Sholat sunnah
Sholat sunnah

Macam-macam Sholat Sunnah dan Pengertiannya Lengkap

Posted on

Sholat Sunnah – Sebagai umat muslim, pastinya mempunyai kewajiban yang harus di laksanakan. Salah satunya adalah sholat. Sholat adalah tiangnya agama. Tanpa sholat agama tidak akan bisa berdiri tegak. Dan dengan sholat bisa membuat hati menjadi damai dan tentram. Sholat termasuk dalam rukun islam yang kedua.

Setiap umat islam, wajib untuk mengerjakan sholat. Utamakan untuk mengerjakan sholat wajibnya dahulu seperti sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Setelah sholat isya membiasakan dirilah untuk mengerjakan sholat sunnah. Agar menambah amalan pahala kita. Apalagi, kalo kita mengerjakan sholat sebelum sholat subuh pahalanya seperti dunia dan isinya. Sangat menakjubkan bukan. Ayo berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dalam sehari semalam kita mengerjakan sholat sebanyak lima kali dan berjumlah 17 rakaat. Sebenernya sholat sunnah ini hukumnya sunnah, namun alangkah baiknya kita mengerjakannya agar mendapat pahala. Namun tidak mendapat dosa jika tidak dikerjakan. Apa kalian sudah mengenal macam-macam sholat sunnah selain sholat sunnah rawatib. Kali ini, saya berkesempatan untuk membagikan info tentang macam macam sholat sunnah. Simak info dibawah ini.

Macam-macam sholat sunnah

solat subuh dimasjid
solat subuh dimasjid

Sholat rawatib

Sholat sunnah rawatib ini yang biasanya kita lakukan sebelum dan sesudah sholat wajib. Sholat rawatib seluruhnya berjumlah 22 rakaat. Rincianya yaitu :

sholat subuh : 2 rakaat sesudah dan sebelum sholat sunnah

sholat dzuhur : 2 rakaat s esudah dan sebelum sholat dzuhur

sholat ashar : tidak ada sholat sunnah

sholat maghrib : 2 rakaat sesudah dan sebelum sholat maghrib

sholat isya : 2 rakaat sesudah dan sebelum sholat isya

sholat istikharah

sholat istikharah, mungkin ini sudah tidak asing lagi. biasanya bagi seseorang yang bingung untk mencari  jawaban atau keputusan orang tersebut mengerjakan sholat istkharah ini. Sholat istikharah ini tidak hanya untuk meminta hajat untuk jawaban menikah saja, namun segala permasalahan bisa kita cari jawabanya perantara sholat istikharah.

Sholat istikharah bisa dikerjakan dalam waktu kapan saja, karena tidak di batasi oleh waktu bisa mengerjakanya ketika siang atau malam hari dan ini dilakukan sendiri. Namun, waktu ynag paling tepat ketika sepertiga malam dimana pada saat itu allah swt berada pada langit dunia.

Sholat hajat

Sholat hajat merupakan sholat permintaan atau keinginan yang kita inginkan agar cepat terkabul. Sholat hajat ini memliki maksud dan tujuan tersendiri.  Untuk mengerjakan sholat hajat ini tidak memiliki batasan hanya keinginan kita sendiri, namun juga bisa mminta kepada allah swt untuk hubngan antar sesama muslim lainnya.

Maksudnya yaitu ini termasuk cara yang paling pas untuk curhat dan berdoa kepada sang pencipta yaitu allah swt melalui perantara sholat hajat ini. sholat hajat ini boleh dikerjakan kapan saja, akan tetapi bukan pada saat waktu yang dilarang. Seperti setelah shubuh atau setelah sholat ashar. Namun waktu paling utama yakni pada sepertiga malam yang akhir.

Sholat taubat

Bertaubat yaitu menyesal, merasa kapok dan yakin terhadpa diri untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. sholat taubat ini memiliki tujuan untuk meminta ampun kepada allah swt atas segala dosa dosa yang telah dilakukanya dan agar kita bisa kembali sadar bahwa yang dikerjakan selama ini adalah perbuatan yang salah.

Sholat taubat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat dan memiliki ketentuan yaitu satu kali salam setiap rakaat.

Sholat gerhana

Sholat gerhana ini dikerjakan ketika terjadi gerhana, baik gerhana bulan atau matahari dan sholat gerhana dikerjakanan ini di lakukan sebanyak dua rakaat. Waktu mengerjakan sholat gerhana ini dimualai dar terjadinya gerhana gulan atau matahri sampai bulan terbit kembali utuh atau hingga matahari terlihat kembali.

Sholat tasbih

Shalat tasbih adalah sholat sunnah yang di sarankan oleh rasulallah saw. Nabi muhammad saw pernah bersabda yang isinya kerjakan sholat tasbih ini setiap hari sekali, jika tidak mampu seminggu sekali, jika tidak mampu sebulan sekali, jika tidak mampu setahun sekali, bahkan jika tidak mampu lakukan dalam seumur hidup sekali.

Sholat tasbih ini mengandung bacaan 300 kali tasbih dan berjumlah 4 rakaat oleh karena itu disebut sholat tasbih.

Sholat tahiyatul masjid

Sholat tahiyatul masjid merupakan sholat yang bertujuan sebagai penghormatan masjid sebagai rumah allah swt. Sholat tahiyatul masjid bisa dilakukan kapan saja oleh mereka yang berada di mesjid. Sholat tahiyatul masjid biasa dilakukan sebelum adzan berkumandang dan sebelum melakukan sholat berjamaah di masjid.

Sholat tahajud adalah sholat yang biasanya dikerjakan pada sepettiga malam yang akhir, karena pada saat itu allah turun pada langit bumi dan semakin dekat dengan kita. Sholat tahajjud ini berjumlah 2 rakaat untuk satu kali dalam semalam. Sholat tahajud dikerjakan ketika telah terbangun dari tidur dan sesudah mengerjakan sholat isya boleh langsun mengrjakannya.

Ketika diawal pagi malam yaitu antara waktu isya sampai sekitar setngah 10 malam atau dikerjakan pada tengah malam antara pukul 10 hingga pukul 1 dini hari. Namun, waktu yang paling pas untuk mengerjakan pada sepertiga malam yang akhir. Sekitar jam 1 dini hari hingga menjelang sholat subuh yakni sepertiga malam akhir.

Sholat isyroq

Mungkin namanya masih terllau asing di telinga kita, namun sholat istyroq ini termasuk dalam bagian sholat dhuha yang dikerjakan di waktu awal. Yaitu dari matahari setinggi 15 tombak ini sekitar 15 menit sebelum matahari terbit dan sebelumnya berdiam diri di masjid sesudah sholat subuh berjamaah.

Sholat witir

Sholat witir adalah sholat sunnah dengan rakaat ganjil ini  yang biasanya dilakukan setelah melakukan sholat lainnya di waktu malam seperti sholat teraweh dan tahajjud. Sholat witir ini sebagai sholat penutup atau mengganjili sholat yang genap. Karena ini dianjurkan untuk menjadikanna akhir sholat malam

Sholat teraweh

Sholat teraweh adalah sholat sunnah yang biasanya dilakukan atau dikerjakan ketika bulan ramadhan dan sholat teraweh ini hukumnya sunnah muakad dan boleh dikerjakan sendiri atau secara berjamaah. Waktu pengerjaan sholat teraweh ini sesudah sholat isya hingga waktu fajar.

Berikut diatas adalah macam-macam sholat sunnah yang bisa kamu amalkan dan praktekkan dalam sehari-hari. Semoga bisa menginspirasikan untuk anda dan terima kasih.