Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor

9 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui

Posted on

Manfaat Daun Kelor – Pernahkah Anda mendengar peribahasa yang mengatakan bahwa “dunia tak selebar daun kelor”? itu karena daun ini mempunyai ukuran yang kecil. Namun jangan salah, dibalik ukurannya yang kecil itu, daunnya mempunyai seribu khasiat dan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Para ilmuwan menyebutnya sebagai pohon ajaib atau Miracle Tree.

Kelor atau yang dikenal dengan nama latin Moringa Oleifera adalah tumbuhan yang bisa tumbuh berkembang mencapai ketinggian 7 hingga 11 meter dan mempunyai daun berukuran kecil yang tersusun majemuk di tangkainya. Daun kelor memiliki bunga berwarna yang tumbuh sepanjang tahun di dalam pelepah yang memiliki aroma khas.  Biasanya, daun kelor digunakan sebagai obat tradisional dan sayur.

Daun Kelor
Daun Kelor

Sedangkan buahnya berbentuk segitiga yang memanjang yang biasa dikenal dengan sebutan klentang yang juga bisa dimanfaatkan untuk sayuran. Pohon kelor memiliki nama-nama yang berbeda di setiap negara, seperti di Inggris, kelor dikenal dengan nama moringa, di melayu dikenal dengan nama marunggai, dan di Filipina dikenal dengan nama malunggay.

Pohon kelor ini pada dasarnya tumbuh di kaki pegunungan Himalaya yang terletak di Hindia Utara, dan juga dibudidayakan di seluruh Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Afrika. Hal tersebut disebabkan karena pohon kelor sangat mudah tumbuh di daerah sub-tropis dan tropis.

Organisasi kesehatan dunia, WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi daun kelor karena kandungan daun kelor yang sangat baik, terutama bagi bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Daun kelor mengandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan, di antaranya :

  1. Protein : 2 gram.
  2. Vitamin B6 : 19% dari angka kecukupan gizi perhari
  3. Vitamin C : 12% dari angka kecukupan gizi perhari
  4. Zat besi : 11% dari angka kecukupan gizi perhari
  5. Riboflavin (vitamin B2) : 11% dari angka kecukupan gizi perhari
  6. Vitamin A (beta-karoten) : 9% dari angka kecukupan gizi perhari
  7. Magnesium : 8% dari angka kecukupan gizi perhari

Di luar negeri, daun kelor dikeringkanlalu dijual untuk dijadikan sebagai suplemen makanan, entah itu dalam bentuk kapsul ataupun bubuk. Jika dibandingkan dengan daunnya, bunga pohon kelor umumnya mengandung vitamin dan mineral lebih rendah. Namun, bunga pohon kelor mengandung vitamin C yang melimpah.

Namun, daun kelor memiliki kelemahan, yaitu kandungan antinutrisi yang dikandung daun kelor bisa mengurangi penyerapan protein dan mineral. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang berguna untuk kesehatan :

  1. Bisa Menurunkan Kolestrol

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar kolsetrol yang tinggi. Tingginya tingkat kolestrol dalam darah sudah dihubungkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung nabati secara teratur dapat mengurangi kadar kolestrol yang tinggi dalam darah, seperti gandum, kacang almond, dan biji rami. Manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa kelor memiliki efek yang mampu untuk menurunkan kadar kolestrol yang sama.  Jadi, kelor bisa menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam darah, yang akhirnya akan mengarah pada menurunnya resiko penyakit jantung.

  1. Dapat Mencegah dari Kemungkinan Keracunan Arsenik

Kontaminasi arsenik dalam air dan makanan merupakan kasus terbanyak di dunia. Walaupun arsenik yang terkandung di dalam air dan makanan tidak menimbulkan gejala keracunan secara langsung, tetapi  paparan arsenik yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh.

Sebuah studi observasional telah membuktikan bahwa paparan arsenik dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan peningkatan pada resiko penyakit jantung dan kanker. Beberapa studi yang diujikan pada hewan tikus membuktikan bahwa biji dan daun pohon kelor bisa mencegah dari beberapa efektoksisitas arsenik. Studi ini belum diketahui apakah juga berlaku pada manusia.

Kelor merupakan tumbuhan yang sudah sangat lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai kondisi dan penyakit yang berbeda, namun hanya terdapat beberapa masalah kesehatan yang sudah dipelajari secara ilmiah.

Sejauh ini, penelitian sudah membuktikan bahwa kelor bisa mengurangi kadar gula darah dan kolestrol secara sederhana. Kelor juga memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan, serta dapat mencegah dari kemungkinan keracunan arsenik. Daun kelor juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang kurang asupan nutrisi.

  1. Kelor Kaya akan Antioksidan

Antioksidan merupakan zat atau senyawa yang bekerja melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Tingginya kadar radikal bebas yang terkandung pada tubuh kita dapat menyebabkan stress oksidatif yang akan mengundang kehadiran penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan jantung.

  1. Mengobati Herpes

Manfaat daun kelor yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi penyakit Herpes. Penyakit ini biasanya terjadi di kulit dan sering terjadi secara tiba-tiba. Penyakit ini menyebabkan rasa gatal dan perih hingga menimbulkan bekas merah lalu menghitam setelah beberapa hari. Bahkan banyak orang yang mengalami penyakit kulit satu ini hingga bernanah.

Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit herpes, yaitu dengan cara menumbuk beberapa lembar daun kelor hingga halus, lalu ditempelkan pada kulit yang mengalami penyakit herpes tersebut.

  1. Menyehatkan Kulit

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga kecantikan. Daun kelor memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi. Kedua zat ini sangatlah baik untuk kesehatan, dengan cara dijadikan sebagai sayur. Mengonsumsi daun kelor secara teratur dengan cara dijadikan sayur, bisa mencegah munculnya jerawat serta menghaluskan kulit.

Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor

Selain itu, kita dapat memanfaatkan daun kelor untuk masker wajah yang dapat membuat kulit wajah kita semakin halus serta cantik, yaitu dengan cara menumbuk beberapa daun kelor.

  1. Mencegah Kanker

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan potasium yang sangat tinggi, sehingga tanaman ini dipercaya sebagai obat herbal yang dapat melindungi dari penyakit kanker. Khasiat yang terkandung pada daun kelor yaitu bisa memperlambat atau bahkan juga dapat menyingkirkan serta menghentikan kanker yang ada di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Diabetes

Daun kelor juga dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mengatasi penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi daun kelor secara teratur, akan mengurangi kadar gula yang terdapat pada darah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa daun kelor memiliki khasiat untuk melindungi atau mencegah penyakit diabetes atau gula darah.

  1. Menyehatkan Mata

Daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Daun kelor juga dapat mengatasi penyakit mata, yaitu dengan cara merebus air hingga mendidih, lalu masukkan beberapa lembar daun kelor ke dalam rebusan air tersebut. Setelah itu, air rebusan daun kelor tersebut dibasuhkan pada mata yang sakit. Lakukan cara ini secraa teratur hingga mata membaik.

  1. Mengobati Sariawan

Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung vitamin C yang melimpah. Vitamin C merupakan vitamin yang mampu menangani masalah yang berhubungan dengan tubuh dan mulut. Maka dari itu, daun kelor bisa digunakan untuk obat sariawan, yaitu dengan cara menjadikannya sebagai sayur untuk dikonsumsi.