Ledakan Gunung Berapi Toba
Ledakan Gunung Berapi Toba

Ledakan Gunung Berapi Toba yang Terdahsyat Dalam Sejarah

Posted on

Ledakan Gunung Berapi Toba –¬†Indonesia ini yang terletak di Cincin Api, yang sangat rawan pada gempa bumi dan juga letusan gunung itu juga memang sudah dapat terjadi pada sejak terbentuknya bumi dan terciptanya pada daratan dan lautan yang ada dibumi. Baik gempa bumi maupun juga letusan gunung apa yang sudah menjadi fenomena alam yang sangat dahsyat di dunia.

Dan Indonesia yang termasuk salah satu dari kawasan dibumi, yang sering terjadi pada fenomena alam. Fenomena alam itu bukan yang hanya sering terjadi saja, tetapi juga sangatlah dahsyat sekali yang dapat menggemparkan bukan hanya Nusantara saja, begitu pula di dunia.

Gunung berapi toba
Gunung berapi toba

Ledakan Gunung Berapi Toba Di dunia, juga ada fenomena alam yang sangatlah dahsyat yang pernah terjadi dibumi. Misalnya seperti gempa bumi yang dapat melenyapkan benua Atlantik. Karena juga dapat menerus pada jumlah ahli, yang lenyapnya pada benua Altantik yang disebabkan pada peristiwa alam yang sangat dahsyat.

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba, Danau Toba yang berasal dari letusan Gunung Toba. Gunung Toba ini yang dapat tergolong dari Supervolcano, hal ini yang dapat dikarenakan pada Gunung Toba yang dapat memiliki kantong dari magma yang sangat besar jika dapat meletus kalderanya yang sangat besar. Supervolacanonya dapat pada puluhan kilometer.

Adapun Gunung Toba ini yang berada dibawah dasar yaitu di Danau Toba Sumatra Utara. Yang sewaktu-waktu dapat diperkirakan meletus. Gunung Toba ini juga pada saat ini pun masih dapat memiliki anak, dan bahkan Gunung Sinabung yang pada beberapa waktu lalu yang dapat meletus dan Gunung Sibayak, yang merupakan anak dari Gunung Toba.

Sebelumnya Gunung Toba pernah meletus tiga kali :

  • Pada letusan yang pertama yang terjadi sekitar 800 ribu tahun yang lalu. Dan letusan ini yang dapat menghasilkan pada kaldera di selatan Danau Toba, yang dapat meliputi daerah porsea, dan juga daerah prapat.
  • Letusan kedua yang dapat memiliki kekuatan yang lebih kecil, yang terjadi pada 500 ribu tahun yang lalu. Dan adapun letusan ini pun yang dapat membentuk pada kaldera di utara Danau Toba. Yang terletak didaerah Silalahi dengan Haranggaol.
  • Dan letusan yang ketiga ini 74.000 tahun yang lalu yang dapat menghasilkan kaldera, dan akan menjadi Danau Toba yang pada sekarang dengan adanya Pulau Samosir pada tengahnya.
letusan gunung toba
letusan gunung toba

Letusan pada Gunung Toba yang dapat merupakan pada letusan gunung berapi yang paling dahsyat yang pernah kalian ketahui didalam planet Bumi. Dan juga hampir memusnakannya pada generasi umat manusia didalam planet Bumi.

Pada tahun 73.000 yang lalu dapat letusan dari supervolcano di Indonesia hampir dapat memusnahkan pada seluruh umat manusia, hanya sedikit yang masih selamat.

Pada letusan ini yang tidak bisa dibandingkan pada apapun yang telah dialami pada bumi yang sejak masa-masa dimana manusia pun bisa berjalan lebih tegak.

Dibandingkan dengan SuperVolcano Toba, bahkan juga Krakatau yang dapat menyebabkan sepuluh ribu korban jiwa pada 1883 yang hanya sebuah sendawa yang kecil. Padahal Krakatau ini juga memiliki daya pada ledakan setara dengan 150 megton TNT.

Secara lisan maka daya akan dimusnahkan 10.000 kali lebih sangat lemah dibandingkan dengan Krakatau. Letusan gunung toba ini hampir saja memusnahkan pada umat manusia 73.00 tahun yang lalu.

Dengan bersamaan gelombang besar tsunami, yang ada 2.800 kilometer kubik abu yang dapat dikeluarkan, yang dapat menyebar ke seluruh atmosfir pada bumi kita. Yang mungkin telah mengurangi jumlah populasi manusia yang akan menjadi hanya sekitar 5000 sampai 10000 manusia saja.

Sebenarnya manusia jaman sekarang ini yang berasal dari beberapa ribu umat manusia yang belum selamat dari letusan super volcano Toba 73.000 tahun yang lalu.

Gunung Krakatau

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan juga yang berada di Selat Sunda antara pulau jawa dan juga Sumatra. Nama ini juga pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi karena adanya letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883.

Letusan yang sangat dahsyat dan sunami yang akan diakibatkan untuk menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai tanggal 26 Desember 2004, sunami ini yang sangat dahsyat dikawasan Samudra Hindia.

Letusan Krakatau ini yang dapat menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat ini yang sangat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanik yang akan menutupi atmosfer. Matahari yang akan bersinar dengan redup sampai setahun berikutnya.

Ledakan Krakatau ini yang sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan juga Gunung Tambora di Indonesia, namun gunung-gunung ini juga meletus jauh di masa populasi manusia yang masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia yang sangat cukup padat.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi yang sedang tumbuh dan juga berkembang pesat. Yang akan tercatat bahwa adanya letusan Gunung Krakatau adalah bencana yang sangat besar pertama di dunia setelah adanya penemuan telegraf bawah laut.

Kemajuan ini sayangnya masih belum bisa di imbangi dengan adanya kemajuan dibidang geologi. Para ahli geologi saat ini bahkan belum mampu untuk memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

GunungToba
GunungToba

Ledakan Gunung Berapi ini yang merupakan salah satu danau yang dapat menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Dalam keindahan pemandangan juga tidak kalah dengan pemandangan alam yang lainnya. Banyak sekali wisatawan yang akan datang untuk berkunjung ke Danau Toba.

Dibalik keindahan alamnya, Danau Toba ini yang dapat menyimpan legenda. Legenda Danau Toba yang sudah terkenal, bahkan ada beberapa stasiun TV yang dapat mengangkat cerita rakyat ini menjadi film.

Legenda Danau Toba ini yang berawal ketika Toba ini yang dapat memancing di sungai dan juga mendapatkan seekor ikan mas yang sangat cantik. Ikan ini tidak langsung dia olah menjadi makanan untuk itu dapat ditaruh disebuah kendi di dapur rumahnya.

Ini dia tekto-vulkanik dengan adanya ukuran yang sangat panjang 100 kilometer dan juga lebar 30 kilometer yang dapat terletak di Provinsi Sumatra Utara yang dapat memiliki view yang sangat indah dan juga mempersona. Danau Toba ini yang merupakan danau yang terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara serta terbesar dari kedua dunia.