Klasifikasi Pucuk Merah

Posted on

Pucuk merah yang memiliki kata lain yaitu Syzygium oleana ini adalah sebuah jenis tanaman hias yang sudah tergolong pada family Myrtaceae. Dan pada saat ini tanaman ini sedang booming di Indonesia, dan saat ini sudah sangat banyak sekali tanaman ini di pot di tepi tepi jalan baik didaerah perkotaan ataupun perkampungan. Tanaman ini dinamakan pucuk merah karena tunas daun yang baru tumbuh pada bagian pucuk nya berwarna merah menyala, dan warna inilah yang menjdaikan daya tarik pada tanaman ini, tetapi warna merah menyala itu tidak tetap warna merah itu akan segera pudar dan akan berganti dengan warna coklat yang akan berubah menjadi warna hijau.

Pucuk merah ini menjadi kerabat dekat dengan tanaman jambu air, juwet, salam, jambu darsono, klampok watu (jambu batu), dll. Dan sudah diperkirakan bahwa sudah ada 1.100 spesies dari genus Syzgium ini. Tanaman ini juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu bila kita remas daunnya akan mengeluarkan aroma yang sangat khas yaitu mengeluarkan kandungan minyak atsiri yang terdapat pada beberapa tanaman hias Pucuk Merah ini.

Pucuk merah ini berbentuk daun tunggal yang berbentuk lancet, dan bertangkai sangat pendek itu saja hampir duduk, debgan tumbuh berhadap hadapan, pada permukaan daun pada bagian atas ini sangat mengkilat: warna pada daun mengalami perubahan ketika baru tumbuh, dan biasanya berwarna merah menyala dan akan berubah menjadi warna hijau. Dan untuk ukuran daun pucuk merah ini berkisar panjang kurang lbih 6 cm dan lebar nya kurang lebih 2 cm, pertulangan pada daunnya itu pun menyirip.

Tanaman hias pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dan tersusun dalam malai berkarang hingga terbatas.

Akar pucuk merah ini berupa akar tunggang, sehingga dapat menahan pohonnya yang tinggi Reproduksi pucuk merah dengan cara yang alami.

Klasifikasi tentang pucuk merah atau tanaman yang memiliki nama latin Syzygium olena ini merupakan tumbuhan yang pucuknya berwarna merah ini sebuah kingdom plantae, sub kingdom viridiplantae, dll. Dan ciri ciri dari tumbuhan yang satu ini adalah pada pucuk nya berwarna merah, daun pucuk merah adalah daun yang tunggal yang berbentuk lancet.

Morfologi akar dan batang dari tumbuhan pucuk merah ini adalah batang pada pucuk merah ini berbentuk membulat dank keras berkayu, sama seperti pohon dari family Syzgium biasanya. Tinggi batang nya ini biasanya mencaai ukuran 5 meter, dan itu jika tidak pangkas. Akar dari tanaman hias yang satu ini adalah akr tunggang, sehingga bisa menampung pohon yang sangat tinggi.

Bunga dari tanaman hias yang satu ini adalah bunga yang majemuk yang sudah tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga nya sudah mekar , maka akan terlihat kepala putik yang berwarna putih.

Pohon Pucuk Merah adalah sejenis tanaman perdu yang biasanya dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah, perkantoran dan sebagainya serta masih termasuk ke dalam family yang sama dengan tanaman cengkih. Bila diperhatikan, bentuk tajuk dan daunnya pun sangat menyerupai tanaman cengkih.

Dan Berikut adalah klasifikasi Pohon Pucuk Merah :

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobiota
Super Divisi : Spermatophyta
Divisio  : Magnoliophyta
Sub  Divisio : Angiospermae
Kelas : Magnoliopsida
Sub Kelas :  Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Sub Family : Myrtoideae
Genus: Syzygium
Spesies : Syzygium oleana

Selain alasan keindahan, pohon ini ditanam karena memiliki akar tunggang yang mampu menghujam ke dalam tanah secara kokoh untuk merehabilitasi lahan, mencegah longsor dan menyimpan cadangan air.

Mungkin cukup sekian artikel di pagi hari ini yang berhubungan dengan Tanaman Hias Daun mungkin artikel yang saya buat ini bisa membantu anda untuk memilih tanaman yang akan anda tanaman di lingkungan anda. Dan jangan lupa di like, comment, and share. See You Again.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.