Keutamaan Surat Ar Rahman
Keutamaan Surat Ar Rahman

Keutamaan Surat Ar Rahman yang Perlu Diketahui

Posted on

Keutamaan Surat Ar Rahman – Surat ar rahman dengan nomor surat 55. Surat ini menjadi salah satu surat al qur`an yang menjadi favorite banyak orang. karena surat ini memiliki kenyamanan tersendiri saat kita membacanya dan selain itu surat ini memiliki makna dan arti yang sangat luar biasa. Dan surat ar rahman ini dikenal oleh banyak orang dengan sebutan Arus Al qur`an secara harfiyah yamn memiiki arti pengantin al qur`an.

Dan apakah kita masih merasa kurang beruntung dalam sesuatu hal? Dan apakah kita merasa hidup susah terus? Berarti orang orang itulah yang merasakan seperti itu berarti dia orang orang yang kurang bersyukur kepada allah dan atas segala nikmat yang telah allah berikan kepadanya. Dengan nikmat kita bernafas itu juga sudah menjadi nikmat yang sangat luar biasa, bayangkan saja orang yang sakit dan membutuhkan oksigen itu harus mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan.

Surat Ar Rahman
Surat Ar Rahman

Dan surat ar rahman ini adalah surat yang mengingatkan kami terhadap bersyukur kepada dengan melalau beberapa ayat yang diulang ulang berkali kali, dengan berbunyi fa biayyi aalaa i robbikumaa tukadz dzibaan dan artinya “maka nikmat tuhanmu yang nama lagi yang kamu dustakan”. Dan ayat ini diulang ulang hingga 31 kali. Dan dari antara ayat ayat ini dengan diiringan ayat yang menggambarkan keagungna dan beberapa kekuasaannya allah SWT. Dan juga ayat yang menunjukan tentang perintah bagi siapapun yang dusta dan ingkar terhadap ayat ayat allah sebelumnya itu ada ancamannya.

Dan di kesempatan kali in dan artikel kali ini kita jempoltangan.com akan membahas tentang apa saja keutamaan surat ar rahman. Surat ar rahman ini memiliki bberapa keutamaan bagi siapa pun yang membacanya. Dan kami akan memberitahukan beberapa keutamaan surat ar rahman. Dan berikut ini adalah keutamaan dari surat ar rahman:

Keutamaan Surat Ar Rahman

Ar Rahman
Ar Rahman

Mengingatkan Diri Kita Kepada Allah

Keutamaan surat ar rahman yang pertama adalah mengingatkan kita kepada allah. Surat ar rahman ini memiliki arti maha pengasih, karena allah memiliki sifat maha pengasih. Kata ar rahman ini bisa membantu kita untuk memuji kepada allah. Jika kita membaca surat ar rahman dengan berserah diri dan membacanya dengan sepenuh hati, itu sangat banyak keutamaannya yang akan kita dapatkan.

Mengingatkan Bahwa Allah itu Maha Pengasih

Keutamaan surat ar rahman yang kedua adalah Mengingatkan Bahwa Allah itu Maha Pengasih. Allah itu memang memiliki sifat yang maha pengasih atau ar rahman. Allah SWT akan tetap mengurus dan mencukupi kebutuhan seluruh umat manusia yang berada di muka bumi ini tanpa ada yang terkewat satupun. Allah tidak pernah memandang siapa pun dalam memberi rezekinya kepada umatnya jadi kita tidak boleh iri pada orang lain karena allah akan selalu ada pada kita. Sebelum adanya bumi dan alam semesta ini diciptakan allah telah menetapkan dalam hal rezeki manusia masing masing dan juga termasuk baik dalam hal muslin ataupun kafir.

Mengingatkan atas Seluruh Nikmat yang Telah Allah Berikan

Keutamaan surat ar rahman yang ketiga adalah Mengingatkan atas Seluruh Nikmat yang Telah Allah Berikan. Kita harus terus mengingat apa saja nikmat yang telah allah berikan karena dengan mengingat nikmat allah ini kita akan terus bersyukur kepada allah. Tidak perlu yang susah susah kita harus mengingat nikmat yang sangat mudah saja itu terkadang lupa seperti nikat masih di berikan kesehatan dan masih bernafas itu saja terkadang masih lupa.

Mengingatkan Kita Agar Tidak Mengkufuri Nikmat dari Allah

Keutamaan surat ar rahman yang keempat adalah Mengingatkan Kita Agar Tidak Mengkufuri Nikmat dari Allah. Saat kita membaca surat ar rahman ini ada ada satu ayat yang berbunyi fa biayyi aalaa i robbikumaa tukadz dzibaan dan ayat ini diulang ulang hingga 31 kali dan ini memiliki arti yang mana mengingatkan kita agar tidak mengkufuri nikamat yang telah allah berikan. Dan dalam surat ar rahman ini juga menjelaskan bahwa nikmat allah itu sangat banyak dan sudah dijabarkan. Walaupun seperti itu, allah ini tetap memiliki sifat Maha Pengasih dan allah tetap saja memberika nikmatnya kepada kita semua.

Mengingatkan Kita Harus Terus Beribadah

Al Qur`an Surat Ar Rahman
Al Qur`an Surat Ar Rahman

Keutamaan surat ar rahman yang kelima adalah Mengingatkan Kita Harus Terus Beribadah. Dan dalam surat ar rahman ini juga mengingatkan kita dalam beribadah, kita harus semangat dan harus terus beribadah kpada allah yang mana telah memberikan kami semua nikmat. Dan dalam surat ar rahman ini ada banyak kebaikan dan kenikmatan yang telah disebutkan, dari surat rahman ini agar selelu mengingat kenikmtan dan kebaikan yang telah allah berikan jadi kita tidak boleh males untuk beribadah kepada allah, kita harus semangat dan harus terus beribadah kepada allah.

Allah Ridho Atas Semua Nikmat yang Telah Diberikan Kepada Kita

Keutamaan surat ar rahman yang keenam adalah Allah Ridho Atas Semua Nikamyt yang Telah Allah Berikan Kepada Kita. Yang mana rasulullah SAW pernah bersabda “barang siaa yang membaca surat ar rahman, maka allah akan enyayangi kelemahannyadan meridhoi semua nikmat yang telah allah beikan padanya” dan melalu riwayat inilah yang memperkuat akan keutaman surata ar rahman.

Orang yang Membaca Surat Ar Rahman Matinya Seperti Mati Syahid

Keutamaan surat ar rahman yang ketujuh adalah Orang yang Membaca Surat Ar Rahman Matinya Seperti Mati Syahid. Dalam suatu hadist menjelaskan nabi pernah bersabda: Barang siapa membaca surat ar rahman dan ketika memabaca pada kalimat fa biayyi aalaa i robbikumaa tukadz dzibaan, lalu dai mengucapkan kalimat tidak ada satupun nikmat dari tuhan yang aku dustakan, lalu pada malam harinya ia meninggal, maka matinya itu mati syahid. Jika ia membacanya siang hari, lalu mati ia mati maka matinya mati syahid. Dan itulah keutamaan dari surat ar rahman dan ini lah yang memperkuatnya.

Diatas tadi merupakan Keutamaan Surat Ar Rahman yang Perlu Diketahui yang dapat anda ambil beberapa manfaatnya. Keutamaan yang telah kami sampaikan merupakan keutamaan yang akan membuat anda menjadi orang yang lebih baik lagi. Terima kasih bagi anda yang sudah membaca, dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang Keutamaan Surat Waqi`ah dan simaklan dari awal sampai akhir dan tunggu beberapa informasi lainnya yang akan kami sampaikan hanya untuk anda.