kewajiban seorang muslim
kewajiban seorang muslim

Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Muslim yang Lainnya

Posted on

Kewajiban Seorang Muslim – Sebagai seorang muslim, pastinya kita memiliki hak dan kewajiban antar sesama muslim lainnya. Dan tentunya ini sudah dijelaskan dalam firman Allah Swt dan sabda nabi Muhammad Saw. Dan ketahuilah kita sebagai umat muslim adalah sebagai seorang saudara. Dan saling melengkapi satu sama yang lainnya, saling membantu, dan jika ketika saudara satu sakit maka saudara yang lain pun juga merasakanya.

Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita harus dan wajib untuk bersatu dan jangan sampai terpecah belah. Kewajiban seorang muslim tidak hanya sholat saja. Namun masih banyak lagi. Disini saya akan membagikan kewajiban seorang muslim. Simak info dibawah ini.

Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Muslim Lainnya

hak seorang muslim
hak seorang muslim

Sholat 5 waktu

Kewajiban dan hak seorang muslim adalah mengerjakan sholat 5 waktu dan menjaga waktu sholatnya dengan tertib. Karena amalan sholat lah yang akan di tanyakan pertama kali kelak di akhirot. Dan sholat adalah amalan yang paling banyak pahalanya jika kita mengerjakanya. Dan jangan sampai melalaikan sholat, utamakan sholat sebagai kewajiban dan kebutuhan yang paling utama. Dan sholat yang paling banyak pahalanya adalah sholat ashar dan sholat subuh secara berjamaah karena pada saat itu, ada pergantian malaikat dan langsung disaksikan oleh para malaikat.

Tersenyum saat bertemu

Sebagai umat islam mempunyai kewajiban untuk saling tersenyum saat bertemu dan memberikan raut wajah yang ceria ketika sedang bertemu. Dan jangan lupa untuk mengucapkan salam dan sambil tersenyum. Untuk menjaga perasaan muslim yang lainya jangan menampilkan wajah yang masam dan manyun. Namun, tersenyumlah karena dengan tersenyum bisa memberikan pahala dan juga mempererat persaudaraan antar muslim lainnya.

Tidak boleh saling mendiamkan selama kurang lebih dari 3 hari

Kita sesama muslim, jangan sampai memiliki rasa benci terhadap muslim yang lainnya, dan juga jangan sampai kita terpecah belah. Oleh karena itu, jika kita bertengkar dan berdiam diri lebih dari 3 hari maka itu dilarang atau tidak diperbolehkan dalam agama islam.

Bersikap rendah hati

Rendah hati adalah sifat yang paling mulia, karena tidak semua umat muslim memiliki sifat rendah hati. Dan seorang umat muslim mempunyai kewajiban untuk selalu bersikap rendah hati terhadap umat muslim lainnya. Dan jangan sampai kita memiliki sifat sombong, iri hati bahkan sombong. Naudzubillahimindalik.

Mengantarkan jenazah

Sebagai umat muslim, mempunyai kewajiban untuk mengantarkan jenazah umat muslim lainnya terutama kaum laki-laki. Dan juga menyolatkan kemudian mengantarkan ke tempat pemakaman. Dan jika kita melakukan ini akan mendapatkan pahala yang sangat banyak sekali. Karena berdasarkan sabda nabi Muhammad Saw “ barang siapa yang mengantarkan jenazah dan menyolatkan itu pahalanya itu satu khirot dan barang siapa yang mengantarkan sampai ke tempat pemakaman itu pahalanya 2 khirot. Apakah kalian sudah tau perbandinganya khirot? Yaitu sebanding dengan dua gunung yang besar. Masya Allah.

Mengucapkan salam

Mengucapkan salam ketika bertemu dengan saudara muslim yang lainnya ini sangatlah di wajibkan. Karena hakikatnya sebagai muslim terhadap muslim lainnya adalah menebarkan salam dan disertai senyuman. Mengucapkan salam bisa ketika saat bertemu di jalan, atau moment yang lainnya dan barang siapa yang mengucapkan salam maka akan mendapatkan rahmat dan dapat mempererat tali persaudaaraan antar umat muslim lainnya.

Memenuhi undangan

Ketika kita mendapat undangan baik dari kerabat atau teman hendaklah untuk mendatanginya. Baik itu dalam acara apapun. Karena dengan itu dapat memperat persaudaraan antar umat muslim yang lainnya. Dan juga untuk menghormati orang yang sudah mengundang. Dan alangkah baiknya kita mengusahakan untuk datang kecuali benar-benar ada urusan yang sangat penting atau sesuatu yang tidak bisa di tinggalkan.

Saling menyayangi

Kewajiban seorang muslim adalah saling menyayangi dan mencintai terhadap umat muslim yang lainnya. Karena berdasarkan sabda nabi muhammad saw yang isinya “ seandainya permisalan kaum mukmin memiliki sifat saling mencintai, menyayangi dan saling kasih sayang maka itu sebagaiamana satu badan, apabila ada anggota badan yang sakit maka seluruh badan juga akan ikut merasakanya. Dan tidak bisa tidur dan juga hingga demam”. (HR Muslim).

Menutup aib saudaranya

Kewajiban seorang muslim adalah bisa menutupi aib saudaranya. Dan setiap manusia pasti memiliki salah tidak mungkin manusia itu sempurna tanpa memiliki salah ataupun dosa. Ketika kita tau tentang aib keluarga maka kita mempunyai kewajiban dengan menutupi dan diam. Jangan sampai di umbar bahkan sampai orang lain tau dan mendengar berita itu.

Sebab, pastinya kita memiliki kesalahan atau aib. Daripada padad kita sibuk untuk menjelek atau mengubar aib orang lain. Hendaknya kita intropeksi diri dan memperbaiki diri sendiri.

Memanggil dengan nama pangilan yang baik

Terkadang kita ketika memanggil saudara lainnya, memanggil dengan nama panggilan yang tidak sepantasnya yang membuat hati saudara lainnya merasa sakit hati. Dan alangkah baiknya kita memanggil dengan nama panggilan yang baik yang bisa menyenangkan hati suadara lainnya.

Walaupun awalnya hanya untuk sekedar bercanda namun alangkah baiknya jangan memanggil dengan nama panggilan yang buruk.  Dan perbuatan itu juga termasuk perbuatan yang jelek dan dzolim karena bisa mendatangkan dosa kepada yang memanggil.

Saling tolong menolong dalam kebaikan

Kewajiban seorang muslim adalah saling tolong menolong dan membantu antar umat muslim lainnya. Jangan sampai kita mempunyai sifat yang cuek dan acuh tak acuh. Karena kita adalah akhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain. Dan tolong menolonglah dalam hal yang baik seperti berdakwah, membantu saudara yang terkena musibah, membantu dalam kesusahan dan masih banyak lagi.

Menjawab orang bersin

Menjawab bersin adalah kewajiban seorang muslim. Apabila kita bersin hendaklah untuk mengucapkan kalimat hamdalah. Hamdalah adalah kalimat pujian untuk allah swt dan sebagai bentuk rasa syukur kepada allah swt. Dan kita yang mendengarnya hendaklah mengucapkan yarkhamukallah. Dan kita yang bersin kemudian mengucapkan atau menjawab yadikumullahu wayusriku balakum.

Demikianlah diatas kewajiban sebagai umat muslim terhadap muslim yang lainnya, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.