sehat itu mahal harganya
sehat itu mahal harganya

Sehat itu Mahal Harganya

Posted on

Sehat itu mahal harganya berarti kita harus selalu menjaga kesehatan. Sebenarnya menjaga kesehatan itu tidak terlalu berat karena kita hanya menjaganya dengan cara mengatur pola makan. Tetapi ketika kesehatan itu hilang maka itulah yang dinamakan sehat itu mahal.

Sehat itu mahal harganya, seperti menjadi opini bagi orang-orang ketika dulu susah untuk mendapatkan perawatan dokter setelah keluarnya kartu potongan untuk biaya kesehatan masyarakat Indonesia. Yang tepat adalah sehat itu murah, sakit itu mahal.

Jika Anda memiliki hidup yang sehat tanpa mengeluarkan banyak biaya yaitu jalan kaki rutin setiap pagi hari. Jalan kaki tidak hanya mempunyai manfaat untuk kesehatan namun juga berkhasiat untuk kesehatan psikologis dan hubungan sosial.

Secara kesehatan fisik, jalan kaki mampu untuk membantu Anda mengatur berat badan, tekanan darah dapat dikendalikan, dan mengurangi resiko stroke, kanker payudara, dan banyak penyakit lainnya. Secara psikologis, jalan kaki dapat menjernihkan otak dan dapat menghindari stress, pasalnya jalan kaki dapat memunculkan relaksasi diri, dan dapat mengembalikan mood.

Jalan kaki di setiap pagi hari, menjadikan Anda memiliki waktu untuk berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial dapat membantu Anda untuk menjauhkan jenuh dan kesepian karena stress. Maka dri itu, inilah pernyataan bahwa sehat itu mahal.

Inilah beberapa cara menjaga kesehatan Anda :

hidup sehat
hidup sehat
  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dapat menguatkan kesehatan Anda. Harga jual jika tidak terlalu mahal, karena sejatinya Indonesia merupakan Negara Surga Buah. Segala jenis buah mudah untuk tumbuh di Negara kita. Contohnya saja pepaya. Pepaya mampu untuk memperkuat tulang dan gigi.

Buah pepaya memiliki kandungan alami untuk gigi dan tulang yang kuat. Tidak hanya buah, daunnya pun juga memiliki khasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. caranya pun mudah untuk di dapat. Yaitu dengan cara merebus lima lembar daun pepaya dengan air.

Air rebusannya dapat di tambah dengan gula atau madu untuk pemanis. Penyakit yang lain dapat dicegah dengan rebusan pepaya yaitu demam berdarah dan kanker. Biji buah pepaya pun memiliki khasiat untuk mencegah penyakit ginjal.

  1. Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin yang dapat membantu Anda untuk menjaga diet yang seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut dari hasil percobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti kembang kol, brokoli, dan kol dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang dapat meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal. Menurut penelitian, tikus yang sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel sebesar 70-80 persen.

  1. Konsumsi Vitamin D

Jika Anda termasuk kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk. Seperti masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Makanan yang mengandung vitamin D yang terbaik antara lain adalah kuning telur, jamur, ikan salmon, hati sapi, dan ikan tuna. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D dan pilihlah yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena hal ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda. namun sebaiknya sebelum Anda mengkonsumsi suplemen, konsultasikanlah hal ini pada dokter.

  1. Olahraga rutin

Hal yang satu ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Anda harus selalu aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang teratur dapat membuat Anda lebih bugar dan langsing. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa olahraga yang teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, dapat mengurangi stress, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

  1. Minum teh hijau

Teh hijau juga baik untuk kesehatan. Manfaat teh hijau bagi kesehatan dikarenakan tingginya antioksidan, yang di sebut dengan flavonoid. Sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

Maka dari itu, karena cara ini mudah untuk menjaga kesehatan tubuh sudah sangat banyak untuk dilakukan.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam di setiap malamnya selama dua minggu dapat menunjukkan bahwa tubuh akan lebih kebal dari kuman bakteri dan serangan virus.

Sementara orang yang tidur kurang dari 6 jam pada setiap malamnya akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur selama 7 jam atau lebih.

  1. Kelola stres Anda

Terbukti bahwa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membuat orang menjadi mudah untuk terserang penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan atau menghilangkan stress.

  1. Bersosialisasi dengan orang sekitar

Jika Anda mengalami rasa kesepian sering dikaitkan hal tersebut sebagai pemicu dari beberapa penyakit. Terutama pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung. Penelitian dari American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stress. Yang dapat memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

  1. Menjaga kebersihan

Cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Dengan cara yang seperti ini, Anda akan terhindar dari serangan berbagai penyakit.

  1. Hindari alkohol

Nah, cara yang satu ini adalah merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritic, yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Dengan seiring berjalannya waktu, karna sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.

Inilah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak orang yang mereka sadar bahwa sehat itu mahal, tapi sayangnya kesadaran itu tidak diikuti dengan gaya hidup sehat. Kebanyakan orang malah melakukan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mereka. Bukannya karena tak sadar dengan apa yang dilakukannya, hanya saja kegiatan ini dilakukan hampir setiap hari sulit untuk dihilangkan.

Demi kesehatan tubuh dan jauh dari yang namanya rumah sakit, mau tak mau dan suka tak suka mulai sekarang kamu harus meninggalkan beberapa kebiasaan yang sangat merusak kesehatanmu. Kebiasaan apa saja sih yang dapat merusak kesehatan tubuh?

kebiasaan buruk untuk kesehatan
kebiasaan buruk untuk kesehatan
  1. Memperbanyak makan gorengan atau junk food

Karena seringnya mengkonsumsi ini, tak hanya membuat kamu gemuk. Namun makanan yang satu ini dapat menjadikan nyeri di dada, peradangan pada lapisan lambung, luka di bagian dalam lambung atau usus, serta berbagai gangguan pencernaan.

  1. Mengkonsumsi minuman bersoda dan jus kemasan

Sangat banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui bahwa bahaya dari minuman bersoda atau minuman kemasan lainnya. Bahkan baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jika merutinkan untuk mengkonsumsi minuman yang bersoda dapat mempercepat resiko tentang kanker kandung empedu.

  1. Begadang

Entah karena memiliki alasan pekerjaan atau karena Anda memang hobi tidur malam, ada baiknya kalau Anda mengubah pada kebiasaan buruk ini. Pada pasalnya, begadang dapat membuat Anda susah untuk konsentrasi, pola makan yang tidak teratur, dan dapat membuat Anda akan mudah marah.

  1. Terlambat makan

Jangan pernah Anda berfikir bahwa menunda waktu makan dapat menurunkan berat badan. Hal ini sangat tidak benar. Menunda waktu makan, malah membuat nafsu makan semakin meningkat di waktu setelahnya. Bisa saja porsi Anda akan lebih banyak dari biasanya.

Menunda makan akan melambatkan metabolism tubuh. Sehingga tubuh akan merasa lebih lemas. Selain itu, menunda makan dapat menyebabkan asam lambung naik. Lebih buruknya lagi, kebiasaan buruk yang seperti ini dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit diabetes.

Nah, dari artikel saya ini sangat mudah bukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Kesehatan tubuh itu mahal harganya, loh.

Sekian dari artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda

Jagalah pola hidup Anda yang lebih baik dari sekarang.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com