Lihat Nih 10 Ikan Hias Termahal Di Indonesia

Posted on

Jika kalian pecinta ikan hias, mungkin anda ingin mengetahuinya fakta ikan hias apa yang termahal di Indonesia dan terpopuler dipelihara. Memang jenis hewan ini sering menjadi pilihan yang paling utama bagi sebagian orang untuk dipelihara. Disamping itu bisa menjadi investasi yang baik, perawatannya juga tidak rumit seperti binatang lainnya asalkan kita bisa serius untuk memperhatikannya.

Berikut ini daftar ikan hias yang paling mahal di Indonesia

  1. Ikan Arwana Platinum

Di posisi pertama dalam daftar ikan hias termahal di dunia ini ditempati oleh ikan arwana platinum. Ikan ini saking mahalnya pada bagian tubuhnya ditanam semacam chip identitas untuk membedakan dengan ikan-ikan arwana lainnya. Secara umumnya ikan ini juga menampilkan warna merah, hijau, kuning, dan perak. Corak warna platinum muncul dari hasil mutasi genetic yang sangat langka. Ikan arwana ini tergolong dalam salah satu jenis ikan air tawar yang dapat ditemukan di daerah amerika selatan, asia tenggara, dan afrika. Di penagkaran, ikan ini juga membutuhkan air tawar sebanyak 300 galon serta banyak makanan hidup seperti cacing dan jangkrik. Ikan ini memiliki ukuran sekitar 35 nci dengan usia sampai 50 tahun. Mungkin hanya sebagian orang saja yang mempunyai ikan dengan harga yang sangat luar biasa. Karena ikan ini dihargai sekitar Rp 5,3 miliar per ekornya.

  1. Ikan Polka Dot Stingray

Ikan hias ini juga tergolong jenis ikan pari yang hidup di perairan air tawar. Karna apa ikan ini dapat ditemukan disekita perairan sungai xingu, brazil. Ikan yang hidup dalam habitat berpasir ini juga banyak menghabiskan waktu di dasar perairan dan ikan ini hanya sesekali muncul ke permukaan laut untuk mencari makanan. Ikan ini juga memiliki corak warna hitam dengan tambahan lingkaran kecil berwarna putih kekuning-kuningan diseluruh tubuh, dan membuat ikan ini terihat semakin eksotis. Untuk bisa memelihara di akuarium, maka harus membutuhkan tangki yang lumayan besar dengan dasar pasir supaya ikan ini bisa hidup. Ikan hias ini di hargai sekitar Rp 1,3 miliar.

  1. Ikan Peppermint Angelfish

Ikan hias ini juga termasuk jenis ikan yang langka, karena pertama kali ditunjukan ke public pada tahun 2012 kemudian berhasil ditemukan oleh ekspedisi tim penelitian dari Smithsonian institute. Tergolong dalam jenis ikan yang hidup di perairan yang sangat dalam. Untuk bisa melihat ikan ini kita perlu membutuhkan kendaraan khusus untuk dapat menyelaminya. Ikan ini juga memiliki ciri khas corak warna garis-garis merah dan putih. Untuk bisa mendapatkan ikan ini anda perlu siapkan uang sekitar Rp 400,8 juta rupiah agar anda bisa mengoleksi di akuarium sendiri.

  1. Ikan Bladefin Basslet

Bentuknya kecil dan lucu serta ukuran tubuh yang rata-rata hanya sepanjang 1,5 inci. Ikan ini dapat ditemukan hidup di karang-karang sekitar perairan dalam karibia. Ukuran ikan ini sangat kecil, dan membuat sangat sulit untuk ditemukan. Apalagi, tempat tinggal ikan ini hidupnya diperairan dalam yang minim cahaya. Para penyelam harus membutuhkan peraatan khusus untuk bisa mendapatkan ikna ini. Mungkin saja yang membuat ikan hias bladefin basslet tergolong mahal. karena untuk bisa medapatkannya kita harus membayar Rp 133,6 juta untuk bisa mengoleksinya.

