yang mengandung saponim, falvinoida, asam amino, dan juga venol.

Adapun anatomi dan morfologi pohon beringin ini adalah, tanaman beringin atau pohon berinin ini merupakan yang mempunyai ukuran yang besar. Diameter dari pohon beringin ini bisa mencapai 2 m lebih, dan juga memiliki tinggi yang mencapai sekitar 25 m. Batang dari pohon memiliki struktur yang tegak, bulat, permukaan yang kasar, warna batang yang berwarna kecoklatan, dan juga memiliki akar gantung yang keluar dari batangnya.

daun beringin
daun beringin

Daun pohon beringin ini memiliki bentuk yang lonjong, berwarna hijau dengan panjang daun sekitar 3 sampai 6 cm. Daun beringin ini memiliki pinggiran daun yang rata dengan letak yang berhadap-hadapan. Pohon beringin ini memiliki bunga yang mana bunganya ini keluar dari ketiak daunnya, kelopak daun beringin ini berbentuk corong dan berwarna kuning kehijauan.

batang pohon beringin
batang pohon beringin

Pohon beringin ini juga memiliki buah yang mana buahnay ini berukuran kecil dan memiliki panjang 0,5 sampai 1 cm yang berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna kemerahan ketika sudah tua. Pohon beringin ini berkembang biak dengan cara biji dan juga stek, pohon beringin ini sering dijumpai atau biasa ditanam di hutan dekat sungai, daerah pegunungan, serta di lereng gunung.

Habitat pohon beringin ini bisa berada didataran rendah dan juga bisa berada didataran tinggi. Adapun manfaat pohon beringin dan juag khasiatnya adalah, sebagai berikut:

Kejang

Penyakit kejang datangnya secara tiba-tiba, kejang ini sering dialami oleh anak-anak. Tapi, tidak kemungkinan juga bisa dialami oleh orang dewasa. Adapun untuk menyembuhkan kejang ini dari daunnya. Penyakit kejang biasanya terjadi karena panas atau demam yang berlebihan. Caranya untuk mengatasi kejang adalah dengan cara memandikan anak yang kena penyakit kejang dengan rebusan air panas.

Namun, ketika memandikan anak dengan air rebusan daun beringin, supaya dalam keadaan hangat. Untuk langkah-langkahnya cucilah daun beringin secukupnya yang masih segar, kemudian rebus air kira-kira dalam jangka waktu 25 menit, setelah mendidih tunggu hingga hangat kemudian air tersebut guankan untuk memandikan anak yang sedang kejang.

Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang pada bagian paru-paru manusia, yang mana penyakit ini di identifikasi karean seringnay batuk pada penderita. Pada artinya orang yang mengidap penyakit bronkitis akan mengalami batuk yang sangat berat, penderita penyakit bronkitis ini akan sangat menderita karena batuknya ini sering terjadi ketika amlam hari yang membuat penderita tidak bisa tidur.

Batuk yang disebabkan oleh bronkitis ini ditandai dengan adanay dahak yang cukup banyak ketika sedang batuk, jadi bisa kita bayangkan berapa banyak dahak yang penderita hasilakn dalam sekali batuk. Penyakit bronkitis ini disebabkan karena berbagai macam sebab, bisa juga salah satunya karena asap rokok sering dihirup oleh penderita atau asap rokok yang sering di hirupnya (udara).

Penyakit ini selain bisa ditangani dengan obat medis, penyakit ini bisa ditangani dengan cara herbal atau alami. Bagi anda yang tidak suka dengan obat-obatan, anda bisa gunakan obat herbal alami ini yang terdiri dari bahannya adalah dari daun beringin. Untuk mengobati penyakit bronkitis dengan daun beringin, dapat anda lakuakn dengan cara,

Rebus daun beringin secukupnya yang masih segar dengan 3 gelas air minum, kemudian campurkan 18 gram jeruk mandarin, sampai rebusannya menjadi satu gelas. Lalu sairinglah dan kemudian hingga dingin, kemudian minumlah setipa pagi dan sore, sekali minum masing-masing  ½ gelas. Lakukan resep ini sesering mungkin sampai penyakit bronkitis benar-benar sembuh.

Disentri

Disentri merupakan termasuk salah satu penyakit infeksi yang menyerang usus manusia. Penyakit ini akan meyebabkan hal-hal yang sangat fatal dan juga berbahaya. Adapun salah satu efek yang ditimbulkan adalah diare dengan disertai lendir yang berdarah, jika ini dibiarkan terus-menerus penyakit akan lebih membahayakan penderita.

Penyakit disentri perlu penangan yang khusus dan juga harus segera ditangani, adapun cara untuk menangani penyakit ini adalah anda bisa gunakan daun beringin ini, dengan cara rebus daun beringin yang masih segar ini dengan air 3 gelas, rebus hingga airnya menajdi satu gelas saja, lalu untuk diminum pagi dan sore. Lakukan cara ini terus-menerus hingga penyakit ini benar-benar sembuh.

Adapun manfaat dan khasiat lainnya dari pohon beringin bagi kesehatan adalah, sebagai berikut:

  • Pohon beringin ini mempunyai manfaat untuk mengobati flu atau pilek (influenza)
  • Pohon beringin ini bisa digunakan sebagai obat untuk demam tinggi
  • Pohon beringin ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit tonsilitas (radang amandel)
  • Pohon beringin ini bisa digunakan untuk obat nyaeri sendi rematik
  • Pohon beringin ini bisa mengobati pada luka pukul atau memar
  • Pohon ini juga bisa untuk mengobati orang yang sakit sawanan
  • Pohon beringin ini membantu mengurangi radang usus akut
  • Pohon beringin ini bisa juga digunakan untuk obat penyakit malaria
  • Dan juga pohon beringin ini bisa mengobati penyakit pertusis (tatuk rejan).

Adapun cara mengkonsumsinya dengan cara rebus daunnay yang masih segar dengan air 3 gelas, kemudian rebud hingga airnya berkurang menjadi satu gelas. Lalu minum dalam sehari 2 kali, yaitu pagi dan sore. Gunakan ramuan ini secara takaran dan bijak.

Demikian informasi dan juga artikel dari kami tentang manfaat pohon beringin yang bisa kalain praktekkan di ruamh anda masing-masing. Apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan jangan lupa baca artikel lainnya tentang manfaat di jempoltangan.com semoga artikel kami bermanfaat dan juga berguna bagi anda. Sekian dan terima kasih!