Makanan Khas India
Makanan Khas India

Makanan Khas India Yang Enak Dan Terkenal Wajib Anda Coba!

Posted on

Ada banyak jenis makanan khas dari berbagai negara dengan ciri dan juga cita rasa yang khas di setiap negaranya. Ada makanan yang mempuyai cit rasa manis, asam, pedas dan asih banyak lagi.

Kali ini kami akan membahas tentang makanan khas dari India. Ciri- ciri dari makanan khas India adalah menggunakan bahan dasar sayuran dan banyak menggunakan rempah- rempah. Sekedar informasi saja nih, makanan pokok orang India adalah beras, kacang hijau, kacang hiitam, kacang gude, kacang arab dan juga letil.

Beberapa makanan khas India mempunyai rasa pedas dengan kuah yang rasanya juga sangat kuat. Sehingga makanan ini sangat cocok dinikmati oleh para pecinta makanan pedas. Langsung saja ini dia beberapa makanan khas India yang enak dan terkenal yang wajib anda coba.

Parata.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Makanan yang satu ini sangat popular di India, bahkan di Indonesia pun banyak terdapat resto yang menyediakan makanan khas India. Di Indonesia parata mirip dengan martabak, bahan yang digunakan pun sama. Parata biasanya dinikmati berasama dengan kuah kari dan untuk minumannya yang paling cocok adalah lasee atau yogurt asam.

Halwa.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Halwa merupakan makanan khas India yang mempunyai rasa manis. Halwa biasa dihidangkan sebagai makanan penutup. Bahan dasar dari halwa adalah wortel yang diolah menjadi pudding yang rasanya sangat enak, lho. Selain itu, kapulaga juga menjadi salah satu bahan yang memberikan rasa manis pada halwa.

Makanan yang satu ini mengandung serat yang cukup tinggi. Biasanya halwa diberi topping berupa almond atau kismis. Karena rasa manisnya halwa banyak digemari oleh anak- anak kecil.

Samosa.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Samosa hampir mirip dengan pastel, bedanya samosa berbentuk segitiga sedangkan pastel berbentuk menyerupai setengah lingkaran. Samosa mempunyai rasa gurih dan sangat renyah, lho.  Buat kalian para pecinta rasa manis jangan khawatir karena sekarang samosa tersedia dalam berbagai rasa. Jadi, kalian tetap bisa menikmatinya kan?

Jalebi.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Jalebi merupakan salah satu makanan khas India yang mampu membuat lidah penikmatnya bergoyang. Jalebi masuk ke dalam jenis makanan camilan. Bahan dasar jalebi adalah tepung yang kemudian dibentuk sedemikian rupa dan kemudian digoreng.

Setelah digoreng jalebi akan dicelupkan ke dalam sirup gula. Sehingga jalebi nantinya akan mengkristal dan terlihat sangat mengkilap. Gula yang kering di luar memberikan rasaa manis dan saat digigit akan terasa kenyal. Penasaran, bagaimana rasanya?

Laddu.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Makanan khas India yang satu ini sangat sering muncul di drama- drama India. Laddu mempunyai bentuk bulat dan berukuran kecil. Bahan dasar laddu adalah gula dan tepung, sehingga makanan yang satu ini juga mempunya rasa manis.

Laddu biasanya disajikan saat ada upacara keagamaan dan perayaan meriah. cara membuat laddu adalah adonan di bulat- bulatkan, lalu diolesi dengan mentega (khas dari India) dan kemudian digoreng hingga matang.

Kheer.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Makanan yang satu ini terbuat dari beras dan kemudian diolah menjadi pudding beras yang sangat enak rasanya, lho. Kheer biasanya disajikan sebagai makan penutup. Bahan yang digunakan untuk membuat kheer anatara lain tepung gandum, beras, gula, susu, dan juga tepung tapioka. Agar lebih lengkap adonan kheer ditambah dengan beberapa rempah- rempah seperti kunyit dan kapulaga. Biasanya di atasnya kheer terdapat kacang mete dan juga almond.

Palak Paneer.

Bahan utama untuk membuat palak paneer adalah bayam dan keju. Cara membuatnya adalah bayam dan keju dicampur dengan berbagai bahan rempah- rempah, kemudian semua bahan dihaluskan hingga teksturnya menyerupai bubur.

Makanan yng satu ini sangat popular bagi para vegetarian di India. Selain rasanya yang enak makanan ini juga baik untuk melancarkan pencernaan. Jadi, tida ada salahnya saat kalian berkunjung ke resto India mencicipi makanan yang satu ini.

Chole.

Makanan Khas India
Makanan Khas India

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan India yang sederhana. Bahan untuk membuatnya adalah tomat, bawang, buncis dan juga beberapa rempah- rempah. Makanan ini biasanya disajikan degan irisan daging kambing atau bisa juga dengan daging ayam.  Makanan ini sangat cocok di makan bersama dengan keluarga besar.

Itulah beberapa makanan khas India yang enak dan terkenal yang wajib anda coba. Anda dapat mencobanya saat berlibur ke India atau bisa juga dengan mendatangi resto India yang ada di daerah anda.