Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Arti Dari Simbol dan Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila

Posted on

Arti Dari Lambang dan Simbol Garuda Pancasila – Hai sobat jempoltangan.com. Semua pasti sudah mengetahui bahwa garuda pancasila adalah lambang bagi Negara Indonesia. Kalian tahu tidak apa arti dan juga makna dari simbol dan juga lambang garuda pancasila?. Bagi kalian yang belum mengetahuinya. Saya akan berbagi kepada kalian tentang arti dari simbol dan lambang garuda pancasila.

Garuda pancasila adalah lambang atau dasar Negara Indonesia, garuda pancasila ini juga mempunyai semboyan yang  berbunyi bhinneka tunggal ika. Arti bhinneka tunggal ika adalah meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu juang. Lambang dari Negara kita memiliki bentuk burung garuda, burung garuda ini sedang memiringkan kepalanya ke sebelah kanan.

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Burung garuda ini juga memiliki perisai, perisai itu berbentuk seperti jantung dan menggantung di leher burung tersebut dengan menggunakan rantai. Dan pada cengkraman kaki burung garuda terdapat seutas tali yang tertulis semboyang Bhinneka Tunggal Ika. Yang merancang lambang Negara kita yaitu Sultan Hamid II, yang kemudian di sempurnakan oleh presiden Bung Tomo.

Lambang burung garuda ini telah diresmikan sebagai lambang dasar Negara Indonesia yang pertama kalinya tepat pada tanggal 11 februari tahun 1950 di dalam sidang kabinet republik Indonesia serikat. Hingga saat ini lambang Negara kita tetap burung garuda, penggunaan lambang ini telah di atur dalam peraturan pemerintah yang bernomer 43/1958.

Pengertian dan Juga Arti Dari Lambang Garuda Pancasila

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila
  1. Burung Garuda

  • Lambang garuda pancasila menggunakan lambang burung garuda. Burung garuda adalah burung yang telah dikenali melalui mitologi kuno dari sejarah nusantara. Burung garuda adalah tunggangan dewa wishnu yang berbentuk seperti burung elang rajawali. Dengan menggunakan burung garuda sebagai lambang Negara sehingga menggambarkan bahwa negara kita Indonesia adalah bangsa yang besar dan juga kuat.
  • Warna emas yang ada pada burung garuda menggambarkan kejayaan dan juga keagungan.
  • Burung garuda mempunyai paruh, sayap, cakar dan juga ekor, hal itu melambangkan bahwa Negara Indonesia memiliki tenaga dan juga kekuatan pembangunan.
  • Jumlah burung garuda yang menjadi lambang dasar Negara kita menggambarkan tanggal, bulan dan juga tahun proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia tepat pada tanggal 17 agustus 1945. Jumlah bulu pada setiap sayap burung garuda memiliki jumlah 17, jumlah bulu yang ada pada ekor burung garuda memiliki jumlah 8, jumlah bulu yang ada pada pangkal ekor burung ini memiliki jumlah 19, dan bulu yang terdapat pada leher burung garuda ada 45 bulu.
  1. Perisai Burung Garuda

  • Perisai adalah sejenis tameng yang sudah lama sekali di kenal dalam peradaban dan juga budaya nusantara. Perisai ini digunakan untuk perlindungan. Dan perisai ini melambangkan perjuangan dan pertahanan diri untuk meraih tujuan.
  • Pada bagian tengah perisai terdapat sebuah garis yang berwarna hitam dan juga tebal. Garis hitam tersebut menggambarkan garis katulistiwa. Hal tersebut menyatakan bahwa Negara Indonesia yang tropis dan terletak di garis katulistiwa.
  • Pada perisai yang ada di leher burung garuda terdapat lima tempat yang dapat mewujudkan dasar Negara Indonesia yaitu pancasila.
  • Warna dasar yang digunakan untuk perisai ini adalah warna bendera Negara Indonesia, yaitu merah dan putih. Dan pada bagian tengah perisai ini terdapat tempat yang memiliki warna hitam.

Pembagian dan Penjelasan lambang Yang Ada Pada Ruang Perisai

  1. Makna Sila Yang Pertama

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Ketuhanan Yang Maha Esa : pancasila yang pertama dilambangkan dengan menggunakan perisai dengan warna hitam. Pada bagian perisai yang berwarna hitam terdapat bintang yang mempunyai warna emas dan mempunyai kepala lima. Bintang yang memiliki warna emas ini mengartikan bintang itu sebagai cahaya seperti tuhan yang menjadi cahaya rohani bagi setiap manusia.

  1. Makna Sila Yang Ke Dua

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Kemanusiaan yang Adil dan Beradap : pancasila yang ke dua ini dilambangkan dengan menggunakan perisai dengan warna merah. Pada perisai yang berwarna merah ini terdapat gambar berupa rantai yang di susun dengan menggunakan gelang yang memiliki ukuran kecil.

Rantai ini melambangkan hubungan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya harus saling membantu. Gelang yang mempunyai bentuk persegi menggambarkan sebagai seorang pria, sedangkan gelang yang mempunyai bentuk lingkaran menggambarkan sebagai seorang wanita.

  1. Makna Sila Yang Ke Tiga

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Persatuan Indonesia : pancasila yang ke tiga ini di lambangkan dengan menggunakan perisai dengan ruangan yang berwarna putih. Pada perisai yang memiliki ruangan berwarna putih ini terdapat gambar berupa pohon beringin. Pohon beringin adalah salah satu pohon yang ada di Indonesia yang mempunyai akar tunjang.

Akar tunjang adalah akar tunggal yang memiliki ukuran sangat panjang dan dapat menunjang pohon yang sangat besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini dapat mencerminkan persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Pohon beringin juga memiliki banyak sekali akar yang sangat kuat dan menggelantung dari ranting pohon bringin.

Akar yang menggantung ini menggelantung pada ranting pohon beringin ini dapat mencerminkan bahwa Negara Indonesia sebagai Negara yang kesatuan tetapi mempunyai banyak sekali latar belakang budaya yang berbeda-beda.

  1. Makna Sila Yang Ke empat

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Kerakyatan Yang di Pimpin oleh Hikmat kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan, Perwakilan : pancasila yang ke empat ini dilambangkan dengan menggunakan perisai yang mempunyai ruangan berwarna merah. Pada perisai yang memiliki ruangan berwarna merah ini terdapat gambar kepala banteng.

Banteng atau lembu liar ini adalah salah satu binatang sosial yang sangat suka berkumpul, sama halnya dengan rakyat Indonesia, dimana ketika mengambil keputusan rakyat Indonesia harus menentukannya dengan cara musyawarah.

  1. Makna Sila yang Ke Lima

Simbol Garuda Pancasila
Simbol Garuda Pancasila

Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia : pancasila yang ke empat ini dilambangkan dengan menggunakan perisai yang mempunyai warna ruangan berwarna putih. Pada perisai yang memiliki warna putih ini terdapat gambar padi dan juga kapas. Lambang kapas dan juga padi ini adalah kebutuhan semua masyarakat yang ada di Indonesia tanpa melihat kedudukan dan status orang tersebut.

Lambang ini juga mencerminkan persamaan sosial yang mana tidak adanya kesenjangan sosial di antara satu dengan yang lainnya. Tetapi bukan berarti bahwa Negara indonesia menggunakan ideologi komunisme.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada tentang Arti Dari Lambang dan Simbol Garuda Pancasila. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan dapat menumbuhkan rasa cinta pada Negara Indonesia. Terima kasih.