karakteristik suami idaman istri
karakteristik suami idaman istri

Karakteristik Suami Idaman Istri

Posted on

Memiliki suami idaman merupakan hal yang perlu di perjuangkan oleh setiap muslimah. Memiliki suami idaman berarti memiliki imam keluarga yang mana kecerdasan, akhlak, dan kebersihan hatinya seimbang.

Sosok yang seperti ini sangat sulit untuk didapat dan masyarakat mulai mengalami pergeseran mengenai makna dari kriteria suami idaman. Zaman sekarang lebih mengedepankan pada segi fisik, keturunan, maupun pekerjaan dalam memilih suami idaman yang ideal. Meski begitu, yang menjadikan suami pantas disebut suami idaman.

Beberapa karakteristik suami idaman istri adalah :

  1. Menganut agama islam

Poin yang pertama tidak bisa di tawar lagi, dan seorang muslimah harus tegas dalam memiliki pasangan hidup yang beragama Islam. Haram hukumnya jika seorang muslimah menikah dengan laki-laki yang bukan beragama Islam. Sehingga jika suami istri berhubungan hukumnya menjadi zina.

  1. Taat dalam beragama dan memiliki akhlak yang mulia

Agama dan akhlak adalah sesuatu hal yang seimbang. Akhlak akan selaras dengan ketaatan jika seorang suami taat dalam beragama, pasti akhlaknya juga akan baik.

  1. Suami berasal dari keluarga shalih

Dalam agama Islam disarankan untuk memilih suami yang tepat. Yang harus menjadi patokan adalah apakah calon suami berasal dari keluarga yang shalih atau tidak. Ilmu atau sikap yang ada pada diri seseorang merupakan hasil didikan keluarganya dari sejak kecil sampe besar sehingga pantas jika memilih suami harus dari keturunan keluarga yang shalih.

  1. Mandiri secara ekonomi

Mengarungi dalam sebuah rumah tangga tidak dinilai dengan uang. Ada banyak hal yang menjadi suatu permasalahan dan pasti harus di urusi. Roda kehidupan terus berputar menjadi uang sebagai penopang yang pasti dalam kapasitas yang minimal.

Lelaki muslim yang memiliki sifat kemandirian secara ekonomi merupakan sosok idaman yang pantas untuk dijadikan sebagai suami. Tolaklah jika calon suami yang hanya bisa menggerogoti dan menikmati kekayaan milik orang tua tanpa merasa bertanggung jawab terhadap dirinya dan keluarganya kelak.

  1. Berjiwa pemimpin

berjiwa pemimpin
berjiwa pemimpin

Seorang laki-laki adalah pemimpin dikarenakan nafkah dan kekuatannya dalam melindungi istri dan anaknya. Suami idaman akan terus menjaga dirinya dari kepemimpinan agar dirinya, istri, maupun anak-anaknya bisa selamat bahagia di dunia hingga akhirat.

  1. Bersikap adil

Suami yang adil akan menciptakan kondisi keluarga yang harmonis. Adil mencakup segala hal mulai dari adil dalam bersikap, bertutur kata, maupun dalam memberi nafkah hingga tidak ada kedzaliman dalam rumah tangga. Suami idaman akan selalu adil dan tidak mendzalimi istrinya.

  1. Memiliki syahwat yang sehat

Dalam berumah tangga, syahwat bisa disalurkan secara halal. Kebutuhan tersebut merupakan fitrah yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Seorang muslimah harus memilih pasangan yang sehat secara syahwat karena muslimah tidak memiliki kesempatan untuk menambah jumlah suami jika suami tidak dapat memenuhi kebutuhan biologisnya.

  1. Suka berketurunan dan subur

Rasul sangat membanggakan umat yang banyak di akhirat kelak, sehingga pilihlah suami yang suka membuat anak. Jika hanya memiliki syahwat, namun tidak menyukai keturunan yang banyak, maka kebutuhan biologisnya hanya memenuhi keinginan setan dan tidak bertanggung jawab karena hanya ingin merasakan enaknya saja.

Memiliki keturunan yang banyak merupakan pembeda agama islam dengan yang lain yang membebaskan umatnya untuk hidup tanpa pasangan atau anak sehingga memenuhi kebutuhannya dapat dilakukan dengan berzina atau melakukan hubungan sesama jenis.

Sudahkah kriteria suami idaman ada pada calon suami Anda? Jika belum cobalah untuk mendefinisikan agar kehidupan rumah tangganya tidak berakhir dengan kehancuran.

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com

Samapi jumpa pada artikel selajutnya ya, dadah..