Habbatussauda

Khasiat Habbatussauda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Pengertian dan pengenalan habbatussauda

Habbatussauda atau bisa disebut dengan jintan hitam adalah rempah-rempah yang dijadikan sebagai obat. Jintan hitam ini berasal dari tumbuhan yang bernama Nigella Sativa, yang berada di asia selatan dan asia barat. Atau nigella sativa adalah nama ilmiyah habatussauda.

Nigella Sativa merupakan tumbuhan yang tingginya sekitar 16-24 inci dan juga memiliki bunga berwarna putih. Bijinya berbentuk persegi panjang dengan panjang 3 mm. Tanaman ini telah di budidayakan di India.

Kalau di negara asalnya, jintan hitam digunakan sebagai bumbu penyedap. Tapi bisa juga di pakai untuk obat, bahkan sekarang terkenalnya untuk obat. Itu karena saat perkembangan awal agama islam, orang – orang islam memakai jintan hitam untuk obat, karena bagi mereka jintan hitam bisa menyembuhkan segala penyakit.

Orang – orang Mesir kuno dan orang-orang Yunani kuno telah mengetahui dan juga memakai habbatussauda sebagai obat yang sangat ampuh. Bangsa Romawi juga mengenal habbatussauda dengan memberi nama “ketumbar Yunani”. Bagi bangsa Romawi ketumbar Yunani itu di gunakan sebagai suplemen makanan.

Pada saat abad pertama Masehi, ahli pengobatan Yunani kuno mengatakan kalau jintan hitam ini bisa mengobati sakit kepala, saluran pernapasan, sakit gigi dan cacing usus. Kalau di dalam pengobatan tradisional habbatussauda sebagai obat cacing dan obat perangsang produksi ASI. Habbatussauda juga telah digunakan sebagai obat kejang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda “Habbatussauda adalah obatnya segala penyakit kecuali Al-Saam, yaitu kematian”. Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, dan Tirmidzi.

Manfaat Habbatussauda

Habbatussauda mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini merupakan peranan penting dalam mempertahankan kesehatan dan juga dapat membantu mengatur metabolisme, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolestrol, meningkatkan fungsi hati, dan masih banyak lagi.

Karena kalau seseorang mengalami kekurangan lemak tak jenuh ganda maka akan menyebabkan masalah kesehatan termasuk gangguan sistem saraf, penyakit kulit, dll. Di dalam kandungan habbatussauda ada banyak sekali gizi. Seperti zat besi, seng, magnesium, selenium, karbohidrat, asam amino, kalsium, mineral, serat makanan, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C.

Penelitian juga menemui khasiat yang lain, contohnya sebagai anti inflamasi, anti tumor, anti diabetes, anti kejang, anti virus, anti bakteri, anti histamin dan anti jamur. Bahkan habbatussauda juga memiliki banyak manfaat untuk kesahatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat habbatussauda untuk kecantikan.

a. Menjaga kesehatan kulit

Cara merawat kulit dengan habbatussauda beraneka ragam. Bisa dengan meminumnya ataupun mengolesinya pada bagian kulit yang memiliki masalah. Tapi jangan terlalu berlebihan juga dalam pemakaiannya. Karena warna hitam habbatussauda akan menempel pada kulit tubuh, jika salah dalam cara perawatannya. Kalau mau yang lebih aman, kamu bisa menggunakan habbatussauda oil atau minyak habbatussauda.

b. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat habbatussauda yang kedua adalah menjaga kesehatan rambut. Rambut yang memiliki masalah bisa teratasi oleh habatussauda.  Kamu bisa memakai kandungan senyawanya untuk memberi nutrisi pada rambut. Biasanya digunakan untuk orang yang memiliki rambut tipis atau rontok. Karena kandungan senyawanya dapat membuat rambut tumbuh hingga lebat. Selain itu rambut akan menjadi tambah kuat dan tidak mudah patah. Perawatan rambut dengan habbatussauda layaknya perawatan rambut di salon yang mahal.

c. Mengatasi minyak di wajah

Manfaat yang ketiga adalah bisa mengatasi minyak di wajah. Caranya cukup mudah, kamu hanya membuat habbatussauda menjadi masker wajah. Kemudian kamu pakai setiap sebelum tidur. Setelah itu kamu basuh di pagi harinya. Jika kamu rutin dalam pemakaian masker ini maka kamu akan memiliki wajah bebas minyak.

d. Menurunkan berat badan

Manfaat yang keempat adalah mampu untuk menurunkan berat badan. Jika kamu ingin berat badan turun, kamu pasti akan melakukan diet. Nah, diet yang baik bisa dengan mengkonsumsi dari tanaman yang satu ini. Karena kandungannya mampu untuk menurunkan nafsu makan. Dan juga jika kamu makannya sedikit, kamu tetap tidak akan merasa lemah, karena habbatussauda menjadi sumber makanan di dalam tubuhmu. Dan juga kualitasnya baik untuk kesehatanmu.

e. Memutihkan kulit

Manfaat yang kelima adalah mampu untuk memutihkan kulit. Karena di dalam kandungan minyak habbatussauda ada nutrisi yang mampu untuk meningkatkan fungsi kulit, seperti vitamin A,C,E, asam lemak, anti oksidan dan nutrisi yang lain. Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu hanya selalu memakai minyak habbatussauda sebagai masker wajah sebelum tidur, tapi efeknya tidak hanya semalaman, kamu harus teratur di dalam penggunaan masker wajah ini.

Kamu bisa juga mencampurkan minyak habbatussauda denga madu. Atau bisa juga mencampurkan minyak habbatussauda dengan jus lemon, caranya tambahkan beberapa tetes jus lemon kedalam minyak habbatussauda, lalu oleskan pada wajah sambil dipijat. Lakukan hal tersebut selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.