Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer Yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Di artikel sebelumnya Jempol Tangan sudah memberikan sebuah artikel tentang manfaat jaringan komputer. dan kali ini Jempol Tangan akan memberikan sebuah artikel baru khususnya untuk anda semua yang membacanya.  Sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan anda semua. Karena hari ini Jempol Tangan akan membahasa tentang macam-macam jaringan komputer.

Sebelum kita membahas tentang macam-macam jaringan komputer, terlebih dahulu kita mengenal tentang pengertian jaringan komputer. apakah diantara kalian ada yang mengetahuinya tentang pengertian komputer? jika anda tahu anda bisa mengomentari nya dibawah ini, tapi jika anda belum tahu simak ulasannya dibawah ini.

Macam-Macam Jaringan Komputer
Macam-Macam Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Sesuai dengan janji yang diatas tadi saya akan memberikan tentang pengertian jaringan komputer bagi anda yang belum mengetahuinya. Apa itu jaringan komputer ? jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang akan berhubungan satu dengan yang lainnya. Hubungan yang dibentu dari jaringan komputer yaitu hubungan komunikasi seperti pesan instan, berbagi sumber daya (Resource) semisal data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan akses terhadap informasi seperti web. Contohnya dengan mengkoneksikan antara dua komputer sehingga keduannya dapat bertukar informasi satu sama lain. Bentuk koneksi itulah yang dapat melalui serat optic, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (Radio, Satelit).

Tujuan dari adanya sebuah jaringan komputer adalah setiap komputer yang termasuk kedalam suatu sistem yang dapat untuk menerima dan memberikan layanan (Service). Pihak yang menerima layanan disebut dengan klien (Client), dan yang memberikan sebuah layanan yang biasa disebut dengan peladen (Server). Sehingga sistem bisa terbentuk melalui layanan ini atau bisa disebut sistem Client-server, bahkan sistem ini bisa digunakan ke semua jaringan komputer melalui aplikasi.

Jadi jaringan komputer ini memungkinkan penggunannya bisa menjalanan komunikasi satu sama lain dengan mudah, tepat, dan cepat. Selain itu juga peran dari jaringan komputer itu sangat dibutuhkan agar bisa mengintegrasi data-data antara komputer ke komputer client sehingga bisa memperoleh suatu data-data yang memiliki relevansi dengan sesuai kebutuhan.

Bagaimana sudah jelas pengertian tentang jaringan komputer, jika anda sudah memahami nya secara detail maka sekarang saya akan memberikan macam-macam jaringan komputer yang mungkin anda belum mengetahuinya.

Baca Juga : Simak Baik-baik, Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli Lengkap

Macam-Macam Jaringan Komputer

  • LAN
Jaringan LAN
Jaringan LAN

LAN atau bisa disebut Local Area Network ini merupakan jaringan yang dapat mencakup wilayah kecil. Seperti jaringan komputer kamus, kantor,gedung, sekolah atau rumah yang memiliki luas yang lebih kecil. Pada saat ini sudah kebanyakan LAN berbasis teknologi I EEE 802.3 Ethernet yang menggunakan sebuah perangkat switch, yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10, 100 atau 1000 Mbit/s. selain teknologi, ada juga teknologi baru yaitu 802.11b atau biasa dinamakan Wi-fi. Alat ini juga sering digunakan untuk membentuk sebuah LAN. Karena tempat-tempat yang menggunakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-f biasanya disebut hotspot. Dan dalam sebuah LAN tedapat node atau komputer yang memiliki daya komputasi sendiri, dan berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga bisa mengakses sumber daya yang ada di LAN dengan sesuai hak akses yang sudah diatur sebelumnya. Sumber daya itu berupa data atau perangakt seperti printer. Dan seseorang juga bisa berkomunikasi dengan pengguna yang lainnya dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

  • WAN
Jaringan WAN
Jaringan WAN

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yaitu Wide Area Network. WAN ini juga merupakan sebuah jaringan komputer yang dapat mecakup sebuah area yang sangat besar seperti  tempata-tempat yang berada di kota atau bahkan Negara, atau juga bisa didefinikasikan sebagai jaringan komputer yang memerlukanjaringan lokal dari satu jaringan ke jaringan lokal lain, sehingga para pengguna komputer yang berada dilokasi itu bisa berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya.

  • MAN
Jaringan MAN
Jaringan MAN

MAN merupakan suatu jaringan yang berada didalam suatu kta yang mempunyai transfer data berkecepatan tinggi. MAN juga dapat menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintah, dan sebagainya. Jaringan MAN ini menggunakan beberapa gabungan dari LAN. Dan jangkauan yang dimiliki MAN ini antara 10 sampai 50 km, jadi MAN ini adalah suatu jaringan yang sangat pas untuk membuat jaringan antar kantor dalam satu kota atau bahkan antar kota sekalipun.

Baca Juga : Sejarah dan Perkembangan Komputer Yang Belum Kalian Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai manfaat jaringan komputer itu mempunyai banyak sekali manfaat jaringan komputer yang anda dapat dibawah ini:

  • Dengan adanya suatu jaringan komputer maka kita bisa mengakses file yang kita inginkan sekaligus file orang lain yang sudah disebarluaskan melalui jaringan komputer, seperti jaringan internet.
  • Lewat jaringan komputer maka kita bisa menjalankan proses pengriman data-data secara singakt dan tepat.
  • Jaringan komputer juga dapat membantu seseorang untuk bisa brhubungan bersama orang lain dari berbagai macam Negara dengan mudah.
  • Selain juga pengguna komputer tersebut bisa mengirim gambar, audio, video maupun teks secara cepat dengan adanya bantuan melalui jaringan komputer.
  • Dan kita juga dapat mengakses informasi atau berita secara mudah melalui internet yang disebabkan internet yang merupakan salah satu dari conth jaringan komputer.

Misalkan ketika kita berada didalam sautu kantor yang sedanga membutuhkan printer, kita tidak perlu untuk membeli printer sejumlah dengan komputer yang ada di kantor tersebut. Kta hanya oerlu untuk membeli satu printer saja untuk bisa digunakan oleh seluruh karyawan pada kantor tersebut dengan adanya bantuan dari sebuah jaringan komputer.

Mungkin sampai disini dulu artikel hari ini tentang macam-macam jaringan komputer yang bisa saya berikan untuk anda. Semoga artikel saya ini dapat menambah wawasan pengtahuan anda. Dan jika ada kesalahan penulisan atau informasi yang salah saya minta maaf. Sekian terima kasih.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda