Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh
Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Manfaat Luar Biasa Kunyit Untuk Kesehatan

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini yaitu kunyit. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita tentang tanaman kunyit ini, kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang sangat banyak sekali tumbuh di indonesia ini, di berbagai wilayah di Indonesia ini hampir dapat kita temui tanaman kunyit ini seperti di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan di berbagai wilayah di Indonesia yang lainya.

manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh
manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Pada umumnya kunyit digunakan untuk berbagai keperluan seperti bumbu masak, pewarna makanan, dan bahkan digunakan sebagai ramuan herbal tradisional. Kunyit memang salah satu tanaman yang kaya akan manfaat maka tidak heran jika kunyit banyak dicari oleh banyak orang. Menggunakan tanaman kunyit sebagai bumbu masak, pewarna makan, obat herbal tradisional tentu akan sangat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan beberapa zat buatan.

Kunyit juga termasuk dalam dalam kategori tanaman herbal yang masih termasuk dalam famili Zingiberaceae yang sama seperti tanaman jahe, temulawak, lengkuas, kencur dan yang lainya. Di Indonesia sendiri kunyit biasa dikonsumsi sebagai munuman kesehatan, jamu kesehatan. Sedangkan di negara lain seperti di India kunyit biasanya dihaluskan dibuat seperti bubuk halus dan kemudian ditambahkan pada munuman seperti susu dan juga digunakan sebagai ramuan penyembuh luka.

Selain manfaat di atas ternya kunyit juga memiliki manfaat yang lainya yang tentunya sangat baik dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat tanaman kunyit bagi kesehatan.

Baca juga : Tanaman Hias Bunga dan Penjelasannya

  1. Mengatasi Jerawat Dan Mencegah Panuan pada Kulit

Permasalahan pada kulit seperti panuan, jerawatan dapat dialami oleh siapapun baik remaja ataupun orang dewasa. Bagi anda para remaja jerawat mungkin merupakan salah satu permasalahan yang harus diatasi karan jerawat mungkin juga dapat menganggu penampilan seseorang. Jerawat biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri p. Acne dan karna akibat penyumbatan pori yang disebabkan oleh sel kulit mati.  Maka bagi yang mengalami permasalahan tersebut anda dapat memanfaatkan kunyit, karna salah satu manfaat kunyit yaitu dapat meredakan infeksi p.acne sekaligus dapat menghilangkan bekas jerawat pada muka. Hal tersebut dikarnakan kunyit mengandung senyawa antibakteri yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Disamping dapat mengatasi bekas jerawat, mengkonsumsi kunyit ternyata juga mampu menunda panuaan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Mengatasi Peradangan

Inflamasi atau peradangan merupakan proses yang terjadi sebagai reaksi pada infeksi atau gangguan pada sel atau aringan tubuh.Sebagaian besar peradangan atau inflamasi dalam tubuh disebabkan oleh infeksi bakteri dan radikal bebas yang dapat memicu pelepasan senyawa sitokin. Berdasarkan beberapa penelitian, curcumin yang terkandun dalam kunyit dapat meningkatkan kekebalan sel imun dan dapat menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat teratasi dan rasa sakit juga juga akan berkurang.

  1. Meredakan Maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang biasa menyerang saluran pencernaan atau yang lebih dikenal dengan tukak atau radang lambung. Magg dapat diakibatkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya yaitu seperti pola makan yang kurang teratur dan juga dikarnakan infeksi bakteri yang melukai dinding lambung yang dapat menimbulkan infeksi. Kunyit ternyata mengandung senyawacurcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung. Beberapa penelitian menyebutkan mengkonsumsi kunyit secaa rutin dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung sekaligus dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

  1. Meredakan Demam dan Flu

Demam dan flu merupakan penyakit yang sering sekali dialami oleh seseorang. Demam dan flu biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri  atau virus yang masuk kedalam tubuh seseorang. Senyawa cercumin yang terkadung pada kunyit dapat meredakan demam serta flu secara efektif.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tidak hanya itu saja, ternyata kunyit juga dapat mempercepat penyembuhan pada luka hal ini sering dibuktikan oleh masyrakat india yang menggunakan kunyit dalam proses pengobatan ayurveda, mereka mengoleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan sedikit air pada luka yang bertujuan untuk dapat mempercepat proses penyembuahan.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagian dari orang mungkin mengharapkan tubuhnya dapat lansing. Kini banyak sekali produk pelansing yang banyak ditawarkan di pasaran yang termasuk salah satu bahan dasarnya adalah kunyit. Kunyit ternyata juga dapat berkhasiat melangsingkan serta mempertahankan berat tubuh secara optimal.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh  yang dapat mengendalikan seluruh aktifitas tubuh. Zat yang terkandung dalam kunyit ternyata juga mamapu meningkatan aliran nutrisi dan oksigen ke otak sehingga otak dapat berfungsi secara baik dan maksimal.

  1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kolestrol jiga menjadi salah satu penyakit yang kerap kali diderita oleh seseorang. Kolestrol merupakan salah satu jenis lemak atau lipid yang digolongkan menjadi dua jenis yaitu kolestrol jahat dan kolestrol baik. Kadar kolestrol jahat yang terdapat dalam tubuh yang jumlahnya cukup tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantug.  Senyawa cercumin yang terkadung dalam kunyit telah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol jahat.

  1. Meredakan stres dan Depresi

Stres dapat dipicu oleh berbagai faktor diantaranya yaitu karna masalah psikis, beban hidup, tekanan batin, dan berbagai hal – hal yang lainya yang dapat menyangkut pikiran seseorang. Ekstra kunyit dapat digunakan sebagai terapi depresi dalam jangka weaktu yang cukup lama tanpa menimbulkan efek yang berbahaya.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes atau yang sering disebut dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit gangguan metabolisme yang sangat perlu untuk diwaspadai. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa cercumin yang tkandung pada kunyit dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat menjaga agar tetap dalam kondisi normal. Mengkonsumsi kunyit secara rutin juga dapat membantu tubuh menjaga sensitivitas insulin dan mencegah munculnya penyakit diabetes.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.