Jenis Tanaman Hidroponik
Jenis Tanaman Hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik Yang Bisa Ditanam di Rumah

Posted on

Tanaman hidroponik –¬† Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang dapat anda tanam di rumah, dengan anda menanam tanaman hidroponik ini anda dapat memiliki beberapa keuntungan dalam menanamnya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang jenis tanaman hidroponik yang bisa di tanam di rumah anda. dengan adanya anda bercocok tanam dengan tumbuhan hidroponik ini anda dapat membuat tanaman ini sebagai tanaman yang dapat diambil manfaatnya.

Seperti yang anda ketahui ada berbagai tanaman yang dapat tumbuh secara maksimal dengan menggunakan teknik hidroponik dan ada juga yang tidak bisa, beberapa jenis tanaman yang akan kami berikan informasinya ini tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat ketika ditanam menggunakan teknik hidroponik. Berbagai tanaman yang akan kami berikan ini terdiri dari berbagai jenis, yaitu mulai dari sayuran, buah-buahan hingga tanaman bunga hias.

Bagi anda yang sudah tidak sabar lagi dengan informasi yang akan kami berikan dan tidak sabar lagi untuk bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik tersebut, berikut jenis tanaman yang banyak ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik yang bisa anda coba menanamnya di rumah.

Berikut jenis tanaman hidroponik :

  • Selada

Selada
Selada

Selada merupakan tanaman hidroponik yang pertama yang akan kami berikan seputar informainya hanya untuk anda. tanaman selada ini merupakan jenis tanaman hidroponik yang dapat anda tanam di halaman rumah anda, selada dapat anda gunakan sebagai sayuran untuk lalap ketika makan. Selada merupakan jenis sayuran yang sering di tanam menggunakan teknik hidroponik, tanaman ini akan tumbuh dengan subur ketika ditanam secara hidroponik.

Selain cara penanamannya dengan teknik hidroponik, tanaman ini juga memerlukan perawatan ekstra yang membutuhkan dan menyita waktu yang lama, ketika bibit tanaman selada ini ditanam dalam waktu seminggu akan tumbuh dua lembar daun selada. Pertumbuhan tanaman ini kan semakin cepat jika dipindahkan ke media utama dan diberikan air nutrisi, dengan adanya tumbuhan ini tumbuh dengan cepat melalui teknik hidroponik.

Maka tanaman sayuran ini banyak menjadi pasokan ke pedagang burger dan pedagang restoran lainnya yang menggunakan tanaman selada ini sebagai lalapan atau bahan masakan lainnya. Cara agar dapat merangsang tanaman ini agar tumbuh dengan secara cepat yaitu dengan memotong daun bagian luarnya yang dengan anda memotongnya sehingga daun bagian dalam akan segera tumbuh untuk menggantinya, jangan lupa juga untuk membersihkan hama yang menempel di daun.

  • Mentimun

Mentimun
Mentimun

Mentimun merupakan jenis tanaman hidroponik yang kedua yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Jenis tanaman hidroponik ini dapat anda tanam di halaman rumah anda, untuk menanam tanaman ini anda bisa menggunakan teknik hidroponik yang akan membutuhkan perhatian yang akstra agar tanaman timun ini dapat tumbuh dengan cepat dan baik.

Tanaman mentimun yang ditanam dengan cara hidroponik akan membutuhkan asupan cahaya yang sangat baik, nah ketika anda menanam tanaman mentimun didalam rumah kaca, anda harus memastikan tanaman mentimun ini mendapatkan atau memperoleh paparan sinar matahari yang sangat cukup. Tanaman mentimun yang semakin besar tentunya membutuhkan tempat yang sangat luas, anda harus memikirkan hal seperti itu agar timun tidak rusak dan bentuknya tetap sempurna.

Untuk menanamnya anda bisa menggunakan botol plastik yang mempunyai ukuran besar atau menggunakan media tanam hidroponik yang lainnya. Tanaman mentimun ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anda, manfaat yang mungkin bisa anda ambil yaitu dapat anda gunakan sebagai sayuran untuk memasak atau anda bisa menggunakannya sebagai lalapan ketika anda mengkonsumsi makanan seperti ayam bakar atau ikan bakar.

  • Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan jenis tanaman hidroponik yang ketiga yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda. Anda bisa menanam tanaman yang satu ini di halaman rumah anda, sayuran berdaun hijau juga dapat ditanam dengan menggunakan teknik  hidroponik. Jika ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik tanaman sayuran ini akan dapat tumbuh dengan dengan baik, tanaman sayuran hijau yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik yaitu bayam, sawi, kangkung, dan selada air.

