Cabang Olahraga Atletik
Cabang Olahraga Atletik`

Macam Cabang Olahraga Atletik dan Penjelasannya

Posted on

Taukah kamu apakah itu olahraga atletik? Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang apakah itu olahraga atletik. Olahraga atletik adalah salah satu jenis olahraga yang lebih cenderung menggunakan kekuatan olah tubuh. Dalam olahraga atletik ini ada berbagai macam cabang didalamnya. Cabang olahraga atletik ini sudah sejak zama dulu hingga sekarang sudah dikenal dan juga disukai oleh banyak orang. Hingga kini olahraga atletik masih tetap eksis dikalangan banyak orang. Sejak tahun 776 SM, olahraga atletik sudah mulai dipertandingkan dan juga olahraga atletik merupakan cabang olahraga yang pertama kali diperlombakan dalam olimpiade. Dalam cabang olahraga atletik ada cabang olahraga yang dipertandingkan dengan beregu maupun tidak beregu.

Berikut ini merupakan beberapa cabang olahraga atletik dan juga penjelasannya:

  1. Lari

Lari
Lari

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan dan juga olahraga yang satu ini telah banyak disenangi oleh masyarakat. Walaupun sebagian besar dari mereka para masyarakat menyukai olahraga lain ini, namun para masyarakat tersebut hanya melakukan olahraga ini yang bertujuan semata-mata untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga menjaga kesehatan fisik seperti misalnya melakukan olahraga lari disaat waktu pagi hari.

Baca Juga: Berbagai Macam Olahraga Lari dan Manfaatnya

Dalam olahraga atletik cabang lari ini masih terdapat banyak cabang didalamnya. Cabang olahraga tersebut yaitu antara lain lari marathon,lari jarak pendek atau sprint, lari estafet dan juga jalan cepat serta masih ada banyak jenis lagi lainnya. Selain kekuatan dan kebugaran fisik yang dibutuhkan dalam olahraga lari ini, agar anda dapat memenangkan perlombaan lari juga diperlukan strategi yang tepat. Dengan anda bisa memiliki strategi yang tepat sehingga akan bisa membuat anda menjaga ritme kecepatan belari dengan baik.

  1. Tolak Peluru

Tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan yaitu dengan cara logam yang dipegang oleh pemain tolak peluru ditolak atau didorong kedepan sekuat tenaga. Logam yang digunakan untuk olahraga ini menyerupai peluru. Jauhnya tolakan atau dorongan peluru akan menjadi ukuran untuk menentukan berapakah nilai yang akan didapat, semakin jauh daya tolak lemparan yang dilakukan maka semakin bagus juga nilai yang didapatkan.

Peluru yang dilempar tidak boleh keluar dari garis lingkaran yang sudah ditentukan. apabila peluru yang dilemparkan jatuh di luar lingkaran maka akan pemain tersebut akan terkena diskualifikasi.

  1. Memanah

Memanah
Memanah

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Hampir semua orang mengetahui apa itu panah dan biasanya para anak-anak menyukai panah ini dalam bentuk panah mainan. Dalam dunia film fantasi ada banyak tokoh utamanya yang menggunakan senjata panah.

Dalam olahraga memanah, ada cabang yang dilombakan didalamnya yaitu berlomba menembakan anak panah menuju sasaran yang telah ditentukan. Sasaran biasanya dibuat dari sebuah papan dan juga telah diberi tanda untuk sebagai bidikan sasaran. Semakin akurat anak panah yang ditembakkan maka semakin besar juga nilai yang didapatkan.

  1. Menembak

Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Dalam olahraga atletik menembak ini, anda bisa belajar konsentrasi untuk bisa membidik sasaran tembak dengan tepat dan juga benar. Peluru yang digunakan dalam cabang olahraga menembak ini adalah peluru karet. Pelu karet yang digunakan bertujuan apabila tembakan yang tidak tepat sasaran lalu mengenai orang agar tidak mencelakai orang tersebut. Poin yang didapatkan adalah dari keakuratan tembakan yang dilakukan oleh penembak menuju sasaran tembak yang telah ditentukan.

  1. Angkat Besi

Tidak semua bisa melakukan olahraga yang satu ini, karena olahraga angkat besi ini memerlukan tenaga dan juga otot yang kuat. Sehingga apabila anda merasa diri anda tidak cukup kuat untuk mengangkat beban yang berat, supaya tidak mencoba olahraga ini. Karena pada cabang olahraga angkat besi ini, anda diharuskan mengangkat beban dengan berat yang sudah ditentukan sesuai dengan kelas angkat besi yang anda ikuti.

Baca Juga: Taukah Kamu? Apa Saja Manfaat Berolahraga?

Dalam perlombaan angkat besi ini, para peserta diharuskan mengangkat beban dengan menggunakan satu atau dua tangan dan juga harus kuat untuk mengangkat beban hingga ke atas kepala. Para peserta akan mendapatkan nilai berdasarkan beban yang diangkat dan juga bagaimana cara dia mengangkat beban tersebut. Semakin cepat atau tanpa jeda anda mengangkat beban maka semakin bagus pula nilai yang akan anda dapatkan.

  1. Lompat Tinggi

Lompat Tinggi
Lompat Tinggi

Dalam cabang olahraga atletik yang ini, diperlukan ketrampilan dan juga kelenturan tubuh. Dalam olahraga lempar memerlukan ketrampilan serta kelenturan tubuh. Lompat tinggi ini dilakukan yaitu bertujuan untuk menguji ketrampilan kamu untuk melompati sebuah mistar yang telah melintang dengan ketinggian yang sudah di tentukan.

Pada saat anda melakukan lompatan, mistar yang ada tersebut tidak boleh tersentuh sedikit pun oleh tubuh kamu. Apabila mistar tersebut tersentuh oleh tubuh kamu, maka mistar tersebut akan jatuh dan kamu dinyatakan gagal serta kamu tidak akan mendapatkan nilai.

  1. Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik lompat jauh ini merupakan salah satu cabang olahrag yang mudah untuk dilakukan. Anda hanya cukup melompat sejauh-jauhnya dengan gaya lompatan yang benar dan baik. Para atlet profesional cabang olahraga lompat jauh ini, mereka selalu berlatih dengan kaki meraka agar bisa mendapatkan lompatan yang jauh. Para atlet profesional biasanya bisa melompat sejauh 5 hingga 7 meter.

Ada banyak cabang olahraga atletik yang pada kesempatan ini masih belum bisa saya bahas. Mungkin demikian artikel tentang Cabang Olahraga Atletik yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Semoga artikel ini juga bisa menambah wawasan anda tentang olahraga. Sampai Jumpa.