Cara Mudah dan Tepat Merawat Kucing Angora
Cara Mudah dan Tepat Merawat Kucing Angora

Cara Mudah Dan Tepat Merawat Kucing Angora Wajib Anda Coba!

Posted on

Ada banyak jenis kucing angora yang ada di dunia ini, seperti American angora dan juga german angora. Namun, kedua jenis kucing ini merupakan turunan dari Turkish angora. Turkish angora inilah yang merupakan spesies asli dari kucing angora.

Turkish angora sendiri merupakan keturunan dari kucing liar Afrika yang telah mengalami mutasi gen. Karena mutasi gen inilah menyebabkan bulunya lebih lebat, panjang, dan lembut seperti sutra. Kucing ini berhasil dibawa oleh para pedagang lintas negara dan perang salib pada tahun 1500-an ke berbagai negara. Karena bingung ingin menamainya apa, akhirnya para pedagang menamainya Turkish angora, nama itu diambil dari nama ibukota Istanbul, yaitu Ankara.

Dalam waktu singkat, kucing ini menjadi sangat popular di Eropa. Bahkan, konon katanya kucing spesies ini merupakan kucing berbulu panjang pertama yang menjejak Benua Biru, lho. Setelah Eropa, kucing ini mulai merentangkan sayapnya ke Benua Amerika. Pada tahun 1700-an kucing ini langsung popular di Amerika dan menjadi hewan dengan bulu yang indah. Wow!

Namun disayangkan, karena terlalu sering diekspor ke luar negri, populasi di negara asalnya menurun. Akhirnya di awal abad ke 20 kebun binatang Ankara memulai program pembiakan kucing jenis Turkish angora berbulu putih. Hal ini dilakukan karena Turkish angora murni berbulu putih merupakan aset bangsa, sehingga mulai saat itu sangat sulit untuk membawa kucing Turkish angora murni berbulu putih keluar dari nagara Turki. Saat ini telah banyak persilangan angora, meskipun demikaian turkis angora murni berbulu putih tetap dianggap jauh lebih menarik dibandingkan angora persilangan.

Cara Mudah dan Tepat Merawat Kucing Angora
Cara Mudah dan Tepat Merawat Kucing Angora

Itu tadi adalah sejarah singkat mengenai kucing angora. Sekarang kami akan memberikan informasi mengenai cara merawat kucing angora yang mudah dan tepat. Yang terpenting saat ingin memelihara kucing angora, anda harus memperhatikan makanan dan minumanya dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tubuhnya dan juga lingkungan sekitarnya agar kucing angora tidak terkena penyakit. Berikut beberapa cara yang mudah dan tepat untuk merawat kucing angora. Simak dengan seksama, yah!

Makanan dan Minuman.

Saat memberikan makanan dan minuman, jangan lupa untuk menyeleksinya terlebih dahulu. Karena biasanya makanan kaleng (makanan basah) itu tidak baik untuk kesehatan kucing. Makanan kaleng untuk kucing ini sangat berpengaruh terhadap bulu kucing, jadi langkah baiknya untuk memberikan makanan kering saja untuk kucing anda.

Untuk minumannya, anda bisa memberikan air yang sudah dimasak. Untuk sesekali anda juga bisa memberikan susu untuk kucing, tapi ingat jangan terlalu sering, karena itu tidak baik untuk kesehatan kucing. Selain itu, anda juga tidak boleh memberikan susu untuk manusia kepada kucing. Krena dalam susu untuk manusia itu mengandung lactobasilus yang akan menyebabkan kucing mencret. Brikanlah susu khusus untuk kucing misalnya royal canin.

Membersihkan Kandang.

Saat ingin memelihara kucing alangkah baiknya untuk membuatkannya kandang. Ukuran kandangnya disesuaikan dengan berat dan ukuran kucingnya. Jangan lupa juga untuk menyediakan wadah dan pasir untuk tempat kucing membuang kotoran. Untuk kandang anda bisa membersihkannya seminggu sekali, tapi kalau untuk wadah dan pasir itu harus dibersihkan setiap hari agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Kebersihan kandang itu sangat mempengaruhi kesehatan kucing. Kandang kucing yang kotor akan banyak menyimpan kuman dan bakteri. Hal ini akan menimbulkan penyakit untuk kucing, jadi jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kandang kucing, yah!

Membersihkan Kucing.

Selain kandang, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah membersihkan tubuh kucing. Kita harus rutin membersihkan dan menyisiri bulunya tujuannya adalah untuk meluruskan bulu dan juga untuk mengambil bulu- bulu kucing yang tekh mati. Jiak bulu kucing sudah mati dan tidak segera diambil, bulu kucing akan menjadi gimbal atau kusut.

Selain itu, jika bulu matinya tidak diambil dapat menyebabkan hairball, yaitu gumpalan bulu akan masuk ke dalam saluran pencernaan. Kita juga perlu memandikan kucing secara rutin minimal dua minggu sekali atau jika anda memiliki banyak waktu luang anda bisa memandikan kucing Selma atu minggu sekali. Saat hendak memandikan kucing jangan lupa untuk melihan cuaca dan kondisi kucing agar kucing tidak kedinginan.

Rutin Memeriksakan ke Dokter Hewan dan Memberikan Vaksin.

Selain memperhatikan kebersihan kandang dan tubuh, anda juga harus memperhatikan kesehatan kucing. Caranya anda rutin mememriksakan kesehatannya ke dokter hewan dan memberikan vaksin. Tidah manusia saja yang harus diberikan vaksin, kucing juga lho.

Biasanya, vaksin diberikan kepada kucing saat berumur 8- 9 minggu. Vaksin yang diberikan biasanya vaksin herpes, leukemia, dan vaksin rabies. Jika tidak diberi vaksin kucing akan lemah dan mudah terkena penyaki, akibatnya kucing akan mati. Dan yang berbahaya jika kucing terkena virus rabies ia akan menularkannya kepada orang yang ada di sekitarnya.

Namun, saat hendak memberikan vaksin anda harus memperhatikan kucing anda dalamkondidi sehat, jika kucing sedang kindisi sakit alangkah baiknya pemberian vaksin diundur untuk beberapa hari sampai kucing benar- benar dalam kondisi yang sehat.

Naaah.. itu dia beberapa cara mudah dan tepat untuk merawat kucing angora. Jika ingin kucing angora peliharaan anda memiliki umur yang panjang sering- seringlah untuk memeriksakannya ke dokter hewan, ini juga berlaku untuk semua jenis hewan peliharaan, lho. Semoga bisa bermanfaat, yah! Amiinn.