Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Macam- Macam Kerajinan Tangan Yang Terbuat Dari Sedotan Bekas

Posted on

Kerajinan Tangan Terbuat Dari Sedotan Bekas – “Kerajinan tangan” sudah tidak asing lagi kalimat ini terdengar di telinga kita. Hai sobat jempoltangan.com, kembali lagi dengan saya di artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kerajinan tangan yang terbuat dati botol bekas.

Membahas tentang sedotan, banyak orang yang menganggap bahwa sedotan hanya sebuah alat minum yang berbentuk bulat dan memanjang yang terbuat dari plastik, yang mana setelah benda ini digunakan akan dibuang ke tempat sampah. Namun jika kalian dapat memanfaatkannya sedotan ini dapat diubah menjadi benda kreatif yang bernilai dan memiliki nilai seni yang lumayan tinggi.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Kalian masih bingung ingin membuat kerajinan tangan dari sedotan bekas untuk tugas sekolah atau refrensi bisnis kalian? Berikut kami akan memberikan beberapa refrensi yang mungkin cocok untuk kalian.

  1. Tempat Pensil Atau Tempat Aksesoris

Bahan yang dibutuhkan hanyalah sedotan bekas.

Tempat aksesoris atau tempat pensil biasanya terbuat dari barang bekas seperti kaleng atau botol plastik, tetapi kali ini kita akan membuat kreasi baru yaitu tempat pensil yang terbuat dari sedotan bekas. Untuk membuat tempat pensil ini kalian harus sabar dan telaten, karena menghubungkan sedotan yang satu dengan sedotan yang lainnya itu cukup rumit, tetapi jika kalian sudah mengetahui polanya pasti akan lebih mudah.

  1. Miniatur Sepeda
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Bahan yang digunakan untuk kerajinan yang satu ini kalian memerlukan sedotan plastik, benang dan perban.

Jika kalian sudah bisa membuat kerajinan yang terbuat dari sedotan bekas, kalian tidak perlu membeli miniature sepeda lagi. membuat miniature sepeda ini tidak sulit. Untuk membuatnya kalian hanya perlu mengikuti cara yang ada di gambar.

  1. Kalung
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Dengan sedotan bekas kalian bisa membuatnya menjadi gelang ataupun kalung yang manis, yang tentunya hasilnya sangat mengagumkan, kalian hanya menggunakan dari sedotan bekas yang digabungkan menjadi satu dengan membentuknya seperti rantai. Jika kalian ingin membuatnya lebih menarik kalian bisa menggunakan sedotan bekas yang berwarna-warni.

  1. Bunga mawar
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Dari pada kalian membuang sampah sedotan plastik, kalian bisa mengubahnya menjadi sebuah karya yang sangat menarik dan bisa menghiasi tampilan rumah kalian. Cara membuat bunga mawar dari sedotan bekas pun tidaklah rumit. Dengan sedotan bekas ini kalian tidak hanya membuat bunga mawar saja, tetapi juga bisa membuat bunga anggrek, sakura, dan lain-lain.

Cara membuatnya kalian hanya perlu menyediakan satu buah sedotan yang berwarna merah, satu sedotan berwarna putih, satu sedotan berwarna merah, lem dan gunting.

Gunting secara vertical pada bagian ujung sedotan dengan panjang 4 cm, lalu potong sedotan kebagian samping dengan cara diagonal, Pada bagian bawah sedotan di gunting kecil, lalu pada bagian atas yang telah di potong tadi kemudian digulung menjadi bentuk tangkai, kemudian pada bagian sedotan yang tidak digunting tadi, digulung secara mengelilingi tangkai, gulung sedotan dengan rapi, setelah sedotan digulung, kalian beri lem pada bagian akhirnya.

  1. Vas Bunga Unik
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Bahan yang perlu disediakan untuk membuat kerajinan ini hanya memerlukan barang seperti sedotan yang berwarna-warni, lem plastik, gelas Styrofoam, air dan bunga.

Adapun cara membuat vas bunga ini tidaklah rumit, pertama-tama kalian kumpulkan sedotan yang berwarna-warni, selanjutnya kalian tempelkan sedotan yang berwarna-warni yang sudah kalian kumpulkan ke bagian luar gelas, setelah penuh diamkan sedotan tadi hingga kering, kemudian masukkan air kedalam gelas Styrofoam tadi, lalu masukkan juga bunga segarnya.

  1. Bingkai Foto
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Bahan yang kita perlukan sangatlah simple, hanya dengan sedotan, pensil, gunting, bingkai kayu yang polos, dan lem.

Cara membuatnya kalian sediakan 6 sedotan yang panjang, kemudian kalian ambil sedotan yang lainnya lalu potong dengan gunting dengan ukuran sesuai dengan lebar bingkai kayu polos tadi bagian atas dan bagian bawah, lalu tempel tiga sedotan yang panjang pada bagian kanan dan 3 sedotan lagi kalian tempel pada bagian kiri dengan menggunakan lem.

Kemudian kalian tempelkan sedotan yang telah kalian potong tadi ke bagian atas dan bagian bawah dengan posisi berdiri, bingkai kalian telah selesai, untuk lebih menarik kalian masukkan foto kalian ke dalam bingkai, kalian bisa pajang bingkai dimana kalian suka.

  1. Tas Cantik
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Kalian tidak perlu lagi membeli tas dengan menguras dompet kalian, kalian bisa membuat tas dengan bahan dasar sedotan bekas lo. kalian bisa memadukan dengan berbagai bahan lainnya, contohnya seperti kain dan bunga plastik sebagai penghiasnya.

  1. Penutup Lampu Gantung
Kerajinan tangan Sedotan Bekas
Kerajinan tangan Sedotan Bekas

Bahan- bahan yang diperlukan adalah sedotan dengan 4 macam warna, lem tembak, terminal gantung lampu, lampu.

Kalian buat kotak dengan 4 warna sedotan tadi kira-kira 3cm, kalian buat seperti awal namun yang ini jaraknya diperkecil kira kira jaraknya sekitar satu sedotan,lakukan cara itu terus menerus, hingga sampai titik terkecil, lalu kalian lebarkan lagi dengan jarak satu sedotan, di lakukan ulang ulang.

Jika kalian sudah selesai, kotak yang pertama kalian beri 2 sedotan yang menyilang sama tengah. Gunanya kalian menyilangkan sedotan itu sebagai tempatnya lampu, lalu kalian pasang lampu pada terminal kepiting gantung dan kalian terapkan pada dua buah sedotan. Tahap berikutnya kalian tempelkan dua buah sedotan untuk menyangga agar lebih kuat.

Tahap yang terakhir kalian potong pada setiap sedotan yang kalian buat agak sedikit keluar dari dari bagian atas hingga bagian bawah dengan ukuran lebih memanjang pertama.

Demikian yang bisa saya sampaikan kepada kalian tentang Macam- Macam Kerajinan Tangan Yang Terbuat Dari Sedotan Bekas. Terima kasih sudah membaca artikel saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.