Perangkat Keras Komputer
Perangkat Keras Komputer

Beberapa Macam Perangkat Keras Komputer

Posted on

Perangkat keras komputer –  Perangkat keras komputer yaitu suatu perangkat sistem jaringan yang terdapat dalam komputer, untuk anda yang ingin mengetahui informasinya dan beritanya, pas banget anda membaca dan menyimak artikel kami pada kali ini. Pada pertemuan artikel kali ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang beberapa macam perangkat keras komputer yang dapat anda ketahui dan dapat menambah wawasan anda dalam ilmu pengetahuan.

Perangkat keras komputer mempunyai nama istilah lain yaitu hardwer yang mempunyai arti yaitu sebuah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Perangkat keras ini mempunyai sifat yang sangat berbeda dengan perangkat lunak komputer yaitu dikenal dengan istilah softwer, yaitu dapat dilihat, diraba dan berbentuk nyata.

Pada umumnya hardwer terbagi menjadi empat bagian yaitu perangkat masukan atau input, perangkat keluaran atau output, perangkat pengolahan data atau prosesor dan perangkat aksesoris. Perangkat yang pertama yaitu perangkat masukan yaitu perangkat yang berfungsi untuk menginput data agar masuk kedalam computer, contoh dari perangkat masukan seperti mouse, scanner, webcam, dan keyboard.

Perangkat Keras Komputer
Perangkat Keras Komputer

Sebuah data yang masuk melalui perangkat keras masukan dan kemudian diolah sengan perangkat pengolahan data yaitu contohnya seperti CPU ataupun processor yang telah didukung oleh motherboard. Setelah sebuah data diolah, sebuah komputer kemudian dapat menghasilkan keluaran dari perangkat keras output yaitu seperti monitor, printer dan speaker.

Selain perangkat masukan, perangkat keluaran dan perangkat pengolahan data, ada juga perangkat aksesoris yang telah mendukung program kerja sebuah komputer yaitu seperti harddisk, memory card, LAN card, card reader dan yang lainnya. Dibawah ini kami akan memberikan kelengkapan dari macam perangkat keras komputer yang dapat anda pahami dan dapat anda pelajari.

Macam Perangkat Keras Komputer :

  • Motherboard

Motherboard
Motherboard

Motherboard merupakan perangkat keras komputer yang pertama yang akan kami berikan seputar informasi penjelasannya kepada anda. Motherboard merupakan papan sirkuit yang berfungsi sebagai suatu tempat komponen-komponen komputer yaitu seperti harddisk, RAM, processor dan lain sebagainnya. Perangkat keras yang satu ini mempunyai bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang pastinya sangat berguna sebagai tempat lalu lintasnya sebuah data, dengan adanya perangkat keras komputer yang satu ini maka semua perangkat yang ada dalam komputer akan saling terhubung dan akan dapat saling bekerja sama sehingga sebuah komputer dapat berjalan dengan lancer.

  • Processor

Processor
Processor

Processor merupakan perangkat keras komputer yang selanjutnya yang mempunyai bentuk yang berbeda yang akan kami berikan informasinya hanya untuk anda. processor merupakan sebuah IC yang mempunyai pekerjaan mengontrol semua jalannya sebuah sistem operasi yang ada dalam komputer, processor lebih dikenal dengan kata CPU ini dapat menjadi sebuah otak pada sebuah komputer karena tugasnya yaitu melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Pada umumnya perangkat ini berfungsi untuk memproses inputan sebuah data menjadi keluaran berupa output. Pada perangkat ini terdapat beberapa bagian penting yaitu ALU yang mempunyai berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika yang sesuai instruksi suatu program, control unit yaitu pengatur input dan output data, dan memory unit yaitu berfungsi sebagai alat penyimpanan data.

  • Hard Disk

Hard Disk
Hard Disk

Hard disk merupakan perangkat keras komputer yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda yang sudah setia membaca artikel kami. Perangkat keras yang satu ini berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder, dalam sebuah perangkat keras ini terdapat lebih dari satu piringan yang mempunyai fungsi menampung data-data secara magnetis. Hard disk ini berbeda dengan RAM yang RAM tersebut mempunyai fungsi menyimpan data atau intruksi secara sementara.

Hard disk akan meyimpan data seperti music, gambar, foto, vidio dan lain sebagainnya. Secara permanen tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan kecuali dihapus oleh pengguna komputer. Pada umumnya ada tiga jenis hard disk yang dijual dipasaran yaitu ATA, SATA, dan IDE, pada tiga jenis tersebutlah mempunyai keunikan yang berbeda-beda yaitu perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang mempunyai pengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer.

  • Monitor

Monitor
Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang terdapat dalam komputer yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Perangkat keras ini merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi sebagai penampilan hasil pengolahan data berupa grafis. Pada umumnya merek monitor mempunyai ukurang yag berbeda-beda dan mempunyai resolusi yang berbeda-beda, jenis monitor pada saat ini yang paling umum yaitu seperti monitor LCD dan monitor CRT.

Kualitas beberapa monitoring tergantung berdasarkan beberapa aspek, mungkin dapat dilihat dari waktu responsnya, resolusinya, tingkat kecerahannya, pixel pitchnya, dan perbandingan kontrasnya. Sebuah resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh sebuah monitor, semakin banyak pixel yang digunakan maka semakin tinggi resolusi monitornya. Waktu respon yang dihitung dalam milidetik merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat pixel mati dan menyala.

  • VGA Card

VGA Card
VGA Card

VGA card merupakan perangkat keras komputer yang selanjutnya yang mungkin sudah tidak asing lagi namanya terdengar dikalangan ilmu komputeran, yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. VGA card merupakan perangkat keras yang sudah mempunyai fungsi tersendiri yaitu berfungsi sebagai mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh sebuah monitor, VGA card juga mempunyai processor yang biasa disebut dengan istilah GPU atau Graphic Processing Unit.

Pada umumnya perangkat keras yang satu ini akan sangat dibutuhkan, yaitu khusunya bagi gamer maupun designer, ada beberapa jenis VGA yang bergantung pada slot yang tersedia pada motherboard yaitu :

  1. VGA Card AGP yaitu mempunyai kapasitas yang mungkin sudah lumayan cukup besar yaitu sekitar 128 MB, 256 MB dan sebagainya.
  2. VGA Card ISA yaitu mempunyai bentuk yang lebih panjang dari VGA card yang lainnya. VGA ini banyak digunakan motherboard tipe lama dengan mempunyai kapasitas sangat kecil dan digunakan komputer sebelum seri Pentium.
  3. VGA Card PCI Express yaitu dibagi menjadi dua jenis yaitu PCI Express 16x dan PCI Express 1x.
  4. VGA Card PCI yaitu mempunyai versi yang baru dari ISA yang banyak digunakan komputer Pentium keluaran awal seperti Pentium II, III dan beberapa IV tipe lama.

Diatas tadi merupakan macam perangkat keras komputer yang telah kami berikan seputar informasinya yang pastinya telah kami tuliskan hanya untuk anda pembaca setia jempoltangan. Terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel kami sampai akhir yang dapat anda gunakan sebagai materi penambah ilmu dalam bidang komputer dan sampai jumpa dengan artikel kami selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya untuk anda.