Manfaat Wortel Bagi Kesehatan
Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Wortel Bagi Kesehatan

Posted on

Sudah tidak asing lagi bagi kita tentang sayuran yang satu ini yaitu wortel. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang terutama di Indonesia ini, wortel juga merupakan tumbuhan biennial ( siklus hidup 12 – 24 bulan ) yang dapat menyimpan karbohidrat dalah jumlah yang cukup besar untuk tumbuhan tersebut dapat berbunga pada tahun kedua.

Wortel kerap kali menjadi campuran olahan makanan seperti sop, bakwan. Selain di jadikan sebagai campuran olahan makanan, wortel biasanya juga dijadikan sebagai minuman atau jus. Selain itu wortel juga merupakan salah satu tanaman atau sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan juga mengandun zat – zat yang lainya yang sangat penting terhadap tubuh manusia.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan
Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel adalah tumbuhan dua tahun, yang artniya bahwa siklus hidup dari tanaman wortel ini membutuhkan waktu kurang lebih dua tahu di mulai benih hingga mati. Di saat tahun pertama siklus hidup wortel dalam keadaan benih dapat berkembang menjadi tanaman dewasa. Hal ini setelah paruh pertama siklus hidup sehingga wortel dapat dipanen. Selama paruh kedua, siklus hidup adalah ketika berbunga dan reproduksi berlansung.

Dan kin wortel dapat kita jumpai di mana saja hampir di semua pasar yang ada pasti menawarkan atau menjual tanaman wortel ini. Dan hampir kebanyakan dari kita pasti juga telah pernah mencicipi wortel baik dalam kondisi sudah dimasak maupun dalam kondisi yang mentah – mentah. Mengkonsumsi wortel dapat memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, pasalnya woetel mengandung vitamin – vitamin atau zata – zat yang sangat baik bagi tubuh seseorang terlebih – lebih jika mengkonsumsinya dalam keadaan mentah – mentah.

Mengkonsumsi wortel dalam kondisi yang mentah – mentah lebih powerful bagi kesehatan dan kandungan gizi yang terdapat dalam wortel juga masih sempurna. Wortel memiliki rasa yang sedikit lebih aneh jika dibandingkan dengan sayuran yang lainya sehingga sebagian orang yang tidak menyukai wortel mengatakan jika wortel memiliki rasa yang sedikit aneh di lidah. Padahal di bailik rasanya yang aneh tersebut, wortel memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Berikut Manfaat wortel untuk kesehatan.

Baca : juga Jenis-jenis Olahraga yang Wajib Anda Ketahui

  1. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker

Berbagai penelitian menyebuytkan bahwa wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara, kanker usus, hingga kanker paru – paru yang mana semua penyakit tersebut adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Dan kini penelitian terbaru menyebutkan bahwa wortel mentah memiliki kandungan zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk kedalam zat anti kanker. Falcarinol sendiri adalah sejenis pastida alami yang dihasilkan dari wotel untuk melawan penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur.

  1. Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene yang terdapat dalam wortel juga dapat bermanfaat sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel yang telah mati melalui peroses motabolisme. Pada peroses itulah yang akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

  1. Meningkatkan Fungsi Pengelihatan

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Wortel memang sudah dikenal sebagaisumber makanan yang dapat menyehatkan indra pengelihatan manusia. Selain itu wortel mentah memiliki kandungan vitamin A yaitu sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 % dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia.

  1. Wortem Mentah Sebagai Detoks Alami

Manfaat wortel yang selanjutnya adalah wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati di dalam membersihkan racun yang terdapat didalam tubuh. Lemak sekaligus kolestrol jahat juga dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi wortel.

  1. Menurunkan kolestrol

Mengkonsumsi wortel secara teratur khususnya wortel mentah dapt membantu menurunkan tingkatan kolestrol jahad yang terdapat di dalam darah. Hal ini dikarnakan wortel mengandung serat yang mudah untuk dicerna yang dapat mengikat kolestrol jahat.

  1. Membantu menyehatkan Kulit

Dikarnakan tingginya vitamin A dan juga anti oksidan yang terkandung dalam wortel dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kerusakan kulit tersebut seperti noda hitam, warna kulit yang tidak rata, kulit kering, keriput dan kerusakan yang lainya. Beberapa hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh yang kekurangan vitamin A.

  1. Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel ternyata juga memiliki kemampuan untuk dapat mengobati luka luar dan dapat mencegah terjadinya infeksi. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan cara menghaluskan wortel mentah atau bisa juga dengan merebusnyaterlebih dahulu kemudian tempelkan pada bagian anggota badan yang terkena luka.

  1. Menyehatkan Kulit Dari Luar

Bagi anda yang senang menggunakan masker, wortel mentah juga dapat menjadi alternatif masker yang harganya sangatlah terjangkau sekaligus efektif membuat kulit menjadi lebih sehat dari luar. Memanfaatkan wortel sebagai maseker caranya sangatlah mudah, cukup dengan mencampurkan wortel yang telah diparut dengan madu secukupnya. Maka masker dari bahan dasar wortelpun siap untuk diaplikasikan pada wajah.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Wortel juga mengandung ceretonoids sekaligus juga mengandung beta corotene, alpha carotene serta lutein. Kandungan caretonoids inilah yang sangat erat kaitanya denagan pencegahan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Sistem imun

Wortel juga mengandung anti oksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan sangat bermanfaat melawan anti oksidan. Mengkonsumsi wortel bersamaan dengan ketumbar ternyata dapat diyakini mencegah masuknya virus berbahaya dalam tubuh.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu