surat al waqiah
surat al waqiah

Manfaat dan Keutamaan Mengamalkan Membaca Surat Al Waqiah

Posted on

Surat Al Waqiah – Kita sebagai umat islam, alangkah indahnya kita sering melantunkan ayat ayat suci al-qur’an. Ketika kita membaca Ayat suci al-qur’an hati kita akan terasa lebih tenang. Ayat suci al-qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan menjadi kitab suci al-quran. Semua yang ada didalam kitab suci al-qur’an adalah kalam atau firman yang langsung dari Allah.

Isi dari al-qur’an itu sudah hukum mutlak dari Allah. Jadi kalian tidak perlu meragukannya lagi, selain itu isi dari alqur’an ini tidak pernah dirubah dari zaman nabi Muhammad SAW hingga sekarang. Kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan keutamaan membaca surat al waqiah. Apakah kalian sudah tau manfaat dari membaca surat al waqiah ini? Mari kita simak dibawah ini.

Surat al waqiah adalah surat ke 56 didalam juz ke 27. Surat al waqiah memiliki 96 ayat. Surat ini dinamakan surat waqiah karena memiliki arti kiamat. Sedangkan isi dari surat ini menceritakan tentang hari qiamat pasti terjadi dan juga dimana hari itu sebagai pembalasan bagi orang iman dan orang kafir.

Selain itu surat al waqiah juga menjelaskan tentang tiga golongan pada hari kiamat nanti, yaitu golongan kanan, golongan kiri dan golongan terdahulu. Setiap golongan akan mendapat pembalasan yang setimpal dari Allah SWT di hari hisaban nanti. Maka dari itu, kita harus intropeksi diri apa kita sudah menjadi pribadi yang baik.

Membaca surat al waqiah ini mempunyai banyak manfaat dan keutamaan untuk kita, tanpa kita sadari. Mari kita ulas secara lengkap manfaat dari surat alwaqiah ini sangatlah banyak.

 Berikut Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

  1. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Bila kita sering terbiasa rutin membaca surat ini setiap malam dan pagi hari, maka kita akan mendapat pahala yang berlipat ganda di setiap satu hurufnya. Dan akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selamanya.

      2. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Apabila kita sering membaca surat al waqiah setelah solat azhar, maka kita anda mendapat kekayaan yang sangat berlimpah dan tidak ada habisnya. Kekayaan itu bukan dalam kaya raya saja, bisa saja kita kaya hati, kaya dalam hal kebaikan dan lain sebagainya.

  1. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga

Jika kita membaca surat al waqiah ini hati akan merasa tenang baik jiwa atau raganya, apalagi jika kita mengetahui arti dari surat al waqiah ini.

  1. Diringankan Sakitnya

Ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit, hendaklah membaca surat al waqiah ini, insyaAllah akan dipermudah untuk kesembuhan dan penyakit akan diringankan.

  1. Dijadikan Hartawan dan Dermawan

Mengajarkan agar seseorang yang kaya selalu mengucap syukur, bacalah surat  ini sebanyak 3 kali sesudah menunaikan solat shubuh dan setelah solat isya. Insyaallah tidak akan berlalu masa setahun tersebut dan akan menjadikan seseorang yang membacanya menjadi hartawan dan dermawan.

  1. Dilimpahkan Rezeki

Barang siapa yang sering membaca surat al waqiah ini sebanyak banyaknya, maka akan dilimpahkan rezeki ynag melimpah dan dimudahkan segala urusanya.

  1. Dipermudah Melahirkan

Apabila kita membaca surat al waqiah ketika hedak melakukan persalinan, maka insyaAllah akan segera mempermudah dalam melahirkan dan tanpa ada halangan.

  1. Diberikan Kesenangan dan Kemudahan

Jadikanlah membaca surah ini sebagai doa wirid, mana barang siapa yang membaca surat al waqiah ini akan memperoleh kesenangan dan kemudahan dari Allah Insyaallah.

  1. Mengajarkan Tauhid

Didalam alquran secara tidak langsung menjelaskan ayat tentang kekayaan dan rezeki. Namun didalam surat ini mengajaarkan tentang tauhid ynag membuat kita percaya kepada allah dan membuat kita semakin yakin bahwa semua yang mengatur adalah Allah baik urusan kekayaan atau rezeki.

  1. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Jika kita sering membaca surat ini secara rutin setiap hari, niscaya tidak akan tertimpa kekafiran. Dan menjadi kafir adalah satu hal ynag dimurkai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, rutinlah mmebaca surat al waqiah agar terhindar dari sifat kafir.

  1. Pelindung Diri Dari Kemudaratan Dunia

Ketika surat al waqiah ini dibacakan untuk kaum perempuan atau gadis, maka akan menjadi perlindungan diri dari segala macam kemudaratan dunia dan terhindar juga dari kemiskinan. Karena sudah jelas dalam hadisnya.

Berikut diatas adalah manfaat dari membaca surat al waqiah, lalu doa apakah yang deiselingi ketika membaca surat al awaqiah?

Sebernernya tidak ada do’a yang dikhususkan ketika setelah membaca surat ini. Karena doa itu baik maka anda bisa berdoa kapan saja sesuai dengan kemampuanya masing masing. Akan tetapi jangan lupa untuk mengawalkan membaca sholawat nabi, dzikir dan memperbanyak istigfar supaya doa yang kita inginkan cepat terkabul. Sholawat, dzikir, dan istigfar ini memang cukup ampuh yang digunakan dalam berdo’a.

Kunci dari semua adalah agar kita senantiasa ikhlas dan lapang dada dan rendah diri ketika kita memiliki keinginan kepada Allah SWT. Dan jangan merasa sombong kepada Allah dan manusia karena sifat itulah yang dibenci Allah bahkan dimurkai oleh Allah SWT dan bisa membuat rezeki sulit masuk.

Sifat manusia didunia sangatlah wajar jika menginginkan kekayaan dunia. Kita semua tentunya sangaat memerlukanya. Karena jika kita memiliki kekayaan maka kita bisa menunaikan ibadah, seperti berangkat haji / umroh, shodaqoh anak yatim, dan masih banyak lagi. dan jadikanlah kekayaanmu didunia sebagai amal jariyahmu kelak di akhirot dan sebagai penolongmu kelak.

Itulah beberapa keutamaan dan manfaat membaca surat al waqiah ternyata jika kita mengamalkanya kita akan mendapat manfaat yang beraneka ragam. Ada baiknya kita sebagai kaum muslim atau orang yang beriman untuk mengamalkan membaca surat al waqiah karena kita sudah mengerti keutamaan dan manfaatnya. Seringlah membaca surat al waqiah agar kita mendapatkan istiqomah dan mendapat rezeki dari Allah SWT dan mendapat kemudahan dari Allah SWT. Amiin.