Motherboard
Motherboard

Komponen Komputer dan Fungsinya

Posted on

Prosesor

Prosesor merupakan otak dari computer yang bertugas mengelolah perintah dan logika yang di kirim oleh operator computer. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak juga jenis prosesor yang ada sebanding dengan software yang berkembang juga yang di tuntut agar bisa melakukan banyak perintah dalam sekali kerja. Pemilihan prosesor yang kita gunakan harus tepat sesuai yang kita butuhkan agar bisa di gunakan dengan nyaman. Prosesor berfungsi untuk mengelolah data yang di kirim oleh media penyimpan juga prosesor berfungsi untuk mengkontrol seluruh komponen computer lainnya, Karena itulah prsesor di sebut sebagai otak computer.

Prosesor
Prosesor

Motherboard

Motherboard merupakan jantung bagi computer itu sendiri. Karena Motherboard adalah tempat untuk menyambungkan komponen computer lainnya seperti Prosesor, Ram, Power supply, hard disk, DVD Rom, dan lainya. Motherboard berfungsi untuk membuat seluruh komponen computer itu terhubung dan saling bekerja sama, Karena itulah mhoterboard disebut ibu komputer atau jantung komputer

Motherboard
Motherboard

Ram

Ram merupakan media penyimpanan sementara. Ram berfungsi untuk menampung data sementara yang sudah di proses oleh prosesor sebelum dikirim ke bagian-bagian yang akan mengelolah selanjutnya, perkembangan zaman yang  sudah sangat cepat ini membuat manusia menciptakan sangat banyak model ram dan ini memudahkan kita untuk memudahkan kita memilih ram yang cocok sesuai dengan spesifikasi computer yang kita gunakan.

Ram
Ram

Pengertian RAM ( Random Acses Memory)

RAM merupakan media penyimpanan sementara yang mana pada saat computer di operasikann dan dapat diakses secara acak (random). Karena itulah RAM sangat berpengaruh dalam pengoperasian computer kita agar tetap cepat.

Fungsi RAM (Random Acces Memory)

Fungsin dari ram adalah menyimpan data sementara ketika computer beroprasi dan mengirimnya lagi ke media penyimpanan seperti hardisk, dan juga  ram berfungsi untuk mempercepat kinerja computer kita, semakin besar ram yang kita gunakan semakin cepat pula computer kita beraksi sesuai dengan kapasitas ramnya dan prosesor serta VGA yang kita gunakan jika ketiga hal ini mendukung maka kalian tidak perlu risau lagi dengan computer kalian jika mengalami lambat.

Jenis-Jenis RAM Yang ada

  • DRAM (Dynamic RAM) merupakan jenis ram yang secara rutin harus disegarkan oleh CPU agar data di dalamnya tdiak menghilang
  • Sychronous Dynamic RAM (SDRAM) merupakan jenis ram dari kelanjutan pengembangan dari DRAM dan SDRAM ini diklaim memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
  • Static RAM (SRAM) merupakan jenis memori yang tidak perlu penyegaran dari CPU itu sendiri yang mana data di dalamnya akan tetap tersimpan tanpa adanya penyegaran. Dan ram jenis satu ini memiliki jenis ram yang lebih cepat dibndingkan SDRAM.
  • EDORAM (Extended Data Out RAM) merupakan jenis ram yang dipakai pada system yang menggunakan jenis Pentium. Yang cocok untuk memiliki bus yang memiliki kecepatan sampai 66 MHz.

VGA/Video Card

VGA merupakn komponen yang mengelolah bagian grafis. VGA berfungsi untuk memperbagus grafik saat kita bermain games atau mengdit foto dan video. Fungsi utama dari VGA adaah mengelolah data yang akan di kiirim ke layer monito agar gambar yang hendak di kirim menjadi lebih bagus dan tampak baik di pandang.

 

VGA
VGA

.

Sound Card

Fungsi dari kartu suara ini sebagai pengelolah oputer untuk koputer anda. sinyal digital atau analg yang telah di input kedalam karu dan digital diinterpreptasikan sebagai algoritma yang nanti pada gilirannya akan di tafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan suara dalam output dari kartu suara computer kalian. Kartu suara merupakan perangkat yang di pasang di sister computer kita sebagai pengelolah bagian computer.

Sound-Card
Sound-Card

Power Suply

Power Suply merupakan penopang computer agar bisa menyal (jantung). Power supply berfungsi untuk mengubah jenis daya listrik dari kontaknya/stopkontak, 120 vlt, 60 Hz, menjadi arus yang bisa digunakan computer +5 dan +12 volt DC saat ini. Tanpa power supply ini computer tidak akan dapat menyala dan ini merupakan jantung dari computer itu sendiri.

Power Suply

Hardisk

Hardisk merupakan komponen untuk menyimpan data dari seluruh bagian yang telah diproses. Kapasitas yang besar tentu saja akan berpengaruh pada jumlah data yang dapat disimpan. Belum lagi jika buffernya besar akan berpengaruh pada kecepatan computer yang digunakan. Fungsi lain hardisk adalah untuk menyimpan data yang bersifa mobile dan memiliki kapasias lebih besar dari CD, DVD, ataupun yang lainnya.

Hardisk
Hardisk

Optical disk

Optical disk berfungsi untuk pembacaan pada media DVD ataupun CD, memang di zaman sekarang CD aau DVD kurang di minati Karena banyaknya media penyimpanan yang ebih bagus dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, seperti flash disk, ataupun blueray, yang dapat di akses langsung tanpa menggunakan CD ataupun DVD.

Optical Disk
Optical Disk

Casing

Casing merupakan kompoonen yang berfungsi sebagai tempat atau costum yang mana ini akan membuat komponen-komponen computer lainnya bersatu dan menjadi computer yang sebenarnya Karena casinglah yang membuat computer terlihat menarik. Seperti halnya manusia jika memakai pakaian yang bagus begitu pula casing computer.

Casing
Casing

Itulah penjelasan dari beberapa jenis komponen computer utama, semoga apa yang saya bagikan ini dapat menambah wawasan kalian tentang ilmu computer.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.