masakan khas madura
masakan khas madura

Makanan Khas Madura yang Enak dan Harus Di Coba

Posted on

Makanan Khas Madura yang Enak dan Harus Di Coba

Makanan Khas Madura -Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang artikel makanan khas madura. Tidak akan lengkap kalau anda berkunjung di madura tapi ngga mencoba masakan khas madura. Berikut ini adalah beberapa masakan khas madura yang bisa anda coba kalau ke madura.

Jawa timur memiliki pulau madura yang masih kental dengan adat budayanya, dan jika anda pergi di pulau madura. Mungkin anda menjumpai orang madura bicara dengan bahasa madura, anda pasti akan bingung kalau mendengarkan. Tapi bukan berarti anda nggak bisa berbicara dengan orang madura, dan anda bisa berbicara pakai bahasa inidonesia kalau berbicara dengan orang madura.

Sate Bumbu

sate bumbu
sate bumbu

Makanan yang satu ini sangat menggiurkan, kalau di madura sate yang dijual itu banyak mulai dari jenis sate dan jenis bumbu sate. Anda bisa juga memilih sate yang anda mau beli, sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Yang menjadikan ciri khas sate ini adalah bumbu kacangnya.

Untuk menambah rasa biasanya sate madura ini disiram dengan kecap dan dikasih sedikit irisan bawang merah mentah, dan irisan cabe. Dan lebih nikmat lagi sate madura ini dihidangkan dengan lontong. Biasanya sate madura ini sering dijumpai di jalan trotoar yang dijual sama bapak-bapak.

Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas dari madura, apalagi kalau rujak cingur ini pakai petis asli dari madura tentu anda kan ketagihan. Rujak cingur ini sangat diburu-buru oleh wisatawan di Madura, dan artinya cingur itu adalah hidung. Jadi rujak cingur ini memiliki bahan tahu, sayuran, tempe ,lontong, cingur sapi dan juga bumbu.

Untuk penyajian rujak ini ada dua yaitu rujak cingur matengan dan rujak cingur biasa. Kalau rujak cungur matenga itu bahannya yang matang seperti lontong, tempe goreng, tahu goreng, bendoyo (krai) dan sayuran yang sudah direbus. Rujak biasa yaitu seperti yang ada diatas bahan-bahannya.

Bebek Songkem

Bebek Songkem
Bebek Songkem

Makanan khas madura memang sangat unik- unik, salah satu masakan yang khas banget dari madura adalah bebek songkem. Bebek songkem adalah bebek yang dibumbu dengan rempah-rempah, kemudian ditengkurapkan dan langsung dikukus denga dau pisang klutuk, terus apinya kecil. Sebab itu waktu mengukus agak lama, mengkukusnya membutuhkan waktu yang lama sekitar 3 jam,biar bumbunya lebih meresap dan rasanya lebih mantap.

Soto Madura

soto madura
soto madura

Soto madura adalah makan yang sangat khas di indonesia, jadi anda jika berkunjung di madura kalau anda tidak mencicipi soto madura anda akan rugi. Yang paling khusus dari soto madura ini adalah terkenal dengan rasa kuahnya yang sangat segar dan gurih.

Soto madura ini tidak kalah terkenal dengan rujak cingur dan sate madura. Masakan ini mempunyai rasa dan ciri yang khas, karena soto madura ini menggunakan keripik kentang. Dan untuk menambah selera anda, anda bisa tambahkan soun atau bihun sebagai pelengkap soto madura ini.

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot

Kaldu kokot adalah sop deengan bahan dasar kacang hijau dan dipadukan dengan rempah-rempah yang ada di dapur. Dan isinya adalah daging kaki sapi sehingga berbeda dengan kaldu pada umumnya. Selain kokot sapi ini ada juga ditambah dengan babat, usus,paru-paru dan daging lidah.

Dan kaldu kokot ini biasanya disajikan dengan taburan bawang merah goreng, perkedel, krupuk, sepiring lontong atau nasi. Kalau anda berkunjung di madura anda wajib mencicipi kaldu kokot, kalau anda tidak mencicipi kaldu kokot ini anda akan rugi.

Nasi Serpang

Nasi Serpang
Nasi Serpang

Masih banyak makanan khas madura yang wajib anda coba, betrikut ini masakan nasi serpang. Nasi serpang adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang khas dari madura. Biasanya ada tambahan lauk pauknya di dalamnya, jadi banyak sekali pelengkap dari nasi serpang ini.

Nasi yang dibuat untuk nasi harus nasi mpuilen, dan nasi pulen ini sangat lembut saat di kunyah di dalam mulut di tambah dengan lauk pauk yang pas. Isinya seperti soun, pepes ikan cakalan, potongan telur asin, sambel terasi, dan ditambah kuah santan yang berisi kulit sapi dan tahu ( di iris kotak-kotak).

Biasanya nasi serpang ini dibungkus dengan kertas terus dialasi daun pisang didalamnya. Nasi serpang ini biasanya dijual di tempat pinggiran atau lapak kecil, biasanya jam 05.30 sampai 07.30 karena stok dari nasi serpang tersebut sangat terbatas. Harga dari nasi serpang ini cuman sekitar 12 ribu sampai 15 ribu dan tergantung dengan lauknya.

Nasi Jagung

Nasi Jagung
Nasi Jagung

Jika di daerah anda menemukan ada nasi jagung, tapi anda harus mencoba nasi jagunng dari madura. Nasi jagung yang dari madura ini memiliki hal yang berbeda dari rasa sampai juga lauk dan pauk yang menemani nasi jagung di piring.

Biasanya nasi jagung ini di temani dengan ikan pepes tongkol, ikan pindang, peyek udang, ikan teri dan temani sambal. Walaupun nasi jagung terkenal di daerah pedesaan, meskipun nasi jagung itu termasuk murah. Namun nasi ini memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi bila dibandingkan nasi beras.

Nasi jagung mengandung vitamin A, vitamin B1, B6, B 12, vitamin c dan juga vitamin E. Nasi ini kaya dengan mineral seperti folat, fosfor, kalsium, natrium dan juga zink.

Lorjuk

Lorjuk
Lorjuk

Makanan yang satu ini terbuat dari karang laut dan dibikin seperti oseng-oseng lorjuk. Untuk menikmati sepiring lorjuk, lorjuk dilepaskan dari cangkangnya kemudian ditumis dengan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit  yang diiris, kecap asin dan kecap manis sebagai penambah rasa gurih dan menggugah rasa anda.

Tekstur dari tumismas lorjuk ini perpaduan dari kenyal, dan rasanya itu pedas asin dan manis yang sangat menggoda lidah. Dengan penggolahan yang sangta sederhana ini , sensasirasanya kan membuat anda ketagihan dan ingin nambah lagi.

Demikian artikel yang kami buat tentang masakan khas madura. Kalau anda berkunjung di madura anda wajib mencicipi satu per satu dari masakan yang ada di atas. Kalau ngga mencoba mungkin anda akan menyesal. Sekian dan terima kasih…..