Macam-Macam Penyakit Menular
Macam-Macam Penyakit Menular

Waspadai 9 Penyakit Menular Penyebab Kematian

Posted on

Macam-Macam Penyakit Menular – Penyakit merupakan suatu kondisi yang tidak wajar dari tubuh atau pikiran yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran pada orang yang mengalaminya. Kebanyakan orang biasanya berkonsultasi dengan seorang dokter untuk menjalani proses pengobatan agar sembuh.

Ada penyakit yang menular dan tidak menular. Penyakit menular merupakan penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Penularan penyakit bisa terjadi umumnya karena terjadi kontak antara orang yang sakit dengan orang lain.

Demam Berdarah
Demam Berdarah

Selain itu, penyakit juga bisa menular secara langsung atau melalui perantara.   Penyakit yang menular biasanya memiliki sifat akut, berdurasi pendek dan kebanyakan disebabkan oleh patogen.

Macam-Macam Penyakit Menular

  1. Influenza

Mcam-macam penyakit menular yang pertama yaitu penyakit Influenza. Penyakit yang satu ini diakibatkan oleh virus yang menyerang bagian saluran pernapasan. Penyakit Influenza merupakan penyakit yang bisa sangat cepat menular.

Gejala dari penyakit ini adalah demam, sakit kepala, menggigil, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, kerongkongan terasa sakit, berkeringat, batuk-batuk, hidung berair serta suhu tubuh meninggi. Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya bisa membantu mengobati penyakit influenza dan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

  1. Demam Berdarah (DBD)

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang dapat berakibat fatal dalam waktu yang relatif singkat. Penyakit ini tidak menular melalui kontak manusia secara langsung, namun dapat ditularkan lewat nyamuk Aedes Aegypti betina yang memiliki virus pada telurnya. Setelah itu, akan menularkan virus tersebut pada manusia lewat gigitan.

Nyamuk Aedes Aegypti biasanya menggigit pada siang hari sekitar jam 09.00 – 10.00 atau sore hari sekitar jam 16.00 –17.00. Demam berdarah memiliki gejala demam secara tiba-tiba, sakit pada sendi dan otot, sakit kepala berat, serta muncul bintik-bintik merah pada kulit. Penyakit demam berdarah bisa dicegah dengan melakukan cara berikut ini, di antaranya :

  • Penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat
  • Membersihkan dan menguras bak mandi
  • Membersihkan saluran air
  • Menutup tempat penyimpanan air
  • Mengubur barang-barang bekas yang sudah tak terpakai

   3. Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh virus. Penderita diare akan sering mengalami buang air besar dengan tekstur faces yang encer. Diare yang sudah sampai tahap berat jika tidak segera dilakukan penyembuhan dengan benar dapat mengakibatkan dehidrasi bahkan mengakibatkan kematian.

Penyakit diare ini biasanya disebabkan oleh alergi zat tertentu, gejala luka, penyakit dari makanan, dan kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin C. Dengan mengkonsumsi cairan yang mengandung oralit yang melimpah yang akan mengganti jumlah cairan yang keluar melalui buang air besar bisa membantu mengobati penyakit diare.

  1. Tuberkulosis (TB/TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh terutama paru-paru. Penderita TBC dapat menularkan penyakit yang diidapnya kepada orang lain melalui sistem pernapasan. Penyakit yang satu ini semakin susah untuk disembuhkan setelah ditemukannya virus yang berpindah XDR-TB yang tahan atau kebal terhadap obat-obat yang ada sekarang ini.

  1. Cacar

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang memiliki sifat menular. Pada kulit Penderita cacar air ini biasanya terlihat sekumpulan bintik-bintik kecil yang berisi cairan atau keropeng. Bintik-bintik yang ditimbulkan penyakit cacar air membuat orang yang terkena penyakit ini akan merasakan gatal yang tak tertahankan.

Penyakit ini menimbulkan efek jangka panjang, yaitu infertilitas, cacat pada kulit, terkadang juga terjadi kebutaan. Gejala dari oenyakit ini adalah sakit kepala, demam, ruam dan nyeri tubuh. Penyakit cacar ini juga bisa meninggalkan bekas luka cacar yang sangat sulit untuk dihilangkan.

  1. Malaria

Macam-macam penyakit menular yang berikutnya yaitu penyakit malaria. Penyakit malaria merupakan penyakit berbahaya karena telah membunuh 2 juta orang setiap tahunnya. Bahkan setiap tahun terdapat 400 – 900 juta kasus demam yang disebabkan oleh penyakit malaria. Penyakit ini menularkan virusnya melalui nyamuk dan mereka berkembang biak di dalam sel darah merah.

Gejala dari penyakit ini adalah mual, demam, dan pada beberapa kasus ekstrim yang pernah terjadi bisa mengakibatkan koma hingga kematian. Penyakit malaria merupakan permasalahan terbesar di daerah tropik dan subtropik hampir di seluruh dunia.

  1. Penyakit Campak

Campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Paramiksovirus. Penyakit ini dapat menular melalui lidah penderita campak. Masa inkubasi penyakit campak sekitar 10 hingga 14 hari. Gejala dari penyakit ini adalah hidung berlendir, panas, tenggorokansakit, batuk, nyeri pada otot dan mata menjadi merah.

Jika penyakit ini sudah sampai pada tahap yang parah, maka penderita akan merasakan sakit dan ruam di seluruh tubuh serta suhu badan meninggi. Pencegahan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara pemberian vaksin campak ketika masih bayi.

  1. Kolera

Penyakit kolera adalah penyakit yang meneyerang saluran usus atau lebih tepatnya yaitu infeksi saluran usus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae. Seseorang bisa terkena penyakit ini karena makanan atau minuman yang dikonsumsinya terkontaminasi dengan bakteri tersebut. Pada saat di dalam usus, bakteri ini akan mengeluarkan enterotoksin atau racun.

Akibatnya, penderita penyakit kolera akan terserang diare yang disertai dengan muntah yang akut. Akibat selanjutnya yaitu penderita akan kehilangan banyak cairan tubuh dan akan masuk pada keadaan dehidrasi bahkan kematian.

  1. Pes

Macam-macam penyakit menular yang terakhir yaitu penyakit pes. Penyakit pes atau penyakut yang biasa dikenal dengan nama “Black Death”, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Yersinia Pesti. Virus ini paling sering terbawa oleh hewan pengerat dan kutu. Pada abad pertengahan, penyakit ini telah membunuh jutaan orang di Eropa melalui wabah yang disebabkan oleh kutu tikus yang banyak terdapat di perkantoran dan rumah-rumah.

Apabila penyakit ini terdeteksi sejak dini, maka akan bisa diobati dengan efisien dengan antibiotik yang telah tersedia saat ini. Namun, apabila seseorang sudah terinfeksi sejak lama dan tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kematian. Wabah pes ini juga bisa terjadi pada masyarakat di pedesaan.

Penyakit menular di dunia memang cukup banyak, beberapa dari penyakit tersebut ada yang mematikan dan harus diwaspadai dengan pola hidup sehat yamg bisa mengubah gaya keseharian kita agar tidak terkena penyakit. Demikian informasi mengenai macam-macam penyakit menular dari kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih.