Macam Macam Ikan Discus Yang Dapat Di Pelihara

Posted on

Hy sobat, kali saya mau melanjutkan shring tentang mengenaik ikan hias air tawar yang tidak kalah dengan ikan arwana tersebut. Dengan ikan arwana ini, kali ini saya mau membahas tentang ikan discus yang mempunyai habitat yang sangat lah asli di kawasan sungai amazon, yang ada di America Serikat.

Ikan discus ini merupakan ikan yang bertubuh ramping seperti ikan layang layang yang mana mempunyai warna dan corak yang sangat lah cantik dan unik. Ikan jenis ini tegolong pasif dan bergerak gerak yang sangat lah lambat tidak seperti ikan ikan lainnya.

Saat ini ikan discus banyak lah orang yang suka oleh aquaristnya ( orang yang pencinta ikan yang suka memlihara ikan di aquarium ). Jenis ikan ini sayangnya di air tawar yang dirasakan kurang cocok sekali bagi pemula karena membutuhkan perawatan yang begtu sulit di bandingkan jenis ikan air tawar lainnya.

Di Indonesia ini mempunyai jenis jenis discus yang sangat lah terkenal di mana mana yaitu Heckel (symphysodon discus ), Brown ( symphysodon aequifasciata axel ), green ( symhysodon aequidasqiata aequifasciata ), dan Blue ( symphysodon aequidasqiata haraldi ).

Jenis Jenis Ikan Discus

Ada juga yang menyebut kalo jenis ikan ini masih di kontroversi. Yang mana hal ini berkaitan dengan ada nya penmuan spesies baru yang membuat kita dan para ahli biologi untuk melakukan peninjauan ulang terhadap genus discus.

Pada tahun 2008 ini menyatakan ada 3 spesies baru yang sangat alh terseingkir atau belum divalidasi. Hal ini sambil menunggu hasil validasi, saya ingin menyampaikan bahwa ada jenis yang sudah di klarifikasi yang sebagai jenis ikan discus.

Ikan Discus Heckel

Ikan ini juga red discus, heckel’s discus, dan poumpuador Fish. Ikan jenis ini yang pertama kali ditemukan di rio Negro, Brazil. Ikan discus ini bentuknya mirip cakram atau setengah piringan hitam.

Ikan discus ini mempunyai warna dasar tubuh coklat tua samape gelap dengan garis vertikalo yang memanjang di seluruh tubuh ikan ikan tersebut. Panjang ikan jenis ini dewasanya adalah 13 cm. asalnya dari muara amazon.

Ikan Discus Green dan Peruvian

Ikan discus ini di bedakan menjadi 2 tipe yang pertama adalah Green dan Peruvian Green. Teffe Green yang berasal dari danau deket sungai amazon. Yang mana warna coklat tua ini ( merah ) sehingga kuning emas. Panjang ikan ini totalnya kedewasaan bisa mencapai 30 cm. dan ikan discus ini yang paling kuat dianatara nya discus liar.

Ika discus ini yang sekunjur tubuhnya itu akan menutupi garis garis yang pendek dengan berwarna biru. Dengan siripnya itu dubur dan pungungnya bertepi merah merah. Ikan ini panjangnya maksimal mencapai 20 cm, akan tetapi ikan ini berukuran 10 cm yang sudah matang jenis kelaminnya.

Ikan discus ini sangat lah renta terhadap perubahan yang ada di lingkungan sebaik baiknya di budidayakan di dalam ruangan yang tertutup. Yang mana ika discus ini untuk kemasan air yang perlu diatur sebaik mungkin kalo tidak diatur maka ikan ikan discus ini akan cepet matinya.

Discus ini ikan yang termaksud ikan yang paling sensitive terhadap perubahan kualitas airnya. Suhu air itu harus yang layak untuk hidup discus yang berkaisar antara 280C-300C, yang mana paling utama untuk burayak samapi ikan discus ini berumur 8 blan.

Cara memelihara ikan hias discus dan perawatan untuk para pemula

Jenis ini ada beberapa permasalahan yang paling bisa terjadi ikan discus ini yang di pelihara kita adalah strees banget. Maka hal ini secama dapat menyebabkan ikan hias discus ini mudah dapat terjangkit jngkit penyekitnya.

Selain itu tiap kita mengisi aquarium harus mempunyai koloni mikroorganisme yang sangat lah berkurang dan brmanfaat bagi ikan dan menjadi salah satu factor yang menyebabkan penyakitan pada ikan discus ini.

Kemudian, jenis ikan hal ini tidak akan kita memilikinya pengetahuan tentang tips cara memlihara ikan discus ini oleh para pengemar yang ada di rumah kalian masing masing. Darikutini ada beberapa jenis ikan dan tips yang harus kalian perhatikan dalam memelihara ikan discus ini.

Menjaga kebersihan air

Faktor factor yang paling dapat mempengaruhi kondisi kebugaran ikan discus lainnya yaitu kondisi air yang harus jernih itu sendiri. Jika kalian kurang rajin dalam kebersihan pada aquarium kalian masing masing maka ikan discus ini akan cepet bnget mati kalo aquarium kalian gak di bersihkan.

Sebab air yang kurang bersih itu akaterdapat banyak bakteri yang sering dating yang akan mengancam kesehatan ikan discus kalian. Oleh Karena itu, kalianharus teliti dengan kebersihan air aquarium kalian masing masing.

Makanan Alami

Makanan alami merupakan makanan yang di ambil langsung dari alam atau yang sudah melimpahkan di alam bebas dengan tanpa perlu memprosesnya terlebih dahulu. Maka pakan yang alami ini yang saya masksud ialah:

  1. Infusoria dan rotifer

Infusoria adalah jenis microorganism yang biasanya itu sangt lah di manfaatkan untuk makanan anak anak ikan lainnya. Keistimewahan dari infusoria ini adalah mempunyai bentuk yang sangat lah rentik dan kecil.

  1. Kutu Air

Kutu air adalah sejenis udang udangan dan umumnya itu juga di manfaatkan untuk pakan anakkan aikan discus ini. Maka kutu air ini acap kita temukan di genangan air. Kelebihan dari pakan ini ialah mempunyai bentuk yang cukup kecil sekali. Sehingga, anakkannya ikan discus ini mudah untuk memakan dan mencerna makanan jenis lainnya.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.