Jenis Kain Baju Olahraga

Lihat Yuk!! Jenis Bahan Kain Baju Olahraga yang Bagus

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis bahan kain baju olahraga. Sebelum saya membahas tentang hal tersebut, taukah anda apakah itu olahraga? Olahraga adalah salah satu bentuk dari aktivitas fisik yang bisa dilakukan guna untuk meningkatkan dan juga menjaga kebugaran tubuh. Olahraga akan melibatkan banyak sekali gerakan, sehingga dengan kita melakukan banyak gerakan tersebut akan membuat diri kita bisa menjadi lebih sehat. Namun pada saat kita melakukan kegiatan yang satu ini juga dibutuhkan pakaian yang khusus untuk dapat menunjang kegiatan olahraga ini dengan baik.

Jenis bahan kain baju olahraga biasanya tediri yaitu dari pemilihan bahan pakaian untuk baju kaos, jaket dan celana. Jenis kain dari baju olahraga yang akan anda gunakan itu tergantung jenis model pakaian yang akan anda buat. Secara umum apabila anda ingin memilih jenis kain baju olahraga, maka anda juga harus menentukan bagaimana model baju apa yang akan anda buat dan juga termasuk dalam kategori apa model baju tersebut.

Pemilihan dari jenis kain yang akan digunakan untuk membuat baju olahraga sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan pakaian tersebut pada saat sedang digunakan untuk melakukan aktivitas. Sehingga pemilihan kain ini sangat berpengaruh untuk bisa mendukung aktivitas olahraga yang sedang atau anda lakukan. Olahraga merupakan aktifitas fisik yang memungkinan seseorang tidak terganggu dengan hal-hal lain yang ada diluar aktifitas yang sedang dilakukan yaitu misalkan dengan memilih kain olahraga yang baik akan membuat anda bisa tenang pada saat beraktifitas.

Sebelum kita menggunakan jenis kain yang akan kita pilih, kita juga harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pakaian tersebut. Baju olahraga adalah seperangkat pakaian olahraga yang terdiri dari atasan yaitu kaos, jaket atau sejenisnya dan juga bawahan yaitu celana pendek ataupun celana panjang dan juga bisa ditambah dengan topi atau atribut lainnya.

Baca Juga: Pekan Olahraga Nasional

Pemilihan kain yang tidak tepat akan bisa berakibat pada tingkat kenyamanan dari aktifitas olahraga yang sedang dilakukan. Selain itu juga bisa mengakibatkan model pakaian olahraga menjadi tidak sesuai. Maka dari itu kita harus mengetahui jenis kain yang cocok untuk kegiatan yang akan kita lakukan.

Berikut ini penjelasan tentang jenis kain baju olahraga:

  • Kain Parasut

Kain parasut ini biasanya digunakan untuk membuat jaket. Namun selain untuk membuat jaket kain ini juga digunakan untuk membuat baju olahraga atau lapangan. Biasanya kain parasut ini juga dibuat menjadi pakaian sepak bola yaitu celana sepak bola, celana futsal dan juga baju sepak bola.

  • Kain Adidas

Kain adidas ini memiliki karakteristik kain yang halus di permukaan depan, sedikit tebal dan bagian dalam dari kain ini tidak berbulu. Kain adidas ini biasanya digunakan untuk membuat jaket, sweater dan juga membuat pakaian olahraga yang bertajuk sporty yang ada seperti baju dari produk adidas sehingga bahan kain ini biasanya disebut bahan adidas.

  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan kain yang sejenis bahan kaos. Kain hyget ini dibuat yaitu dari campuran bahan polyester dan cotton namun kain ini lebih tipis. Bahan dari kain hyget yang terbaik telah banyak digunakan untuk membuat kaos atau baju olahraga yaitu seperti kaos bola, kaos voli, dan kaos futsal yaitu berupa bahan hyget serena.

  • Kain Dri Fit

Baju Olahraga Kain Dri Fit
Baju Olahraga Kain Dri Fit

Kain dri fit merupakan kain atau bahan yang biasanya digunakan untuk membuat baju sepak bola. Bahan kaos ini terbuat dari campuran spandex, polyester dan nilon. Bahan kaos ini memiliki karakteristik seperti kebanyakan bahan kaos lainnya yang memiliki sifat lentur dan padat. Kaos yang terbuat dari bahan dri fit ini biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga yaitu seperti halnya lari, sepak bola, jarak jauh, tennis, dan golf.

Baca Juga: Pengertian Olahraga Yoga dan Manfaat Olahraga Yoga

  • Kain Diadora

Kain diadora ini biasanya digunakan untuk bahan dari pakaian olahraga. Kain diadora ini memiliki sifat bahan yang mengkilap yaitu pada saat kain ini terkena sinar matahari sehingga akan menimbulkan kesan mewah walaupun harganya tidak terlalu mahal.

  • Kain Spandek

Bahan kain yang satu ini memiliki karakteristik yaitu bertekstur licin, ringan, sangat lentur, dan mengkilat. Sehingga kain ini sangat sesuai apabila digunakan untuk sebagai bahan utama dari pakaian renang, yoga, aeorobic dan juga sebagai bahan pakaian celana balap sepeda.

  • Kain Paragon

Baju Olahraga Kain Paragon
Baju Olahraga Kain Paragon

Kain paragon ini merupakan salah satu kain yang sejenis dengan bahan kaos dari keluarga polyester. Kain ini biasa digunakan untuk membuat baju olahraga terutama bagi para pecinta basket. Kain paragon ini memiliki karakteristik yaitu bahannya lebih cenderung sukar untuk menyerap keringat. Walau demikian kain ini memiliki tekstur yang sedikit tebal sehingga fleksibel apabila digunakan.

  • Kain Lotto

Baju Olahraga Kain Lotto
Baju Olahraga Kain Lotto

Kain lotto adalah salah satu kain yang mempunyai jenis bertekstur lembut dan halus. Kain lotto ini memiliki tingkat ketebalan yaitu seperti bahan cotton. Bahan kain lotto ini sering digunakan untuk bahan pembuatan kaos olahraga yaitu seperti untuk seragam team sepak bola maupun untuk celana training.

Demikian artikel tentang jenis bahan kain baju olahraga ini kami buat. Semoga dengan informasi ini dapat menambah referensi anda dan juga menambah pengetahuan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.