Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan Dijamin Ketagihan

Posted on

Indonesia memang kaya akan kuliner yang beragam disetiap daerahnya. Termasuk juga daerah Kalimantan. Kalimantan mempunyai kuliner yang beragam dengan rasa yang khas dan gak akan mengecewakan. Makanan khas Kalimantan mempunyai rasa yang khas dan berbeda disetiap daerahnya. Kali ini kami akan memberikan beberapa makanan khas Kalimantan yang wajib anda coba.

Ketupat Kandangan.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Ketupat kandangan merupakan makanan khas dari daerah Kalimantan selatan. Makanan ini mempunyai rasa yang otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama dengan daging atau ayam, berbeda dengan ketupat kandangan. Ketupat kandangan disajikan bersama dengan Ikan gabus. Ikan gabus terlebih dahulu dipanggang, setelah itu ikan gabus dimasak dengan kuah santan yang penuh akan bumbu- bumbu.

Manday.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Kalau di Yogyakarta ada gudeg yang terbuat dari nangka, Kalimantan juga punya makanan khas yang terbuat dari buah cempedak, namanya manday. Sebelum diolah, biasanya Monday diasinkan selama beberapa hari.

Pengkang.

Kuliner Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Pengkang merupakan kue yang bersal dari Kalimantan Barat. Kue pengkang terbuat dari ketan yang diisi dengan udang ebi. Kue pengkang hamper mirip dengan lemper bedanya pengkang berbentuk segitiga dan dimakan bersama dengan saus kerang pedas. Pengkang juga dijadikan sebagai oleh- oleh khas Pontianak, lho.

Juhu Umbut Sawit.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Juhu umbut sawit merupakan sayur khas Kalimantan Tengah. Sayur ini terbuat dari umbut atau pohon kelapa muda. Mungkin bagi kalian masakan ini tergolong aneh, karena jarang sekali pohon kelapa dijadikan bahan masakan. Juhu umbut sawit biasanya menjadi menu wajib saat ada acara- acar pernikahan adat.

Sate Payau.

Kuliner Khas Kalimantan
Kuliner Khas Kalimantan

Sate payau merupakan sate yang terkenal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Selain terkenal makanan ini juga menjadi makanan favorit warga Kutai Kartanegara. Sate payau sebenarnya terbuat dari daging rusa yang diberi bumbu kacang dan kecap.

Amparan Tatak.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Amparan tatak merupakan kue khas Banjar, Kalimantan Selatan. Kue ini sering menjadi hidangan saat ada acara- acar penting. Amparan tatak terbuat dari tepung beras dan santan. Rasa kue ini mirip dengan kue pisang yang dibungkus ke dalam daun pisang. Bedanya amparan tatak di buat dalam porsi yang besar.

Ayam Cincane.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Ayam cincane adalah salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan Timur yang tidak boleh kalian lewatkan. Makanan ini mempunyai rasa yang unik, seunik namanya. Ayam cincane sekilas mirip dengan ayam balado. Di kalangan masyarakat Samarinda makanan ini sering di hidangkan saat ada acara- acara penting.

Lawa.

Makanan Khas Kalimantan
Makanan Khas Kalimantan

Lawa merupakan salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan Utara yang tidak boleh kalian lewatkan. Rasanya yang gurih dan menyegarkan membuat siapapun yang memakannya ingin tambah lagi dan lagi. Makanan ini terbuat sayuran atau rumput laut yang dibumbui dengan kelapa sangria dan udang galah. Kuliner ini adadlah kuiner dari Kerajaan Bulungan, jadi tidak heran kalua masakannya unik dan juga istimewa.
Naahh.. Itulah beberapa makanan khas dari daerah Kalimantan. Dijamin jika kalian mencicipinya, kalian pasti akan ketagihan. Kalau tidak percaya, mari buktikan sendiri rasanya! Selain kuliner Kalimantan juga mempunyai beberapa tempat yang menarik dan cocok banget untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Dijamin jika kalian berlibur ke Kalimantan kalian tidak akan menyesal.