Jenis Tanaman Obat
Jenis Tanaman Obat

Jenis Tanaman Obat Beserta Khasiat Untuk Kesehatan

Posted on

Tanaman obat –  Tanaman obat merupakan tanaman tradisional yang ditanam sampai sekarang yang sekarang banyak digunakan oleh banyak orang untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Pada artikel kali ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang jenis tanaman obat beserta khasiatnya untuk kesehatan yang dapat anda ketahui untuk program kesehatan anda beserta keluarga anda.

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa Indonesia terkenal dengan tanaman rempah-rempah yang menjadi tanaman khas negara Indonesia ini karena Indonesia mempunyai iklim tropis yang memiliki beragam tanaman tumbuhan. Di Indonesia ini banyak sekali jenis tanaman obat yang sangat banyak yang sudah tersebar pada berbagai daerah, pada masing-masing daerah sudah mempunyai obat tradisionalnya masing-masing dalam menyembuhkan penyakit yang diderita penduduk sekitarnya.

Dibawah ini kami akan memberikan seputar informasinya kepada anda tentang jenis tanaman obat beserta khasiatnya yang dapat anda pelajari sebagai wawasan dalam menambah pengetahuan tentang jenis tanaman obat. Jenis tanaman obat yang akan kami terangkan dibawah ini pastinya tidak asing untuk anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan tidak sulit untuk mencarinya.

Jenis tanaman obat dan khasiatnya :

  • Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan jenis tanaman obat yang pertama yang sudah tidak asing untuk dijumapi dalam kehidupan sehari-hari dan pastinya semua orang sangat mudah dalam menjumpai dan menemukannya. Belimbing wuluh ini yang sudah dikenal dengan sebutan belimbing sayur, kenapa dikatakan dengan belimbing sayur? Karena belimbing sayur ini digunakan sebagai bumbu masakan yang digunakan untuk memberikan rasa asam yang sangat kuat.

Khasiat lain yang terdapat dalam tanaman ini yaitu dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dimulai dari buahnya, batangnya, daunnya, dan bunganya. Belimbing wuluh ini sangat bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat gondokan, obat rematik, obat pegal linu, obat sariawan dan juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Manfaat yang lainnya pastinya masih banyak dan anda bisa menggunakannya untuk mengobati penyakit yang diatas tadi.

  • Temu Lawak

Temu Lawak
Temu Lawak

Temu lawak merupakan tanaman obat yang selanjutnya yang dapat dengan mudah untuk anda temukan dalam tumbuhan disekitar anda dan mudah sekali untuk mendapatkannya. Tanaman temu lawak ini merupakan tanaman rempah asli yang berasal dari Indonesia yang juga mempunyai berbagai macam khasiatnya untuk kesehatan, bagian dari tumbuhan ini yang sering digunakan untuk obat yaitu bagian akar atau yang sering dijuluki dengan rimpang.

Bagian akar atau rimpang inilah yang sering di olah untuk dapat dijadikan sebagai obat barbagai macam penyakit. Khasiat yang dapat anda ambil dari tanaman ini yaitu dapat mengatasi gangguan ginjal, menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan, dan juga dapat menjada kesehatan hati. Masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini, apabila pengolah tanaman ini mengkombinasi dengan tanaman obat yang lainnya, yang pastinya khasiat yang akan dihasilkan akan terasa.

  • Lidah Buaya

 

Tanaman Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman obat yang selanjutnya yang dapat anda gunakan sebagai pengobatan penyakit anda, yang pastinya tanaman ini sudah tidak sulit lagi dicari dan didapatkan, karena sudah banyak orang yang menanam tanaman ini. Tanaman lidah buaya ini dapat dijuluki dengan tanaman seribu manfaat karena sangat banyak sekali khasiat yang dapat diambil dari tanaman ini, banyak khasiat yang dapat anda ambil dari tanaman lidah buaya ini.

Selain manfaat utama tanaman ini untuk kecantikan kesehatan rambut, dan dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini dapat digunakan penyembuh penyakit serangan jantung, radang tenggorokan, sembelit, diabetes dan masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman lidah buaya yang satu ini. Jadi sangat berguna sekali jika anda menanamnya pada perkarangan rumah anda.

  • Kumis Kucing

Kumis Kucing
Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan jenis tanaman obat yang selanjutnya yang pastinya banyak orang menanamnya di perkarangan rumah. Tanaman ini sangat mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan yang dapat anda ketahui dengan membaca artikel dari kami ini. Tanaman kumis kucing ini sudah sangat dikenal lama sebagai tanaman obat yang mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai ramuan herbal yang dapat diolah dengan mudah.

Jika disajikan dengan cara ramuan herbal dengan racikan dan takaran tertentu pastinya sangat menjadi obat yang sangat ampuh. Yang paling dikenal manfaat tanaman obat yang satu ini yaitu sebagai penyembuh penyakit kencing batu, selain dapat menyembuhkan penyakit kencing batu, ada juga penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan tanaman ini seperti diabetes, asam urat, masuk angina, hipertensi dan mengobati rematik.

  • Daun Jarak

Daun Jarak
Daun Jarak

Daun jarak merupakan jenis tanaman obat yang selanjutnya yang dapat anda gunakan sebagai tanaman penyembuh penyakit yang mungkin penyakit itu sekarang anda derita. Tanaman ini sejak dulu telah digunakan dan juga sudah dikenal sebagai obat herbal, pastinya sudah tidak heran lagi jika tanaman ini dimasukan kedalam jenis tanaman apotik hidup. Bagian dari tanaman ini yang dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit yaitu bagian daunnya, buahnya, dan juga bijinya.

Tanaman daun jarak ini mempunyai khasiat yang berbeda dengan tanaman obat yang lainnya, yaitu sebagai penyembuh penyakit gatal-gatal, luka berdarah, rematik, jamur pada kulit, dan penyakit bengkak akibat luka. Selain itu tanaman daun jarak ini juga dapat digunakan sebagai tanaman pengobat perut kembung pada anak, dan khasitnya pastinya sangat luar biasa karena dapat dijadikan sebagai obat alternative yang dengan mudah anda gunakan.

  • Akar Alang-alang

Akar Alang-alang
Akar Alang-alang

Akar alang-alang merupakan jenis tanaman obat yang selanjutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda dan pastinya sangat bermanfaat jika anda membaca artikel kami ini. Tanaman yang satu ini sangat tidak asing untuk didengar dan untuk dicari karena sudah sangat sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat obat tradisional, tanaman ini juga sering menjadi tanaman gulma bagi tanaman pertanian yang lainnya.

Maka dari itu, banyak sekali petani yang mencabutinya ataupun menghilangkan tanaman ini menggunakan bahan kimia agar tanaman ini mati. Khasiat yang dapat diambil dari tanaman ini sangatlah banyak yaitu sebagai penyembuh penyakit panas dalam, mengatasi sakit ginjal, kencing batu, mengatasi mimisan, keputihan dan banyak lagi khasiat yang lainnya. Anda juga dapat mencampurkan tanaman ini dengan tanaman obat yang lainnya, agar menciptakan obat yang sangat ampuh.

Diatas tadi merupakan jenis tanaman obat yang dapat anda cari untuk mengobati berbagai macam penyakit yang anda derita, cepat tanganilah penyakit anda dengan tanaman obat yang telah kami jelaskan diatas tadi. Terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel kami sampai akhir dan sampai jumpa dengan seputar informasi yang lainnya yang akan kami tuliskan hanya untuk anda.