Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Posted on

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita tentang tanaman yang satu ini yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis memang merupakan salah satu tanaman yang cukup populer di kalangan masyrakat terutama di Indonesia ini. Hal tersebut dikarnakan jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi kebutuhan manusia. Pada umumnya jeruk nipis digunakan sebagai bumbu masakan, minuman segar, obat tradisional, dan lain – lain.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang mempunyai banyak sekali kemanfaatan. Jeruk nipis memiliki nama latin citrus aurantifolia yang mempunyai rasa asam sedikit pahit. Keberadaan buah nipis sangat mudah untuk dijumpai, karena hampir di berbagai wilayah di Indonesia ini kita dapat menemukan jeruk nipis ini. Pada umumnya masyarakat di Indonesia mengenal bahwa jeruk nipis ini adalah sebagai salah satu dari bagian bumbu dapur yang memiliki fungsi sebagai penyedap masakan.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan jeruk nipis biasanya juga digunakan bahan penyegar, minuman penyegar tubuh, membersihkan karat pada logam, dan juga sebagai bahan campuran jamu atau obat tradisional. Disamping rasanya yang asam sedikit agak pahit ternyata jeruk nipis memiliki banyak sekali kemanfaatan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta bermanfaat sebagi obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang kerapa kali dialami oleh seseorang seperti batuk, melancarkan kencing, dahak, dan lain – lainya.

Jeruk nipis mengandung banyak sekali zat – zat yang seperti Linalool,  minyak terbang Limonene dan flavonoid. Pada buah nips yang sudah masak juga mengandung Asam sitrat, Synephrine,  N-methyltyramine, Vitamin A, B1, dan C, Fosfor, Kalsium, serta  Besi. Dimana kandungan zat tersebut sanga brmanfaat bagi tubuh. Berikut Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan.

Baca juga : Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

  1. Menyembuhkan Penyakit Maag

Penyakit maag memang kerap kali diderita oleh seseorang dan terkadang terdapat mitos bahwa karna rasa jeruk nipis yang asam, maka penderita maag tidak boleh untuk mengkonsumsi jeruk nipis. Padahal didalam jeruk nipis terdapat kandungan yang akan mampu mengobati rasa nyeri pada lambung. Caranya sangatlah mudah yaitu ambil air perasan jeruk nipis dan campurkan dengan air putih biasa kemudian minumlah. Konsumsi air jeruk nipis tersebut secara rutin yaitu tepatnya sebelum makan namun setelah mengkonsumsi air jeruk nipis tersebut anda harus segera makan.

  1. Membantu Menyembuhkan Penyakit Pencernaan

Penyakit pencernaan juga merupakan salah satu penyakit yang sangat mengangu manusia seperti sembelit dan diare. Dimana penyakit tersebut terkadang sulit untuk diatasi, padahal penyakit tersebut dapat teratasi dengan mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi jeruk nipis.

  1. Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin membuatnya berfungsi sebagai ramuan penghilang jerawat serta bekas jerawat. Caranya cukuplah mudah yaitu gunakan perasan jeruk nipis kemudian oleskan pada bagian yang jerawat atau bekasnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat jeruk nipis yang selanjutya yaitu mencegah penuaan dini. Dengan rutin menggunakan perasan jeruk nipis unuk wajah, kerutan – kerutan yang terdapat pada wajah dapat di atasai atau dicegah.

  1. Menyembuhkan Gangguan Otak

Terdapat eberapa jenis gangguan otak yang cukup sering menyerang pada beberapa orang seperti svertigo dan parkinso, ternyata dengan memanfaatkan jeruk nipis, kedua penyakit seperti diatas jika dalam taraf yang ringan dapat teratasi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dicegah dengan menggunakan kandungan serat pangan pada jeruk nipis. Serat pangan pada jeruk nipis akan membantu menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kolestrol. Dengan demikian gangguan jantung dapat dicegah.

  1. Mengobati Sariawan

Mungkin sudah tiudak asing lagi bahwa jeruk nipis dapat mengatasi sariawan. Memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati sariawan caranya sangatlah mudah yaitu peras air jeruk nipis kemudian teteskan padai bagian yang terkena sariawan. Lakukan terus menerus hingga sariawanpun sembuh.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Bagi anda yang sedang mengalami sakit gigi, anda dapat mencoba memanfaatkan jeruk nipis untuk dapat mengatasi sakit gigi tersebut.

  1. Mengobati Batuk

Jeruk nipis juga dapat bermanfaat mengobati batuk, mungkin hal ini telah dibuktikan oleh sebagian orang. Carnya cukuplah mudah campur perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam kemudian aduk – aduk hingga merata setelah itu minumlah.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu