Alat Transportasi Tradisional

Macam- Macam Alat Transportasi Tradisional Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

Halo pembaca setia jempoltangan.com. Apakah kalian memiliki kendaraan di rumah kalian ?, pastinya kalian semua sudah memilikinya entah itu sepeda onthel, sepeda motor maupun mobil, karena yang namanya kendaraan atau alat transportasi adalah suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh semua kalangan masyarakat, karena kendaraan ini sendiri tentu akan meringankan beban masyarakat dalam pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Walaupun pada zaman sekarang sudah ada banyak sekali jenis- jenis alat transportasi yang bisa anda gunakan dalam membantu anda bepergian sehari- hari, namun dibalik canggihnya alat- alat transportasi tersebut, apakah kalian semua sudah mengetahui tetang alat- alat transportasi zaman dahulu saat transportasi canggih tersebut belum ada ?. nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi kepada kalian semuanya tentang alat- alat transportasi zaman dahulu yang sudah mulai berkembang pada tahun 80-an.

Baca Juga : Tertarik, Inilah 5 Tempat Wisata di Kota Blitar

Alat- alat transportasi tradisional yang harus anda ketahui

  • Kuda

Kuda
Kuda

Alat transportasi tradisional yang pertama adalah kuda, kuda adalah salau satu alat transportasi tradisional karena alat transportasi yang satu in sudah mulai digunakan sejak zaman penjahan Belanda dulu. Walaupun sekdaraan ini masih ada dan masih digunakan sampai saat ini juga, namun salah satu penelitian membuktikan dan mengkategorikan bahwa kuda adalah salah satu kendaraan yang berumur tua dan siap menempati sejarah di Indonesia.

  • Unta

Unta
Unta

Pada urutan kedua ada hewan unta sebagai alat transportasi tradisional. Apakah kalian tau tentang hewan spektakuler yang satu ini, unta adalah hewan yang sangat banyak digunakan oleh penduduk asli yang bertempat di gurun pasir, seperti halnya negara yang berlokasi di timur tengah sana. Hewan ini digunakan sebagai kendaraan karena hewan ini sangatlah kuat jika digunakan dalam padang pasir walaupun memiliki suhu yang sangat panas, walaupun hewan ini masih banyak digunakan sebagai kendaraan di negara bagian timur tengah sana, namun hewan ini sudah dicatat sebagai alat transportasi tradisional karena hewan ini sudah digunakan sebagai tumpangan sejak zaman nabi dulu.

  • Sepeda Onthel

Sepeda Onthel
Sepeda Onthel

Apakah kalian menyangka bahwa sepeda onyhel juga merupakan salah satu kendaraan tradisional. Walaupun sampai sekarang sepeda onthel ini masih banyak digunakan sampai saat ini, sepeda onthel ini ternyata sudah banyak digunakan pula oleh jendral- jendral Belanda saat menjajah negara tercinta kita dulu, dengan demikian sepeda onthel ini sudah dikategorikan sebagai salah satu kendaraan transportasi tradisional. Namun sepeda onthel zaman dahulu dengan zaman sekarang sudah memiliki banyak perbedaan seiring berjalannya waktu. Namun dengan demikian, walaupun sepeda onthel zaman dahulu memiliki perbedaan dengan sepeda onthel zaman sekarang, namun pada hakikinya sepeda onthel tetaplah sepeda onthel.

  • Sampan

Sampan
Sampan

Pada urutan selanjutnya ada sampan sebagai salah satu alat transportasi tradisional yang pernah ada walaupun masih ada juga yang menggunakannya sampai saat ini juga. Jika anda adalah orang yang masih menjumpai tahun 90- an dan bertempat tinggal di sekitar area laut, pasti kalian tidak asing lagi dengan kendaraan yang ini, karena pada saat itu juga, semua masyarakat yang tinggal di perairan menggunakan kendaraan tradisional yang satu ini sebagai sarana menyeberang dari pulau ke pulau. Jenis perahu yang satu ini sangatlah cocok jika dioperasikan di sungai dari pada di laut, karena sampan ini sendiri akan melaju dengan cepat jika dioperasikan di sungai.

Baca Juga : Inilah Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

  • Kano

Kano
Kano

Pada urutan selanjutnya ada kano, kano adalah salah satu alat transportasi yang termasuk sudah tradisional, kano ini sendiri dulu banyak digunakan dalam berburu dari hasil tangkapan laut. Dan pada saat ini, kano banyak digunakan sebagai salah satu cabang olahraga internasional yang sampai saat ini masih saja di lombakan, tetapi jika anda masih pemula, anda jangan sekali- kali mencoba untuk menaiki kano ini tanpa ada pemandu yang mengawasi, karena salah satu jenis perahu ini sangatlah mudah untuk terbalik jika anda tidak mengendarainya dengan benar. Bahan dasar daripada alat transportasi tradisional yang satu ini adalah kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga terciptalah kano ini, tenaga pendorong dari alat transportasi tradisional ini adalah tenaga manusia.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis- jenis alat transportasi tradisional yang harus anda ketahui, karena waktu kita sangatlah terbatas, mungkin akan saya lanjutkan pada lain kesempatan.

Terima kasih telah mampir di postingan saya yang satu ini dan sampai jumpa.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang memiliki sejuta mimpi yang kelak akan dicapai bersama keluarga kecil yang sederhana