Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Banyak sekali hasil alam yang sanagat penting bagi kehidupan manusia serta juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan. Salah satunya yaitu daun salam, mungkin tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang terutama ibu rumah tangga, karna pada umumnya daun salam dimanfaatkan sebagai bumbu masak.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Hampir di berbagai wilayah di Indonesia ini kita dapat menemukan daun salami ini. Biasanya daun salam tumbuh di sekitar perkarangan rumah maupun di kebun. Keadaan daun salam tentu sangat di butuhkan bagi sebagian orang terutama bagi anda yang mengeluti di bidang kuliner, karna pada umumnya daun salam digunakan sebagai bumbu masak. Dengan menggunakan daun salam masakan akan memiliki cita rasa sekaligus aroma yang khas. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak saja, namun daun salam ternyata juga dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional.

Hal tersebut dikarnakan daun salam beberapa kandungan serta khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, seperti digunakan sebagai obat diabetes, obat asam urat, obat sakit perut, kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi manfaat yang lainya. Berikut beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan.

Baca : juga Tips Cara Menanam Tanaman Cabai Yang Baik dan Benar

  1. Meredakan Rasa Sakit

Minyak yang diekstrsk dari daun salam mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit karena keseleo, arthritis, rematik, strain, dan nyeri. Selain itu minyak daun salam juga dapat membantu untuk meringankan sakit kepala atau migrain. Daun salam juga dapat meninggkatkan sirkulasi darah.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Penyakit kanker memang telah dikenal sebagai penyakit yang sangat membahayakan serta mematikan. Kandungan asam quercetin,  caffeic, catechin, dan euganol  yang terdapat pada daun salam memiliki sifat perlindungan dan memberikat perlawanan terhadap berbagai jenis penyakit kanker. Selain itu, daun salam juga memiliki kandunagn phytonutrient yang disebut dengan parthenolide yang telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

  1. Dapat Menbgobati Batuk

Pasti diantara kita pernah merasakan batuk. Batu dapat menyerang siapa saja baik anak kecil, orang dewasa, maupun orang tua. Namun masalah tersebut dapat anda atasi yaitu dengan cara memanfaatkan daun salam, pasalnya daun salam efektif dalam memerangi berbagai penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti flu, pilek, dan infeksi.

  1. Meredakan Maag Akut

Maag memang kerap kali menyerang seseorang. Maag dapat disebabkan karena beberapa hal seperi telat makan, salah dalam memilih makanan dan lain – lain. Untuk dapat mengobati maag tersebut anda dapat memanfaatkan daun salam sebagai obatnya. Caranya cukuplah mudah, ambil 15 – 20 lembar daun salam kemudian masukan kedalam 500 ml air. Rebus air yang telah dimasukan daun salam tersebut hingga mendidih. setelah mendidih kemudian masukan kedalam gelas dan minumlah. Minum ramuan ini minimal 1 kali sehari hingga rasa nyeri pada lambung hilang.

  1. Dapat mengobatai Diare Secara alami

Selain menggunakan daun jambu biji yang masih muda, ternyata daun salam juga dapat berkhasiat mengobati penyakit diare. Caranya sangatlah mudah, sediakan 15 lembar daun salam yang masih dalam kondisi yang segar kemudian rebus bersamaan dengan dua gelas air sampai mendidih, dan tambahkan sedikit garam. Setelah mendidih kemudian minumlah.

  1. Membuat Gigi menjadi putih dan Bersih

Gigi yang putih lagi bersih tentu menjadi dambaan banyak orang. Berbagai cara dilakukan oleh seseorang untuk dapat menjadikan giginya menjadi bersih dan putih. Ternyata daun salam juga dapat berkhasiat memutihkan gigi. Caranya cukuplah mudah jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering, kemudian haluskandengan cara ditumbuk kemudian campurkan dengan air, lalu aduk hingga rata dan membentuk pasta seperti odol.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu