Jurang Terdalam
Jurang Terdalam

7 Jurang Terdalam di Dunia

Posted on

Jurang Terdalam di Dunia – Bumi merupakan planet yang subur dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Di bumi, kita dapat menjumpai berbagai macam jenis makhluk hidup, mulai dari manusia, binatang hingga tumbuh-tumbuhan. Bumi memiliki dua jenis permukaan yang terdiri atas daratan dan perairan. Mengenai dengan permukaan bumi tersebut, perairan menempati posisi pertama.

Hal tersebut dikarenakan permukaan bumi lebih banyak tertutupi oleh air. Baik perairan ataupun daratan, keduanya itu memiliki kondisi dan kegunaan yang berbeda-beda. Topografi daratan di bumi mempunyai bentuk yang beragam. Mulai dari yang berbentuk tonjolan hingga yang berupa cekungan. Ada pula yang berupa dataran rendah, dataran tinggi, bukit, ngarai dan lain sebagainya.

Berbagai macam bentuk tersebut bervariasi dalam menambah keindahan yang ada di permukaan bumi dan setiap bentuk tersebut pasti memiliki faedah masing-masing. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu topografi yang terdapat di daratan yaitu jurang.

Ketika mendengar kata jurang, pasti yang terbesit di otak kita adalah rasa ngeri dan takut. Pasalnya, salah satu topografi bumi ini sangatlah berbahaya jika kita sampai terjatuh ke dalamnya. Bukan tidak mungkin jika kita akan tewas atau termakan oleh hewan buas. Terlebih lagi, yang namanya jurang tentu memiliki lubang yang dalam dan curam yang disertai dengan bebatuan.

Pengertian Jurang

Jurang merupakan salah satu topografi bumi yang berada di daratan yang memiliki ketinggian lebih rendah dari pada topografi bumi yang lainnya. Bahkan kita bisa mengatakan bahwa jurang menyerupai sebuah lubang yang sangat dalam dan besar dengan dinding-dinding yang curam.

Jurang bisa terbentuk akibat adanya aliran air ataupun bencana alam yang membuat tanah yang berada diatas bukit menjadi pecah hingga kedalaman yang cukup curam. Di dunia ini, jurang memiliki kedalaman yang bervariasi antara satu dengan jurang yang lainnya. Disamping itu, jurang juga memiliki dasar yang berbeda-beda.

Ada jurang yang dasarnya sungai, ada jurang yang dasarnya hutan, ada juga jurang yang dasarnya laut dan lain sebagainya. Berbicara mengenai jurang, terdapat jurang-jurang di dunia ini yang kedalamannya mampu menghantarkan jurang tersebut menjadi jurang terdalam di dunia. Berikut ini terdapat beberapa jurang yang termasuk ke dalam jurang terdalam di dunia, di antaranya :

  1. Copper Canyon

Jurang terdalam di dunia yang pertama yaitu Copper Canyon. Copper Canyon merupakan jurang yang paling dalam di dunia yang terletak di negara Meksiko. Copper Canyon memiliki 6 ngarai dan lembah-lembah yang indah serta terdapat air yang mengalir ke laut sebagai bagian dari yang lebih besar di Rio Fuerte. Copper Canyon memiliki kedalaman maksimal hingga mencapai 1.879 m.

Copper Canyon
Copper Canyon

Di dasar Copper Canyon ini, kita akan menjumpai berbagai macam spesies hewan langka yang sekarang terancam punah karena perburuan liar dan juga illegal logging yang merajalela dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Grand Canyon

Jurang terdalam di dunia selanjutnya adalah Grand Canyon. Grand Canyon merupakan jurang terdalam yang terletak di Amerika Serikat. Jurang ini juga merupakan salah satu kategori jurang terdalam di dunia. Grand Canyon memiliki kedalaman maksimal hingga mencapai 1.828 m. jurang ini juga merupakan jurang yang sangat terkenal di dunia yang memiliki panjang hingga mencapai 445 km.

Grand Canyon adalah sebuah ngarai dengan tebing yang terjal yang terukir oleh sungai Colorado yang terletak di sebelah utara Arizona. Sejarah bumi telah dipotong oleh sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen hampir lebih dari 2000 tahun. Grand Canyon dilihat pertama kali oleh Garcia Lopez de Cardenas yang berasal dari Spanyol pada tahun 1540.

Grand Canyon
Grand Canyon

Ekspedisi Saintifik di Grand Canyon ini pertama kali dilakukan oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir tahun 1870. Jurang ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga eksotis, sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan merasa kagum. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab yang membuat Grand Canyon menjadi sangat terkenal.

Walaupun Grand Canyon bukan termasuk ngarai yang terpanjang ataupun terdalam di dunia, namun ukuran jurang ini sangat lanskap dan juga cukup rumit. Warna jurang ini juga berwarna-warni yang menyuguhkan pemandangan sangat luar biasa bagi orang-orang yang melihatnya. Keindahan dari Grand Canyon ini tidak aka nada yang menandingi.

  1. Tara River Canyon

Tara River Canyon berada di kawasan taman nasional Durmitor. Tara River Canyon adalah jurang yang terdalam dan juga terbesar di kawasan Eropa. Tara River Canyon memiliki kedalaman maksimal hingga mencapai 1.300 m. Tara River Canyon memiliki dasar yang berupa aliran sungai.

Tara River Canyon
Tara River Canyon

Sungai yang mengalir di dasar jurang ini yaitu sungai Tara merupakan salah satu situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Apabila Anda berdiri di puncak jurang ini, Anda akan mendengar suara jeram yang timbul dari dasar jurang akibat dari aliran sungai Tara yang ada di dasar jurang tersebut. Hal inilah yang menarik dari jurang tersebut.

  1. Colca Canyon Peru

Colca Canyon Peru
Colca Canyon Peru

Jurang paling dalam selanjutnya yaitu Colca Canyon Peru. Colca Canyon Peru merupakan salah satu jurang terdalam di Negara Peru. Jurang yang terletak di Negara Peru ini memiliki kedalaman hingga mencapai 13.650 kaki. Jurang ini juga merupakan salah satu jurang yang sangat indah. Di dasar jurang ini kita akan menjumpai pemandangaan yang sangat indah, mengesankan dan juga menakjubkan.

  1. Blyde River Canyon

Blyde River Canyon merupakan sebuah jurang yang berada di wilayah Afrika Selatan. Blyde River Canyon termasuk ke dalam kategori jurang terdalam di dunia. Hal tersebut disebabkan karena jurang ini memiliki kedalaman hingga mencapai 762 m. bahkan titik kedalaman maksimal jurang ini bisa mencapai 1.372 m jika diukur dari puncak gunung.

Blyde River Canyon
Blyde River Canyon

Blyde River Canyon ini memiliki dasar yang berupa aliran sungai yang memiliki panjang hingga 26 km. Walaupun  terletak di Benua Afrika yang terkenal tandus, namun Blyde River Canyon ini merupakan salah satu jurang yang paling hijau di dunia. Di sepanjang aliran sungai ini, kita akan menjumpai berbagai macam tanaman subtropis yang melimpah.

Tanaman-tanaman subtropis yang tumbuh subur di dasar jurang ini menjadi suatu hal yang menarik dari jurang ini. Setelah mengetahui fakta-fakta yang ada, Blyde River Canyon ini bisa dibilang termasuk ke dalam kategori jurang terdalam sekaligus jurang terindah di dunia. Keindahan dari jurang tersebut dapat Anda lihat dari dinding-dinding yang membatasi jurang ini.

  1. Fish River Canyon

Jurang paling dalam selanjutnya yaitu Fish River Canyon. Fish River Canyon merupakan jurang terdalam yang terletak di kawasan Namibia. Jurang yang satu ini tercatat sebagai jurang yang paling besar di Negara Afrika.

Fish River Canyon
Fish River Canyon

Jurang ini juga memiliki kedalaman maksimal hingga mencapai 550 m dan memiliki lebar hingga mencapai 27 km. Fish River Canyon juga memiliki dasar berupa sungai yang mengalir sepanjang 160 km. Jurang ini hanya memiliki sedikit air yang mengalir disekitarnya. Hal tersebut dikarenakan Fish River Canyon memang sengaja dibendung.

  1. Cotahuasi Canyon

Jurang paling dalam selanjutnya yaitu Cotahuasi Canyon. Cotahuasi Canyon ini terletak di Negara Peru, Amerika dan juga termasuk jurang yang sangat indah di daerah tersebut. Jurang ini juga memiliki kedalaman maksimal hingga mencapai 353 m.

Cotahuasi Canyon
Cotahuasi Canyon

Anda akan menemukan berbagai macam pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan yang mampu memanjakan mata. Namun, tempat ini berada di daerah yang sangat terpencil, sehingga untuk menjangkaunya membutuhkan waktu hingga berjam-jam.