Manfaat Kunyit
Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Kunyit – Kunyit adalah salah satu bumbu rempah rempah yang banyak dijumpai di Indonesia. Dan juga banyak yang menjadikan kunyit ini sebagai obat herbal tradisional. Jadi tidak heran jika kunyit ini memiliki banyak manfaat karena kunyit ini tidak haya untuk bumbu rempah pelengkap namun juga bisa untuk kesehatan. Dan oleh banyak orang dan juga pada umumnya bahwa kunyit ini memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil dan juga untuk ibu menyusui.

Selain itu kunyit ini juga bisa untuk kecantikan. Karena kunyit ini memiliki kandungan kurkuminoid yang biasa disebut dengan senyawa berkahasiat obat, dan ini terdiri dari desmetolsikumin dan kurkumin. Kunyit ini memiliki vitamin C yang cuku tinggi. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dan untuk kecantikan ini memiliki kandungn bahan antiseptik yang bisa mengobati jerawat dan luka, selain itu juga bisa mengobati ruam dan gatal gatal. Dan juga bisa untuk memulihkan kulit yang rusak karena terpapar sinar matahari dan juga bisa untuk memutihkannya.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Nah, pada kesempatan kali ini kami jempoltangan.com akan membahas dan juga memberitahu kepada anda tentang apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan. Dan berikut inilah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan:

 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mencegah Kanker

Manfaat kunyit yang pertaama adalah mencegah kanker. Kunyit ini memiliki kandungan antioksidan dan kukumin ini dapat memungkinkan menjaga se sel usus besar dari radikal yang bisa merusak DNA. Dalam proses ini sangatlah penting bagi usus besar yang mana saat pergantian sel yang sangat pesat, yang diperkirakan sekitar setiap tiga hari. Karena ada replikasi sel ini sangat sering terjadi membuat DNA pada sel usus besar yang dapat menyebabkan pembekuan sel kanker ini lebih ceat terjadi.

Dan kandungan curcumin ini juga memiliki manfaat yaitu dapat membantu menghacurkan sel sel kanker, sehingga sel sel kanker ini tidak menyebar keseluruh tubuh yang dapat merusak tubuh jauh lebih parah. Dengan cara yang paling utama adalah dengan melakukan dengan meningkatkan fungsi hati. Yang dapat di atasi dengan menggunkan kunyit hanya kanker usus besar, kanker darah, kanker prostat dan kanker usus besar.

Anti Inflamasi atau Peradangan

Manfaat Kunyit yang kedua adalah anti inflamasi atau peradangan. Peradangan ini bisa diatasi dengan kunyit karena kunyit ini memiliki kandungan minyak volatile, ini lebih kuat dari minyak atsiri, ini karena curcumin atau yang berwarna pigmen kuning atau orenye yang dari kunyitnya tersebut. Agen farmakologi yang utama yang ada dalam kunyit adalah curcumin.

Efek anti imflamasi ini sebanding dengan obat fenibutazon dan hydrocortusone yang sebagai zat anti inflamasi seperti motrin dan ini sudah dibuktikan dan juga ada penelitian. Sangat bebeda dari obat obatan yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (penurunan jumlah sl dara putih, pendarah usus, pembekuan pada ulkus), dan curcumin ini tidak menghasilkan toksisitasi.

Penyakit Yang Berhubungan Dengan Pembulu Darah (Perlindungan Kardiovaskular)

Manfaat kunyit yang ketiga adalah perlindungan kardiovaskular. Kandungan curcumin ini memiliki manfaat dapat mencegah oksidasi kolestrol yang ada dalam tubuh. Karena oksidasi kolestrol yang ada dalam tubuh ini bisa pembulu darah dan jua bisa terkena serangan jantung dan stroke ini jika sudah menumpuk di plak, saat mencegah oksidasi ini bisa tejadi jika mengurang perkambangan ateroklerosis dan penyakit jantung.

Vitamin B6 yang ada dalam kunyit ini sangat diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine ini aar tidak terlalu tinggi. Vitamin B6 ini juga bisa untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan vitamin B6 ini merupakan slah satu asupan yang sangat tinggi. Dan ini juga sudah dibuktikan dalam banyak penelitian.

Mengatasi Jerawat 

Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan
Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan

Manfaat kunyit yang keempat adalah mengatasi jerawat. Kunyit ini juga bisa untk mengatasi cara menggunkannya dengan cara dengan masker kunyit. Cara membuta maskernya dengan cara campurkan sendok makan kunyit yang sudah menjadi bubuk atau 3 sendok makan perasan air kunyai segar. Lalu campurkan sedikit madu an yogurt. Jika sudah aduk hingga merata hingga menjadi kental. Lalu oleskan ke wajah hingga merata seperti masker lalau diamkan selama 10 menit,  gunakan ini jangan telalu lama karena kunyit ini mengandung pewarna yang sangat sulit hilang. Setelah itu bilas dengan air besih.

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat kunyit yang kelima adalah adalah mengatsi kulit yang berminyak. Kulit yang berminyak itu juga sangat menggangu aktifitas sehari hari kita, dan dengan kunyit ini dapat mengontrol produksi minyak yang berlebihan dan sebum dipori pori kulit wajah. Anda bisa menggunkannya sebagai masker juga dengan cara campurkan 2 sendok bubuk kunyit dan campurkan dengan 3 sendok makan air jeruk nipis atau air jeruk lemon yang sudah matang. Oleskan kepada wajah oleskan seperti masker, lalu diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Dapat Mencegah Penuaan Dini dan Menyamarkan Kerutan

Manfaat kunyit yang keenam adalah Dapat Mencegah Penuaan Dini dan Menyamarkan Kerutan. Dan kunyit ini juga dapat mencegah proses penuaan dan juga dapat menyamarkan kerutan. Dan juga dengan cara ini juga cara menggunkannya dengan cara membuat masker yaitu dengan campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan susu dan juga 1 sendok makan tepung beras, lalucampurkan semua bahan hingg merata. Lalau oleskan kewajah hingga seperti masker. Diamkan selama 20 menit, jika sudah bilas dengan air bersih.

Dapat Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe

Manfaat kunyit yang ketujuh adalah Dapat Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe. Kepala anda merasa gatal kerana ketombe atau mengalami rambut rontok ini sangat tidak nyaman dan juga menggangu aktifitas sehari hari kita. Ini semua bisa diatasi dengan menggunakan kunyit. Dengan cara parut kunyit hingga lembut lalau oleskan ke kepala. Selain itu kunyit ini juga dapat menyehatkn kulit kepala seingga dapat mencegah rontoknya rambut dan juga ketombean.

Mungkin itu tadi sedikit berita tentang Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang kami beritahukan kepada anda. Terima kasih bagi anda yang sudah membaca, dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang Khasiat Kunyit Putih dan simaklan dari awal sampai akhir dan tunggu beberapa informasi lainnya yang akan kami sampaikan hanya untuk anda.