Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesiaa

Yuk!!! Jelajahi Kuliner Khas Indonesia Yang Populer Di Negara Lain

Posted on

Indonesia memang terkenal akan rempah- rempahnya. Jadi, tidak heran jika kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda dengan negara lainnya. Indonesia juga memiliki banyak kuliner dari setiap daerah yang ada di Indonesia dengan ciri khas yang berbeda- beda.

Kuliner Indonesia tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja, banyak juga kuliner Indonesia yang popular di negara lain. Oleh karena itu, kalian patut bersyukur karena telah menjadi warga negara Indonesia.

Kali ini kami akan mengajak kalian untuk menjelajahi kuliner khas Indonesia apa sajakah yang popular di negara lain. Berikut artikelnya kami siapkan untuk kalian.

Bakso.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Perpaduan kuah dan mi yang pas ditambah dengan bakso daging adalah ciri dari makanan yang satu ini. Di negara Tiongkok bakso menjadi salah satu makanan favorit. Bakso di Indonesia biasanya terbuat dari daging sapi. Namun, ada bebrapa yang membuat bakso menggunakan daging ayam.

Soto.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak varian soto dari setiap daerahnya misalnya soto Makassar, soto Betawi, soto ayam, soto sapi dan masih banyak lagi. Setiap daerah menggunakan rempah- rempah yang berbeda sehingga cita rasa setiap daerahnya juga berbeda. Rasanya yang khas membuatnya popular dibeberapa negara termasuk juga negara Jepang.

Sate.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Perpaduan antara bumbu sate dan daging yang digunakan membuat siapa pun ingin mencicipinya. Banyak warga negara asing yang datang berkunjung ke Indonesia untuk mencicicpi kuliner yang satu ini. Sate memiliki banyak varian misalnya sate padang, sate makassar, sate ayam , sate daging dan masih banyak lagi. Rasanya yang khas membuat kamu ingin mencicipinya lagi dan lagi.

Nasi Goreng.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Nasi goreng memang banyak ditemukan di luar negri. Namun, nasi goreng khas Indonesia memiliki cita rasa yang khas. Perpaduan dari rempah- rempah inilah yang membuat nasi goreng Indonesia berbeda dari yang nasi goreng lainnya. Bahkan, presiden Amerika Serikat yaitu, Barack Obama pun mengakui bahwa nasi goreng Indonesia benar- benar lezat dan enak.

Sop Buntut.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Sop buntut terbuat dari potongan ekor sapi. Proses pembuatanya pun cukup panjang tidak heran jika rasa yang dihasilkan pun sangat nikmat dan banyak digemari masyarakat. Langkah pertamanya yaitu, potongan ekor sapi diberi bumbu lalu dibakar setelah itu dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi. Biasanya sop buntut disajikan bersama dengan irisan tomat, wortel, bawang seledri, kentang dan juga bawang goreng.

Tempe.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Siapa yang menyangka, kalau makanan yang satu ini sangat popular di luar negri. Padahal di Indonesia tempe merupakan makanan yang sederhana. Namun, di Jepang tempe merupakan salah satu makanan favorit, lho.

Selain memiliki rasa yang enak, tempe juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk kalian yang kurang suka mengkonsumsi tempe kalian bisa mengkresikannya misalnya dengan cara membuat brownis tempe.

Gudeg.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Makanan yang terbuat dari olahan nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Rasa pedas manisnya yang khas membuatnya sering diburu oleh wisatawan local dan juga wisatawan mancanegara.

Gado- Gado.

Kuliner Khas Indonesia
Kuliner Khas Indonesia

Kalau di luar negri kalian sering menjumpai salad, berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia kalian akan menemukan gado- gado. Gado- gado terdiri dari sayur- sayuran dan disirami oleh bumbu kacang spesial. Gado- gado ini pernah menjuarai pelombaan masak internasional lho.

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang popular di negara lain. Kalian dapat mencicipinya dan membuktikan kelezatan rasanya. Selamat mencoba!