  1. Ikan Golden Basslet

Ikan satu ini termasuk anggota terkecil dari keluarga kerapu, ikan hias ini dapat ditemukan di perairan pasifik dan atlantik. Tergolong dalam jenis ikan pemalu, karena ikan ini sangat jarang sekali untuk bisa melihatnya. Karena ikan ini lebih banyak bersembunyi dalam sarang ketimbang berenang disekitar tempat dia tinggal. Sehingga harus diperlukan perangkap khusus untuk dapat menangkapnya. Dipasaran ikan hias ini di hargai sekitar Rp 106,9 juta.

  1. Ikan Neptune Grouper

Ikan jenis ini hampir saja tidak pernah ditemukan dipasaran. Karena ikan ini tergolong ikan yang hidup diperairan dalam, namun sesekali bisa ditemukan diperairan dangkal. Ikan ini memiliki corak warna yang ditampilkan ikan hias ini dapat berbeda ketika muda dan dewasa. Jenis Neptune grouper muda akan menampilkan corak warna kuning dan oranye. Kemudian ketika mau beranjak dewasa, warnanya akan berubah menjadi merah muda serta dengan nuansa kuning cerah. Dan ikan ini per ekornya dihargai sekitar Rp 80,1 juta.

  1. Ikan Australia Flathead

Ikan yang hidup di sekitar perairan Australia. Dikatakan termasuk jenis ikan langka karena sangat sulit untuk menangkapnya. Ikan ini tinggal di celah-celah bebatuan, sesekali keluar hanya untuk mencari makanan saja, kemudian ketika ikan sudah selesai mencari makan  ikan ini akan cepat kembali ke dalam serangnya. Ikan ini di jual pertama kali pada tahun 2011 di Negara amerika serikat. Sejak saat itulah ikan ini terus di cari oleh kolektor hingga saat ini. Untuk bisa membawa pulang ikan ini kita harus menebusnya dengan harga Rp 66,5 juta.

  1. Ikan Hias Wrought Butterflyfish

Ikan wrought iron butterflyfish merupakan jenis ikan yang mempunyai ukuran kecil sekitar 6 inci. Jenis ikan hias ini biasa ditemukan diperairan jepang. Ikan hias yang masih termasuk kedalam keluarga butterflyfish dan ikan ini juga tergolong ikan perenang yang aktif, selain itu keunikan ikan ini adalah warna tubuhnya yang berwarna hitam keabu-abuan serta terdapat garis berwarna kuning terang pada bagian siripnya. Harga ikan ini jika dijual sekitar Rp 32 jutaan.

  1. Ikan Hias Clario Angelfish

Jenis ikan yang berasal dari pantai lepas pasifik meksiko, kepulauan revillagigedo. Ikan hias yang biasanya sering ditemukan di perairan sekitar pulau terpencil yang bernama cipperton. Ikan hias yang berukuran kecil ini juga mempunyai warna yang sangat cerah dan indah, sehingga banyak para kolektor ikan has yang mencari ikan satu ini. Namun anda tidak bisa sembarangan membeli dari pemerintah meksiko. Karena ikan ini di hargai sekitar Rp 30 jutaan.

  1. Ikan Hias Candy Basslet

Kemudian jenis ikan hias yang habitat aslinya berasal dari laut, ikan ini bisa dibilang ikan hias air laut yang mempunyai warna paling beragam. Ikan candy basslet juga banyak ditemukan di perairan karibia tepatnya di wilayah pantai curacao, ikan hias ini memang terbilang langka, sehingga cukup sulit untuk mendapatkannya. Untuk bisa menemukan ikan ini anda harus melakukan penyelaman pada titik-titik tertentu, karena biasanya ikan ini sering bersembunyi pada sela-sela batuan karang. Tapi jangan kuatir ikan ini juga sudah dibudidayakan didarat, sehingga untuk bisa mendapatkannya dan membelinya. Harga ikan candy basslet dijual dengan harga sekitar 14 jutaan.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara salah satu ikan hias ini?

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.