Dengan anda menanam tanaman sayuran berdaun hijau ini anda harus sering memantau pertumbuhan tanaman sayuran-sayuran ini, jangan sampai tanaman sayuran ini tumbuh terlalu besar karena dapat mengurangi sirkulasi udara dalam sayuran tersebut. Kurangnya sirkulasi udara yang ada dalam ruangan atau dalam suatu tumbuhan akan dapat mengakibatkan tumbuhan tersebut layu atau mati. Anda juga harus memastikan untuk memanen sayuran ini dengan waktu yang tepat.

Waktu yang tepat atau yang ideal untuk anda memanen tanaman sayuran ini yaitu pada hari ke 26 sampai 29 setelah bibit tanaman sayuran ini di semai. Jika dalam memanen tanaman sayuran ini lebih dari hari ke 29, maka tanaman sayuran ini akan terasa pahit dan tidak enak untuk di konsumsi.

  • Buah-buahan

Buah-buahan
Buah-buahan

Buah-buahan merupakan jenis tanaman hidroponik yang akan kami berikan seputar informasinya untuk anda dan dapat anda praktekan menanamnya di rumah anda. Selain tanaman sayuran, ada juga buah-buahan yang dapat ditanam menggunakan teknik hidroponik. Buah-buahan yang dapat ditanam menggunakan teknik hidroponik yaitu buah-buahan tomat, melon, dan cabe, ketiga tanaman tersebut jika ditanam menggunakan teknik hidroponik akan cepat berbuah.

Jika anda ingin sukses dalam menanam tanaman ini, anda bisa menggunakan teknik hidroponik yaitu dengaan memperhatikan air nutrisi dan pencahayaan yang akan diperoleh tanaman buah-buahan ini. Untuk jenis buah-buahan yang mempunyai ukuran besar seperti melon anda juga harus menyediakan tempat yang ekstra, karena tanaman melon ini akan tumbuh besar dan akan membutuhkan ruangan yang lebih luas.

  • Bunga

Bunga Yang ditanam Dengan Hidroponik
Bunga Yang ditanam Dengan Hidroponik

Selain buah-buahan dan sayuran yang dapat anda tanam menggunakan teknik hidroponik, ada juga jenis bunga yang dapat anda tanam menggunakan teknik hidroponik ini. Bunga merupakan jenis tanaman hidroponik berikutnya yang akan kami berikan seputar informasinya kepada anda, dan bagi anda yang menyukai tanaman bunga, anda bisa menanam tanaman bunga di rumah anda dengan menggunakan teknik hidroponik.

Tanaman bunga yang bisa ditanam menggunakan teknik hidropnik adalah jenis tanaman bunga anggrek dan mawar. Kedua tanaman tersebut akan dapat mekar dengan secara cepat dan sempurna jika ditanam menggunakan teknik hidroponik. Tanaman bunga ini akan dapat membuat rumah anda tampak dengan indah, anda bisa menggunakan tanaman bunga ini untuk membuat rumah anda semakin indah dan sangat bagus ketika dipandang orang lain.

Selain menanam tanaman menggunakan teknik hidroponik, ada beberapa keuntungan yang dapat anda ambil ketika menanam menggunakan teknik hidroponik. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang dapat anda ambil ketika menanam menggunakan teknik hidroponik :

Jenis Tanaman Hidroponik
Jenis Tanaman Hidroponik
  • Bebas hama dan penyakit tumbuhan, karena pada umumnya hama perusak tanaman berasal dari gemar tinggal di dekat rumah.
  • Tidak perlu lagi mencangkok tanaman yang ingin ditanam.
  • Hasil tanaman yang ditanam dapat dikonsumsi dengan keseluruhan termasuk bagian batang dan akar tanaman. Karena akar tanaman ini bebas dari hama dan akar tanaman ini bersih.
  • Lingkungan bercocok tanam menjadi lebih besar karena tidak menggunakan media tanah sama sekali.
  • Mudah ditanam dimana saja. Karena menanam menggunakan teknik hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas dan pencahayaan yang terlalu banyak.
  • Hasil tanaman dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi terutama jika anda menanam sayuran organic dengan menggunakan teknik hidroponik.

Diatas tadi merupakan beberapa tanaman yang dapat ditanam menggunakan teknik hidroponik dan jenis tanaman hidroponik yang dapat anda ketahui dan dapat anda tanam di rumah. Semoga artikel kami bermanfaat untuk anda dan terima kasih bagi anda yang telah membaca dan menyimak artikel dari kami.